HomeTeknologi

Aplikasi Android Yang Wajib Dihapus dari Smartphone Kalian

Aplikasi Android Yang Wajib Dihapus dari Smartphone Kalian
Like Tweet Pin it Share Share Email

Android merupakan salah satu sistem operasi terpopuler di smartphone saat ini bersama dengan iOS milik Apple. Aku sendiri juga menggunakan OS Android untuk smartphone yang aku gunakan sekarang yaitu Oneplus 3T. Walaupun tidak masuk dalam Review Ponsel terbaik, setidaknya hingga saat ini aku puas menggunakan ponsel pintar ini. Meski Android nyaman digunakan, ternyata masih ada beberapa aplikasi yang wajib dihapus dari smartphone teman-teman karena bisa bikin lemot atau membuat baterai jadi boros karena terkuras kinerjanya. Ada baiknya kalian ketahui aplikasi android yang wajib dihapus dari smartphone berikut ini:

1. Facebook

Aplikasi Facebook

Tahukah teman-teman bahwa besar aplikasi Facebook ini adalah 70 mb dan terus akan bertambah bila kita sering membuka feed. Aku sendiri dulu pernah mengalami notifikasi kalau kapasitas penyimpanan di hp low dan ternyata setelah dicek, besarnya cache atau data aplikasi ini bisa mencapai hampir 1 gb. Akhirnya aku putuskan uninstall deh ini aplikasi.

Sebagai solusinya, teman-teman sekalian cukup membuka situs Facebook pada browser seperti chrome atau opera mini.

2. Antivirus

Banyak yang mengatakan bahwa Android gampang terserang virus atau malware. Sebenarnya itu hanya mitos saja karena sistem operasi Android sangat aman dan tidak gampang terkena virus. Jadi, sebenarnya kalian tidak perlu menginstal aplikasi antivirus yang banyak ditawarkan. Antivirus gratis yang tersebar di Google Play Store biasanya memiliki ukuran yang lumayan besar dan cukup berat dijalankan karena antivirus akan melakukan proses background scanning seluruh data yang terdapat di memori internal dan eksternal Ponsel Terbaik kita.

Sebenarnya, kalau menurut aku malware atau virus justru seringkali masuk lewat ketika kita mencolokkan smartphone Android ke komputer atau laptop yang sudah terinfeksi virus. Atau bisa juga dari pemasangan aplikasi yang tidak aman dan tidak jelas sumbernya. Sebagai solusinya, pasang aplikasi-aplikasi Android dari Google Play Store saja.

3. Aplikasi Cuaca

Aplikasi cuaca senantiasa memberikan informasi yang akurat mengenai perkiraan cuaca, kapanpun dan dimanapun Anda berada. Ditambah aplikasi ini akan memberikan info suhu, kelembaban, kecepatan, arah angin, dan tambahan fitur untuk menonaktifkan akses internet saat Anda berada di jelajah. Namun pembaruan secara berkala dari aplikasi cuaca ini akan memakan banyak daya baik processor, baterai maupun memory hape kita. Apalagi jika pengguna mematrikan widget aplikasi di homescreen.

Sebagai solusinya, jika kita ingin mengetahui sebaiknya gunakan fitur Google Now untuk menanyakan informasi cuaca terkini.

4. Hapus Aplikasi Bawaan

Pernah dengar istilah bloatware ?? Bloatware adalah aplikasi yang sudah tertanam di smartphone dari awalnya dan biasanya diinstal oleh produsen smartphone itu sendiri. Misalnya nih kayak Xiaomi biasanya ada Mi Apps, Forum Mi. Samsung kemudian biasanya ada aplikasi Social Hub, Samsung Forum dll. Nah aplikasi ini lebih baik dihapus saja, toh tidak akan / jarang kita gunakan kan. Kalau hasil searching kemarin tentang Spesifikasi Iphone 7 aku sih melihat bahwa produk Apple jarang menginstal bloatware.

Adakah teman-teman yang masih pakai aplikasi-aplikasi yang aku sebutkan diatas? Coba deh uninstall dan berikan hasil performa smartphonenya setelah tidak ada aplikasi diatas melalui kotak komentar yang telah disediakan dibawah ya.

Comments (21)

  • Aku tercengang! Wow aplikasi FB seboros itu ya? Padahal aku pakai 2 hp dan 2-2nya terinstal aplikasi itu. Baiklah salah satu akan aku hapus. Makasih infonya, Mas.

    Reply
  • aku sudahlama menghapus semua aplikasi itu Bang Tom. Tapi kenapa ya smartphone xiaomiku sering banget ada iklan tiba2 gitu?

    Reply
  • wah ternyata makan byk tempat ya. Saya cobain hapus satu dua dulu biar gak kaget

    Reply
  • buset! Aplikasi FB ngabisin ruang ternyata. Aplikasi bawaan jg blm kuhapus, msh hawatir terjadi apa2 gitu. Habis gaptek ini. Ntar dicoba ah

    Reply
  • Wah baru tau kalau FB mberatin henpon. Jd solusinya pakai browser aja kali ya klo di hp TFS

    Reply
  • Yes, ini artikel TOB. Trims infonya. Bermanfaat mas. Eh tapi yang app bawaan, itu beberapa ngga bisa dihapus kan ya. Jadi bisanya kita “Stop” saja dan non aktifkan.

    Reply
  • Tapi selaku pegiat sosmed sangat sedih kalau app fesbuk harus diuninstal… Yang penting sih rajin2 aja bersihiin cache

    Reply
  • Facebook, untuk mengakalinya biasanya aku pake facebook lite yg ukurannya jauh lebih kecil, sehingga mampu menghemat RAM..

    Kalo soal aplikasinyg tak penting, menurutku aplikasi penghemat baterai tuh, yg tidak penting dan justru jadi dalang pemborosan akan baterai gadget

    Reply
  • aku gak hapus facebook. soalnya biar cepet pake browser kadang gak sanggup lamanya hihi

    Reply
  • Huhuhu… sayang kalo harus hapus FB. Selama ini yg kuhapus aplikasi ecommerce. Sekalian biar enggak gampang klik-belanja. :p Eh, baru tahu kalo aplikasi bawaan merk hp tertentu bisa dihapus. Selama ini aku pikir itu nggak bisa dihapus, kalo dihapus bisa ngehang tar hpnya. Ternyata enggak ya?

    Reply
  • wahahahah FB harus dihapus ya mas, padahal dapet jobnya sering dari sana. ngeri ngeri sedep buat dihapus hahahah. hapus ngga yaaah?

    Reply
  • Aplikasi Facebook memang boros sih mas. Aku sudah menyadarinya sejak lama wkwkwk tapi da gimana ya soalnya butuh eksis juga di fb *eh maksudnya butuh informasi di fb yang ada notifnya. Alhasil, diakalin pake apps fb versi lama wkwkk oh iya mas, kalau mau hapus aplikasi bawaan smartphone pake apa ya?

    Reply
  • Aplikasi Facebook paling penting bagi saya, pernah pakai versi Lite tapi notifikasinya dengan tampilan berbeda. Solusinya adalah menggunakan smartphone dengan RAM, ROM, dan kapasitas baterai lebih besar.

    Reply
  • Aduuh… Di hp saya ada fb sama antivirus…pantesan terasa berat. Tapi kalo fb dihapus, saya bisa mati gaya, atuh….hihihi…

    Reply
  • Untuk facebook, bisa disiasati menggunakan facebook lite juga.

    Tapi mas, ga semua aplikasi bawaan bisa dihapus kan? Terutama tetek bengek gugel.

    Hapus hapusan ini penting untuk hape yang internal memorinya kecil

    Reply
  • Diantara semuanya cuma antivirus yang masih ada di hp aku. Mau dihapus entah kenapa masih belum sreg? Haha

    Reply
  • Pernah dulu punya HP jadul dan ada FB nya. Sehari bisa buka FB 10 kali dengan durasi 30 menitan, buat kerja. Pas hpnya minta dihapus data karena kepenuhan, memory FBnya 1GB wkwkw. Tapi mau gimana lagi, buat kerja. Akhirnya hapus lagi, instal ulang. Gitu terus sampe lebaran kuda. 🙁

    Reply
  • Iya bener banget. Samsung banyak bawaannya tapi ga kepake juga. Sayangnya susah hapus aplikasi bawaan ini kalau didelate ga langsung hapus dia.. hmm nati dicoba lagi ah

    Reply
  • Kebayang sepinya HP ku tanpa FB, mas Tom.

    Tapi bener,
    Kalau ingin produktif, sebaiknya HP gak terlalu banyak apps yang memungkinkan kita terdistraksi dalam melakukan aktivitas di dunia nyata.

    Reply
  • cara menghapus aplikasi bawaan gimana ya? mereka nggak ada yang penting siiih. tapi kalo dihapus, gak ada tombol “silang”nya
    kan nyebelin

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: