Cara Menghasilkan Uang dari Blog (Part 2)

Pada artikel sebelumnya aku telah membahas tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Karena artikel tersebut belum selesai karena waktu nulis itu aku udah ngantuk dan terlalu panjang, kali ini aku akan melanjutkan bagaimana dan apa saja cara mendapatkan uang dari blog yang kita miliki. Check this out!

4. Paid Review / Sponsored Post / Blog Post

Paid review atau paid posts atau sponsored post atau blog post adalah metode monetisasi dimana kita bisa mendapatkan penghasilan dengan mereview produk atau jasa milik orang melalui postingan di blog anda. Jika Direct Advertising iklannya berupa sebuah banner iklan, sedangkan paid review iklannya dalam bentuk postingan review.

Meskipun hampir sama , ada sedikit perbedaan antara paid reviev ataupun blog post. Perbedaannya terletak pada bagaimana cara memposting artikel tersebut. Jika paid review maka kita akan mendapatkan sebuah produk dan kita harus membuat ulasan / review mengenai produk tersebut baru kemudian kita akan mendapatkan bayaran atas review yang kita buat. Sedangkan Blog Post itu kita tinggal memposting artikel + backlink yang telah disediakan untuk dipublish di blog kita. Jadi kita tidak perlu ribet menulis alias tinggal posting saja. Dan pastinya harga blog post pasti lebih murah daripada paid review/paid post karena memang effort yang dikeluarkan juga lebih banyak kalau paid review.

5. CPA Marketing

CPA (Cost per Actionadalah bisnis dimana kita dibayar berdasarkan tindakan / apa yang diperintahkan oleh penyedia layanan tersebut. CPA marketing merupakan salah satu cara terbaik yang sangat populer untuk mendapatkan penghasilan secara online karena rata-rata komisinya besar. CPA lebih digunakan untuk ‘action‘ atau tindakan.

Apa saja action/tindakan yang dimaksud itu?

  • Mengisi form pendaftaran
  • Mendaftarkan alamat email
  • Memberikan informasi kartu kredit
  • Mengunduh file
  • Subscribe/berlangganan terhadap suatu layanan
  • Mengisi Survey
  • Menginstall software/aplikasi (sering juga disebut CPI – Cost per Install)

Dalam CPA marketing, tugas kita adalah “merayu” pengunjung untuk melakukan tindakan-tindakan di atas kepada website/produk/layanan tertentu. Setiap kali pengunjung melakukan ‘tindakan’ yang dimaksud atau dengan kata lain kita berhasil membujuk pengujung, maka kita baru akan mendapatkan komisi.

Komisi yang anda dapatkan dari CPA beragam mulai dari $0.01 sampai $50 bahkan lebih. Semakin sulit tindakan yang diminta, semakin tinggi pula komisi yang diberikan. Misalnya, pendaftaran email termasuk yang mudah jadi komisinya lebih kecil daripada informasi kartu kredit atau mengisi survey. CPA Indonesia yang aku pernah ikuti dulu adalah indocpa.com dan juga CPA dari Idblognetwork. Dulu aku pernah dibayar Rp 3.000 oleh untuk setiap pasang satu iklan di tokobagus dan per harinya bisa 100 iklan yang dipasang hahaha..

5. Menjual Blog

Pernah terpikiran menjual blog? Hahaha… mungkin kalian kaget dengan cara penghasilan yang satu ini. Iya, karena mungkin ini pilihan terakhir yang terlintas  dibenak kalian. Tentu sangat berat untuk memilih opsi yang satu ini karena sudah bangun blog capek-capek malah dijual. Biasanya orang memilih untuk menjual blognya karena dia memiliki cukup banyak blog dan tidak lagi cukup waktu dan tenaga untuk mengurusi masing-masing blog. Nah, untuk blog yang tidak mampu lagi di maintan lagi inilah yang dijual. Jika teman-teman mampu menemukan calon pembeli yang potensial tidak jarang kita akan mendapatkan tawaran harga yang menarik. Aku sendiri setidaknya pernah menjual 3 blog dengan Pagerank 3 dan PR 7 tapi apalah daya, daripada gak bisa lulus kuliah hehehe..

6. Menjadi Publisher Google Adsense

Advertising Networks atau jaringan periklanan adalah sebuah program layanan yang menghubungkan antara pemasang iklan/advertiser dengan para pemilik website atau blog. Nah, jika ingin menghasilkan uang dari program seperti ini, kita perlu mendaftar ke program jaringan periklanan tersebut, setelah itu nanti kita akan diberikan sebuah kode iklan yang perlu dipasang di blog. Penghasilan yang didapatkan biasanya dihitung setiap kali ada orang yang mengklik iklan di blog atau biasa disebut PPC (Pay Per Click).

Salah satu program Advertising Networks yang paling populer adalah Google AdSense. Untuk menjadi publisher dan mendapatkan uang dan mendapatkan uang dari Google Adsense, kita harus punya website/ blog yang memiliki traffic dan kualitas blog yang cukup besar. Penghasilan publisher didapatkan dari klik valid iklan Adsense yang ada di website/ blog, tapi jangan sekali-kali berpikir untuk melakukan klik pada iklan sendiri karena ini dilarang oleh pihak Google Adsense. Ada yang masih ke kantor pos tiap bulan?? Kalau ada yuk kapan-kapan bareng ke kantor pos bareng hehe..

7. Membership

Program membership pada dasarnya adalah sebuah program dimana anda menyediakan konten premium di blog dan konten premium tersebut hanya bisa dikases oleh pengujung yang sudah menjadi member dengan membayar sejumlah uang. Biasanya membership bulanan dan tahunan. Aku sendiri sebenarnya udah mencoba membuat membership di blog ini. Yang mau daftar silahkan melakukan pendaftaran disini https://www.tomi.co.id/registrasi/. Ada dua tipe member yang aku buat yaitu Free Member dan Premium Member. Yang free udah disediakan banyak ebook yang bisa bermanfaat buat teman-teman.

8. Private Label Right (PLR)

PLR merupakan singkatan dari Private Label Right. Produk-produk PLR meliputi banyak hal (terbatas pada produk digital), seperti artikel, ebook, software, grafis, template, dll. PLR merupakan solusi sederhana bagi kita yang ingin menjual karya digital tanpa perlu membuatnya sendiri. Pada PLR, klaim kepemilikan bahkan nama pembuatnya dapat diubah tanpa melanggar hak cipta. Dasar konsep bisnis PLR adalah mengklaim sebuah produk yang memiliki lisensi PLR dan menjualnya kepada orang lain. Disinilah enaknya bisnis PLR, dengan produk PLR kita bisa:

  • Memarketkan produk PLR dengan nama anda sendiri.
  • Mengedit, Memperbarui bahkan Memanipulasi.
  • Menjual Kembali dan Mendapatkan 100% Profits.
  • Tidak perlu pusing membuat konten video & artikel.
  • Tidak perlu pusing membuat sales letter & Download area karena anda hanya perlu Download, Edit, Upload dan Jual

Dengan membeli sekali produk PLR maka teman-teman sudah bisa mengklaim produk tersebut dengan nama sendiri dan memarketkannya dengan KOMISI 100% menjadi milik sendiri.

Itu dia beberapa tips menghasilkan uang dari blog yang mungkin bermanfaat buat teman-teman blogger dan imers sekalian. Kalau ada pertanyaan, saran dan tambahan bisa tulis di kotak komentar ya. Happy Blogging!

25 Comments

  1. Heymiftah 11/07/2017
  2. Atanasia Rian 11/07/2017
  3. Dian Ravi 11/07/2017
  4. William Giovanni 11/07/2017
  5. Nurri 11/07/2017
  6. Murni Rosa 11/07/2017
  7. Noni Rosliyani 11/07/2017
  8. wanda syafii 11/07/2017
  9. Jiah 11/07/2017
  10. Pu 11/07/2017
  11. unggulcenter 11/07/2017
    • Ilham Hamtiar 12/07/2017
  12. Mahadewi 11/07/2017
  13. April Hamsa 12/07/2017
  14. lendyagasshi 12/07/2017
  15. lendyagasshi 12/07/2017
  16. tukang jalan jajan 12/07/2017
  17. Dikki Cantona Putra 12/07/2017
  18. Jungjawa 12/07/2017
  19. Pertiwi Yuliana 12/07/2017
    • Tomi Purba 14/07/2017
  20. Dravide 13/07/2017
    • Tomi Purba 14/07/2017
  21. Dirman 02/08/2017
    • Tomi Purba 02/08/2017