HomeBlog

Sepenggal Kisah Perjalanan Separuh Blogger

Sepenggal Kisah Perjalanan Separuh Blogger
Like Tweet Pin it Share Share Email

Kalau teman-teman perhatian, tulisanku di blog ini tidaklah banyak, walaupun blog ini aku buat pada tanggal 26 April 2015 (bentar lagi ulang tahun kedua). Memang aku jarang nulis di blog ini, alasan utama yang karena aku ini separuh blogger. Kenapa separuh blogger?? Ya karena selain hidup di dunia maya, aku juga memiliki kehidupan nyata sebagai penjaga pintu gerbang negara. Awalnya susah menjalani dua kehidupan yang berlawanan, namun setelah 2 tahun beradaptasi, akhirnya aku bisa menjalankan hobby dan pekerjaan secara bersamaan. Tips nya? Jangan jadi jomblo, karena hidup sendiri pasti sangatlah berat, oleh karena itu menikahlah segera haha..

Meski sekarang separuh blogger, dulu aku termasuk blogger yang aktif loh. Karena aktifan dalam dunia blog, aku bisa mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman yang ternilai seperti mendapat banyak teman, mudah mendapatkan pekerjaan (banyak teman = banyak relasi), banyak rejeki dan tentunya aku dapat belajar tentang adsense, internet marketing bahkan SEO (Search Engine Optimization). Biar bisa dibaca anak cucu, kali ini aku mau menulis tentang perjalanan kisahku sebagai blogger dan ngeblog di blog apa saja. Check this out!

1. tomipurba.net46.net (2008)

Inilah blog pertamaku. Blog ini aku buat menggunakan CMS WordPress dengan layanan hostingnya dari 000webhosting. Jaman dulu 000WebHosting merupakan satu-satunya layanan hosting gratis yang menyediakan fitur unlimited. Kalau teman-teman tahu Hostinger, ya inilah 000Webhosting, cuma beda nama dan beda brand tapi tetap satu affiliasi. Namanya baru kenal blog dan internet, yang terlintas di kepala cuma duit dan duit jadi blog ini aku isi dengan PPC, PTC dan PPR. Pada tau kan singkatan PPC, PTC, PPR? Kalau gak tau, berarti masa blogger anda kurang indah haha

2. tomipurba.net (2009 – 2015)

tomipurba.net

Lelah ngeblog pake hosting dan domain gratisan, akhirnya pada tanggal 19 September 2009, aku berani membeli domain dengan ekstensi .NET dan hosting cpanel dengan kapasitas 100 mb untuk personal brandingku. Mengapa .NET ? Karena aku sudah mengubah pola pikir yang awalnya adalah blogger COMmercial menjadi menjadi blogger .NETwork (community). Pokoknya tujuanku ngeblog adalah menulis, berbagi informasi kepada banyak orang serta membangun sebuah komunitas / jaringan pertemanan.

Ya benar, karena dengan mindset ini, aku mendapatkan segala hal. Mulai dari teman, sahabat, rekan, komunitas, klien dan ilmu adsense, seo, sosial media dan dapat duit dari blog pertama kali aku dapatkan karena blog ini. Bahkan blog ini dulu pernah dapat pagerank 4 dari google, sebelum akhirnya google menghapuskan penghitungan pagerank, Dan sekarang untuk menilai sebuah blog, yang dinilai adalah PA/DA bukan lagi pagerank. Blog ini sebenarnya masih exist sampai saat ini, tapi sekarang dikelola sama mantan pacar aku 🙂

Selain mengelola blog tomipurba.net, di waktu yang bersamaan aku juga punya blog dengan domain tomipurba.com (masih ada), tomipurba.org (udah mati), tomipurba.web.id (udah mati), noahband.net (udah mati), kampusblog.com (dulu dijual karena butuh duit dan PR 3).

3. tomi.co.id (2015 – sekarang)

 

tomi.co.id

Dulu aku sempat membangun startup bersama @fajar_mep dan @atanasia_rian (keduanya bisa dicek di twitter).. Pada saat itulah aku juga membeli domain .co.id ini. Tujuannya ngeblog pake domain berekstensi .co.id dulu sih untuk membuktikan tentang mitos SEO aja tapi belum kesampaian sampai sekarang. Nanti kalau sudah banyak konten di blog ini, aku mau coba untuk ikutan lomba SEO pake domain ini hehe.. Sapa tau menang kan lumayan hehe.. Namun yang pasti, meski baru diisi beberapa artikel dan jarang banget diurus, blog ini udah mendapatkan nilai DA dan PA sebesar 8 dan 19.

Itu aja sih sepenggal kisah perjalanan separuh blogger seperti aku ini. Semoga bisa terus menerus menjadi blogger yang tetap berpola pikir “community” walaupun pake domain “komersial indonesia”. Udah cukup sekian dulu tulisan ini, dah malam mau tidur dulu wkwkwkw.. Akhir kata, tulis di komentar ya kalian ngeblog mulai kapan, sapa tau kita seangkatan hehehe..

Comments (43)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: