HomePersonal

Aplikasi Android Sistem Antrian Online

Aplikasi Android Sistem Antrian Online
Like Tweet Pin it Share Share Email

Pertengahan tahun 2016 lalu, untuk pertama kalinya aku membuat paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Menurut Wikipedia, paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Saat itu aku membuat paspor karena pengen jalan² ke luar negeri (walaupun sampai saat ini belum kesampaian ha-ha-ha)

Saat itu aku membuat paspor secara online melalui website imigrasi.go.id. Nah Minggu lalu kebetulan ada teman yang menanyakan bagaimana cara untuk membuat paspor online. Langsung deh aku berikan link pendaftaran paspor online yang dulu sempat aku bookmark. Ternyata kata teman gak bisa link yang aku berikan, dan aku pun mencoba buka ternyata memang tidak bisa. Akhirnya setelah bertanya di akun Twitter milik Ditjen Imigrasi di @imigrasi_humas, ternyata sejak 22 Maret 2017 pendaftaran paspor online ditutup sementara. Menurut informasi, paspor online ditutup karena ada peremajaan sistem dan peningkatan kualitas pelayanan paspor online untuk ke depannya.

Apa daya sekarang para blogger dan traveling kalau mau buat paspor terpaksa harus walk in langsung di Kantor Imigrasi atau Unit Layanan Paspor (ULP) terdekat. Namun masih ada sedikit kabar gembira nih buat teman-teman yang mau bikin paspor karena sekarang sudah ada Aplikasi Antrian Paspor berbasis Android. Aplikasi milik Ditjen Imigrasi ini bermanfaat untuk mendapatkan nomor antrian untuk para pemohon paspor. Jadi kita tidak perlu repot² untuk antri di lokasi karena dengan aplikasi ini kita akan mendapatkan nomor antrian dan jam yang telah ditentukan untuk bikin paspor. 

Langkah² penggunaan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Unduh dan install aplikasi Antrian Paspor Online 
  2. Buka aplikasi kemudian daftar dengan mengisi form pendaftaran seperti Nama, No HP, No KTP, Alamat dll
  3. Setelah melakukan pendaftaran maka kita tinggal log-in menggunakan username dan password yang telah kita buat sebelumnya.
  4. Selanjutnya kita tinggal memilih lokasi Kanim/ULP yang kita tuju untuk membuat paspor.
  5. Setelah memilih lokasi Kanim, kita tinggal memilih tanggal dan mau jam berapa kita buat paspornya. Ada 3 pilihan waktu yaitu jam 6-9, 9-12 dan 13-16. Ada informasi jumlah ketersediaan antrian paspor di setiap jamnya.
  6. Selesai deh. Kita akan mendapatkan kode booking / QR Code dan ini nanti silahkan ditunjukkan kepada petugas loket di Kantor Imigrasi. Pastikan jam kedatangan kita sesuai dengan waktu yang kita pilih sebelumnya ya.

Untuk mengunduh aplikasi ini dapat melalui link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.imigrasi. Aplikasi ini sementara hanya bisa berjalan di smartphone dengan sistem Android saja dan masih dalam tahap ujicoba di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Jika telah sempurna maka akan digunakan di seluruh kantor imigrasi dan ULP di Indonesia.

Silahkan yang mau mencoba dan jangan lupa infokan pengalamannya di kotak komentar ya.

Incoming search terms:

  • antrian online imigrasi android
  • aplikasi antrian paspor tidak bisa di buka
  • aplikasi nomor antrian untuk epaspor
  • cara gunakan aplikasi antrian paspor saat datang

Comments (23)

  • Waah, aku baru tau ada antrian begini..
    Tapi kira-kira bisa efektif terus gak, ya??

    Reply
  • Teknologi yang tepat guna ya seperti ini penggunaannya ya mas Tom, selain cepat juga memotong pungli. semuanya mudah didalam satu genggaman

    Reply
  • Nah! Ini yang saya cari, oiya, pantesan saya gagal terus waktu daftar via online.. Saya coba ya Tom. Kali aja aplikasi ini sudah bisa diakses di Jawa Barat Bandung khusunya .

    Reply
  • Masih gak ngerti dengan di maintenance situs pendaftaraan paspor online, soalnya baru awal mei kemarin teman mau daftar paspor online suaya cepet tapi malah gak bisa. Yang ada suruh daftar offline tapi untuk antrian harus ngambil online.
    Agak ribet sih kemarin awal mei daftar juga, ditambah menurut gue gak terlalu berpengaruh juga. mending daftar daftar paspor online aja soalnya lebih cepet *menurut gue sih*
    mungkin sekrang situs pendaftaraan paspor online lagi perbaharui di backendnya..supaya makin kece n desain makin responsif n fast jg

    Reply
  • Aku pengen punya paspor, jaga-jaga kali ya, kalau bisa jalan-jalan ke LN.
    Tapi masih bingung prosedur bikin paspor,
    makasih buat informasinya, Mas Tomi ^_^

    Reply
  • Kabarnya masih dalam tahap uji coba di dua kantor Imigrasi ya? Jadi, mau mencoba aplikasi dan datang ke kantor Imigrasi memastikan seberapa membantu aplikasi sistem antrian online.

    Reply
  • Wah, jd ga perlu cape2 ambil nomor antrian dr pagi ya. Mudah2an secepatnya bs tersedia di sistem operasi selain Android ya 🙂

    Reply
  • Asik jadi gak perlu antri ya 😍 eh tapi cuma ada di android???

    Reply
  • Asik gak perlu antri lagi 😍. Eh tapi cuma bisa di android ya?!!

    Reply
  • Insya Allah tercapai ke LN nya mas Tomi.. tinggal tunggu waktu.. aamiin

    Reply
  • thanks infonyaa.. kebetulan lagu nyari info bikin paspor online. Rumahku jauh kantor imigrasi.

    Reply
  • Ada ya aplikasi buat antri. Ini nolong banget kaya aku yg kudu ngurus paspor sampai ke luar kota. Di Jepara blm ada sih

    Reply
  • Saya baru tahu ttg antrian paspor ini. Mau cek dulu lah

    Reply
  • Wow ada aplikasi antrian toh skrg, nanti tak coba ahh bisa dmn aja ya instansiny. Abis kalo off line tuh harus subuh2 dteng buat antri, nybelin bgt kan.

    Reply
  • Wah inovasi terbaru nih dengan antrean online jadi kita tidak oerlu repot ke tkp untuk ngantri haha

    Reply
  • Wah ada aplikasi antrean online paspor bisa memudahkan untuk membuat paspor tanpa harus pergi ke tkp terlebih dahulu sangat berguna

    Reply
  • Pelayanan apapun saat ini memang sebaiknya merambah ke ranah digital dan online, ya. Mengingat pengguna smatrphone di negera ini juga tinggi. Sangat apresiatif dengan aplikasi ini. Semoga makin banyak aplikasi yang bisa memudahkan kebutuhan masyarakat!

    Reply
  • Waah…jaman sekarang semua serba cepat.
    Saluutt!

    Tapi adakah biaya yang harus dikeluarkan, mas Tom?

    Reply
  • Ada ya aplikasi ini. Baru tahu. Aku tadinya mau bikin passport buat anak tapi urung karena onlinenya ga bisa. Soalnya ngantri sambil bawa baby gak banget

    Reply
  • Informasi yang berguna sekali mas Tomi, kebetulan mau bikin paspor buat anggota keluarga, makasih yaaa

    Reply
  • Horeeeee!!! Asikkkk! Pasporku mau abis Desember nanti. Dulu bikin di Bandung via travel karena males ngantri. Besok mau coba pake aplikasi ini ah. Makasih Mas Tomi infonya.

    Reply
  • Wah baru tahu ada aplikasi ini, jadi gak ada calo tiket lagi donk

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: