HomePersonal

Buka Bersama dan Ngobrol Pancasila Bareng MPR RI

Buka Bersama dan Ngobrol Pancasila Bareng MPR RI
Like Tweet Pin it Share Share Email

Pada hari Senin, 5 Juni 2017 lalu aku mendapatkan undangan untuk mengikuti acara Buka Bersama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia. Selain buka bersama, MPR RI juga mengajak para blogger dan netizen untuk ngobrol bareng tentang Pancasila sekaligus memperingati hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni. Tidak tanggung-tanggung, ketua MPR RI Bapak Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jenderal MPR RI Ma`ruf Cahyono akan hadir di acara tersebut. Melihat pembicara dan temanya yang asyik, maka tanpa pikir panjang aku pun mengiyakan undangan tersebut. Kapan lagi bisa masuk ke MPR RI dengan pakaian tidak formal hehe..

Tepat pukul 16:00 aku tiba di MPR RI (agak telat banyak sih). Sebenarnya setengah jam sebelumnya aku sudah sampai di tempat parkir motor belakang yang dekat stasiun Palmerah. Tapi ternyata lokasi parkiran cukup jauh dari Gedung Nusantara IV, ruangan yang akan digunakan untuk acara Buka Bersama dan Ngobrol Pancasila Bareng MPR RI. Alhasil aku harus jalan kaki sambil tanya-tanya orang dimana lokasi tersebut. Setiba di ruangan, aku ketemu lagi sama Mas Catur, staff MPR RI yang kebetulan blogger juga. Kita jadi akrab karena dulu kita pernah jadi partner in crime pas acara netizen gathering Yogyakarta tahun lalu.

Karena aku datang agak telat, acara sudah dimulai dan Bapak Zulkifli sudah memberikan penjelasan mengenai Pancasila dan kondisi Indonesia saat ini yang sedikit memanas. Inti yang aku dapat sih, Pak Zulkifli meminta untuk kepada netizen agar lebih bisa memviralkan berita yang benar dan jangan sampai malah ikut menyebarkan berita hoax ataupun negatif untuk menyerang individu ataupun organisasi. Selain itu jangan melupakan 5 (lima) sila Pancasila sebagai landasan dalam segala hal di kehidupan ini. Pada gak lupa kan Pancasila? Ini aku bantu ingatkan kalau lupa ya:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  5. Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Setelah sesi Pak Zulkifli selesai, acara selanjutnya adalah ngobrol bareng bersama Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono. Pada kesempatan tersebut pak Mar’uf mengimbau para netizen agar ikut membantu tugas MPR dalam membumikan dan membunyikan Pancasila melalui bahasa yang mudah dicerna pada komunitas blogger masing-masing.

Menurutnya, membumikan dan membunyikan Pancasila tidak hanya pada tataran pemahaman, tetapi juga pada tataran penyadaran dan menstimulasi agar Pancasila menjadi perilaku sehari-hari. Ia berharap netizen menjadi agen perubahan. Pak Ma’ruf berharap para netizen ini bagaimana memberi pemahaman kepada masyarakat. Syukur-syukur bisa menyadarkan dan menstimulasi menjadi perilaku.

Pak Ma’ruf Cahyono juga mengatakan inti dari Ngobrol Bareng MPR adalah untuk mendorong para netizen ikut serta dalam menyebarluaskan tugas MPR yaitu internalisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika.

“Agar tugas MPR itu bisa sampai kemasyarakat dengan bahasa yang mudah sehingga masyarakat mempunyai pola pikir yang mendorong menjadi perilaku sehari-hari,” katanya

Ia menilai para netizen dan blogger mempunyai cara-cara yang pas. Melalui tulisan di blog masing-masing maka pesan MPR bisa sampai pada segmentasi masing-masing blogger sehingga blogger  e dan juga netizen  telah ikut berpartisipasi menuju pada sasaran sosialisasi nilai-nilai ke-Indonesiaan.

Kepada para netizen, Ma’ruf juga mengungkapkan kegiatan-kegiatan penting MPR, di antaranya Konperensi Etika Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang berlangsung menjelang peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

Akhir kata pak Ma’ruf juga mengucapkan selamat berbuka puasa bagi para blogger dan netizen yang telah datang. Maju terus Indonesia, junjung tinggi nilai Pancasila.

Incoming search terms:

  • https://www tomi co id/2017/06/buka-bersama-dan-ngobrol-pancasila-bareng-mpr-ri/

Comments (35)

  • Waahh, beruntung sekali bisa diundang, Mas!
    Harusnya acara ini adain Live di TV sekalian nih, biar yang lain bisa ikutan ngobrolin Pancasila. HIhii

    Reply
  • Kegiatan semacam yang dilakukan MPR ini bagus juga ya dilakukan pada saat kondisi seperti sekarang ini. Jadi, keinget jaman sekolah dulu, dikit2 penataran P4, dikit2 upacara, tapi ya seneng2 aja sih. Moga2 ke depannya acara2 seperti ini gk sekedar wacana namun jg ke praktik di masyarakatnya. TFS

    Reply
  • Yaampuun aku jadi kangen ikut upacara sekolah lagi deh, tiap senin dan biasanya ada pembacaan kelima sila dalam pancasila jugaaaa.

    Acara-acara seperti ini bagus ya buat rutin dilakukan soalnya kegiatan postif dan bermanfaat. Beruntung sekali mas bisa ikutan acara ini 😀

    Reply
  • Trus yang buat aku penasaran, gimana dalemnya gedung MPR mas? Hehe

    Reply
  • Beruntungnya dapat kesempatan bertemu Ketua MPR, pasti banyak gagasan dan pemikiran positif yang didapatkan. Semoga acaranya rutin digelar juga, tak hanya pada momen Ramadan!

    Reply
  • Selain agama, Pancasila juga harus ditanamkan sejak dini. Ya karena kita di Indonesia dan harus mematuhi dasar negara kita

    Reply
    • kalau menurut saya, agama sudah termasuk dalam pancasila mba, yaitu sila pertama. Jadi asalkan kita sudah menanamkan nilai pancasila dari sejak dini, maka agama, toleransi, keadialan sudah include di dalamnya

      Reply
  • kegiatan semacam ini saya bantu buat kita melek terhadap orang2 di pemerintahan. Semoga Indonesia kita lebih baik

    Reply
  • obrolan penting seperti ini memang perlu nih, demi memperkuat kebangsaan dan jiwa patriot bagi kemajemukan Indonesia

    Reply
  • Obrolan penting seperti ini harus sering diadakan demi memperkuat persatuan Indonesia dalam kemajemukan

    Reply
  • Aku sebenarnya salah satu netizen yang gagal paham sama ideologi Pancasila jaman sekarang.
    Apa karena aku lahir di era sebelum reformasi yaa…?

    Sekarang ini jaman sudah sangat rentan akan perpecahan.
    Salah satunya dikarenakan kebebasan untuk menyuarakan aspirasinya.

    Jadi ada baiknya kalau sebelum mengeluarkan pendapat, dipikirkan lagi baik-buruknya. Jangan hanya keburu nafsu (emosii).

    Semoga pejabat-pejabat kita ini yang mampu mendinginkan gejolak netizen.

    Reply
    • inilah hasil dari reformasi yg gagal mba.. kebebasan dalam menyuarakan aspirasi tapi tidak didukung dengan pengendalian diri dan toleransi.. jadinya malah democrazy bukan demokrasi

      Reply
  • Semoga saja para netizen bisa memberi pemahaman kepada masyarakat agar semua bisa sadar akan pentingnya nilai-nilai pancasila.

    Reply
  • Beruntung banget nih bisa ketemu sekaligus buka puasa barenag sama staff mpr (=^ω^=)

    Beneer tuh kata pak zulkifli harus pinter-pinter milih berita untuk di viralkan eheh

    Karena warga net punya kekuatan yang besar untuk memviralkan sebuah berita hehe (≧▽≦)
    Jadi kita mesti pinter-pinter milih berita

    Reply
  • Wah jadi penasaran. . aku sih dulu 2005 pernah di depan gedung mpr tp demo bbm pas zaman pak sby hahahha

    Kalau masuk ke dalam mah belum. .

    Jiaaaa kapan nih ada lagi. . pengen denger langsung jg pemaparannya. .

    Reply
  • Ah seneng banget ketemu yang lain, sayang kemarin aku gak ikut. Pengeennn

    Reply
  • Aku kok males nulis atau baca tentang mpr. Rasanya sudah tidak percaya dengan semua ini. Salam buat Pak maaruf minal Aidin walfaidzin

    Reply
    • kalau saya pribadi,DPR lebih kacau dan parah daripada MPR.. kan sering berulah pejabatnya itu mesti orang-orang DPR karena itu orang parpol

      Reply
  • asyik banget ya mas acaranya. sepaket komplit. Dapat makannya, dapat ilmunya, dapat sharingnya, dapat juma tokohnya… Semoga ke depan kegiatannya lebih banyak lagi dan lebih menyentuh

    Reply
  • Kita Indonesia, Kita Pancasila

    sosmed memang jadi ajang penyebar kebencian ya sekarang, gerah bgt lihatnya, hehehhee
    semoga kita selalu memberikan yang lucu2 untuk dinikmati di sosial media ya :3

    Reply
    • amin mba.. mending share lucu2 dah daripada share fitnah dan hoax hehe.. tapi jujur aja skrg juga males lihat timeline karena isinya perang provider wkkw

      Reply
  • wihh asik nih bisa ngobrol bersama dengan mpr ri dan bisa merasakan buka bersama bareng bareng lagi jadi iri lihatnya belum pernah merasakan kegiatan yang seperti itu mas. Ajib banget

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this:
IBX59AD55EDE6997