HomeTeknologi

Mudahnya Memindahkan File Antar Layanan Dengan MultCloud

Mudahnya Memindahkan File Antar Layanan Dengan MultCloud
Like Tweet Pin it Share Share Email

Kemarin aku mendapatkan notifikasi via email dari situs Dropbox bahwa kapasitas penyimpananku telah diturunkan ke 2 Gb dikarenakan aku tidak memperpanjang biaya langganan. Memang sih selama ini aku menggunakan layanan Dropbox Pro senilai $9 per bulan dengan fitur kapasitas media penyimpanan hingga 1 TB. Namun karena sudah punya akun One Drive Pro yang didapat dari pembelian Office 365, aku sengaja tidak memperpanjang akun Dropbox Pro karena One Drive Pro bisa dinikmati selama 1 tahun dengan fasilitas media penyimpanan 1 TB sama seperti yang ditawarkan Dropbox.

Namun disinilah masalah terjadi. Bagaimana cara memindahkan file-file yang ada di Dropbox yang mencapai 55 GB untuk dipindahkan ke One Drive. Kalau pake metode download dari Dropbox trus upload ke One Drive pasti membutuhkan waktu yang lama dan koneksi dewa. Coba searching di google hasilnya aku menemukan sebuah situs bernama MultCloud.

MultCloud ini menyediakan layanan transfer antar file sharing. Setelah melihat beberapa review akhirnya aku mencoba untuk daftar. Sebagai informasi MultCloud memiliki 2 jenis keanggotan yaitu Free dan Premium. Letak perbedaanya yaitu kecepatan file transfernya. Kalau Free, transfer rate-nya maksimal 700 kbps sedangkan kalau Premium itu bisa sampai 7 Mbps. Aku kemarin daftar pakai free aja sih biar gak keluar duit lagi hehe..

Setelah daftar, kita perlu mengaktivasi keanggotan dengan cara mengklik link konfirmasi pendaftaran yang telah dikirimkan melalui email. Kemudian kita login dan kita perlu menghubungkan akun Dropbox dan OneDrive ke layanan MultCloud.

Setelah menghubungkan akun file sharing yang diinginkan seperti di atas, kita tinggal klik aja menu File Transfer. Kita tentukan sumber file yang akan dipindahkan dan destinasi file yang diterima. Langkah terakhir kita hanya perlu klik Run Now untuk memulai proses pemindahan file dari akun Dropbox ke akun One Drive.

Proses pemindahan file ini akan berjalan sendiri dan bisa dipantau melalui di MultCloud. Jadi bisa kita tinggal tidur ataupun beraktifitas lainnya. Berdasarkan pengalamanku, waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan file dari Dropbox ke OneDrive sebesar 50 Gb an itu sekitar 18 jam hehe.. Cukup lama tapi menurut aku ini lebih efektif dan efisien serta irit hehehe..

MultCloud ini bisa memindahkan file dari berbagai situs file sharing selain Dropbox dan One Drive seperti Box, Copy dan layanan file sharing lainnya. Jadi bagi teman-teman yang ingin memindahkan filenya di cloud mungkin bisa mempertimbangkan menggunakan layanan ini. Selengkapnya bisa kunjungi aja situsnya di MultCloud.com.

Incoming search terms:

32
Leave a Reply

avatar
17 Comment threads
15 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
17 Comment authors
Tomi PurbaNatalia BulanSiti mudrikahApril HamsaDikki cantona putra Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Atanasia Rian
Guest

Wah multcloud membantu banget ya untuk mindah data. Gak perlu ribet kirim sana sini, meski yang free lambat tapi gapapa pelan2 haha

cutdekayi
Guest

Sampai sekarang, aku belum memaksimalkan penggunaan dropbox dan lagi aku gaptek gimana gunainnya. Hahaha ?

Mia Fajarani
Guest

Oh Multcloud itu pihak ketiga gitu ya? Cuma berfungsi untuk transfer data antar penyimpanan yak.
Gilak, 55gb kalau pake manual bakal selama apa sih transfernya wkwk dua hari dua malem kali ya. Haha

Tarry KittyHolic
Guest

18 jam? Lambat asal gratis. Untung bisa ditinggal aktivitas lain ya Mas Tomi. 🙂

Nurri
Guest

Wahh, aku baru tau ada MultCloud ini…
Noted ah kalau mau pindahan data, pake ini aja…

William Giovanni
Guest

Pas banget untuk saya coba pindahkan data Dropbox ke Google Drive, space Google masih banyak dan Dropbox sudah hampir penuh. Patut saya coba MultCloud.

Lendyagasshi
Guest

Ada yang bilang, masa penyimpanannya hanya setahun, mas Tom..benerkah?

Dulu sempet pakai, tapi karena dikasih kabar begini sama blogger juga, jadi mundur teratur.

vira elyansyah
Guest

Aak terimakasih infonya, kebetulan email redaksi kantor udah hampir melebihi batas maksimal, bisa aku rekomendasikan nih multcloud ke temen-temen O(∩_∩)O

Anita Makarame
Guest

Lumayan nih buat nanti kalau butuh pindahin data.

Tukang Jalan Jajan
Guest

wah, semakin banyak software yang memudahkan hidup manusia. saya suka simpen banyak data dimana mana , apalagi file foto dan video yang banyaknya minta ampun

Tukang Jalan Jajan
Guest

memang penting nih. jadi bisa mindahin data dari satu tempat ke tempat yang lain dengan mudah dan cepat

unggulcenter
Guest

Wah, dengan era Internet of Things, kayaknya layanan ini patut dicoba!

ajen
Guest

Wah mindahin 55GB data itu berapa lama? Hahaha
Eh tapi murah yah 9dolar 2tera.
Btw terima kasih Mas sharenya saya sendiri nggak pernah sinpan data di tempat oenyimpanan online kaya DropBox dll tapi kaya perlu yahh.

Dikki cantona putra
Guest

Apabila mult cloud sudah penuh apakah ada notifikasinya? Kayanya bagus nih tetapi perbedaan transfer speed free ama premium beda jauh banget ya haha

April Hamsa
Guest

55 Gb nimbun apa aja mas? hehe
Wah 18 jam? Lama jg ya mindahinnya?
Kudu siap2 juga sih, soalnya foto2ku jg banyak, trus aku sayang menghapusnya hehe TFS infonya mas

Siti mudrikah
Guest

Multcloud ya, mas tom aku termasuk yg aga ketinggalan nih, file2 atau foto2 gk pernah aku masukin di cloud, blm paham cara kerjanya.

Natalia Bulan
Guest

Penting nih biar bisa cepet mindahin data-data yang penting yak. 😀