HomeBlog

Tips Optimasi On Page SEO

Tips Optimasi On Page SEO
Like Tweet Pin it Share Share Email

SEO alias Search Engine Optimization merupakan salah satu elemen penting bagi seorang blogger ataupun internet marketing. Dengan SEO maka kita bisa mendapatkan banyak keuntungan baik secara materi maupun non materi. Sebenarnya apa sih SEO itu ? Berdasarkan wikipedia, SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Kalau aku sendiri sih menyebut SEO sebagai sebuah seni dalam blogging. Karena kalau kita sudah ngeblog, ya mau tidak mau harus mengerti dan paham tentang SEO. Jika ngeblog tanpa memahami SEO ya seperti makan lontong sayur tapi tanpa garam.. Rasanya hambaar hehe.. SEO sendiri terbagi menjadi dua yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage. Di postingan kali ini, aku mau sharing tentang SEO Onpage dulu ya karena ini adalah seni SEO dasar yang paling mudah dikuasi dan dipraktekkan oleh teman-teman sekalian.

Apa itu SEO Onpage?? SEO Onpage adalah faktor-faktor yang menentukan teroptimasi atau tidaknya website kita terhadap mesin pencari yang dilihat dari dalam websitenya sendiri. Jadi kita akan melakukan optimasi SEO dari dalam website kita sendiri. Optimasi SEO Onpage bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website kita memang relevan/sesuai dengan apa yang dicari oleh user dan apakah konten website kita memiliki kualitas terbaik. Kunci dari SEO Onpage itu hanya dua yaitu Relevansi dan Kualitas dari konten yang kita buat. Jadi kita tidak perlu repot-repot mikirin backlink untuk SEO Onpage karena yang kita butuhkan adalah konten yang tepat.

Agar tidak melebar dan kalian tambah ngantuk, ini dia beberapa Tips SEO Onpage yang bisa kalian praktekkan di tulisan blog masing-masing ya:

  1. Konten Unik dan Kreatif. Hal pertama yang harus diperhatikan dan wajib dilakukan adalah membuat atau menulis konten yang original atau unik (tidak copy paste dengan bentuk apapun). Kalau aku sih cara membuat konten yang unik itu caranya tinggal merangkum poin-poin dari beberapa artikel kemudian ditulis kembali dengan gaya dan bahasa kita.
  2. Panjang Artikel Minimal 500 Kata. Namanya blogger pasti menulis 500 kata sangatlah mudahlah. Mesin pencarian lebih suka dengan blog yang memiliki artikel yang cukup panjang. Jadi kalian kalau bisa menulis artikel di setiap postingan itu jangan kurang sampai 500 kata. Direkomendasikan sih sekitar 800 kata per artikel.
  3. Keyword dalam H1, H2 dan H3. Di setiap artikel diusahakan agar setiap keyword yang kita bidik menggunakan tiga tag diatas. Untuk H1 untuk theme yang sudah SEO Friendly biasanya sudah masuk kedalam judul artikel sehingga tidak perlu memasukannya lagi didalam teks body.
  4. Optimasi Gambar. Di setiap artikel yang dibuat, kita biasanya akan menggunakan minimal satu gambar pendukung kan? Nah gambar juga bisa dioptimasi untuk meningkatkan SEO Onpage. Setiap upload gambar, kita jangan lupa untuk mengisi alternate text dan description gambar dengan keyword yang kita bidik. Kalau di wordpress, seperti ini cara ngisi alt text 
  5. Beri Internal Link. Pastikan salah satu keyword yang kita bidik itu mengandung tautan ke
    artikel lainnya yang ada di blog kita. Tujuannya sih agar tetap terjaga relevansinya. Kalau kita sudah menggunakan related post di akhir artikel ya tidak perlu lagi sih membuat tautan link lain di dalam artikel kita.
  6. Dan tips terakhir dan pamungkas dari aku adalah pastikan keyword yang kita bidik ada dalam paragrap pertama dan paragrap terakhir artikel.

Itu dia tips optimasi SEO Onpage dari aku yang pernah aku praktekkan dan memang lumayan hasilnya karena aku pernah juara 3 lomba seo nasional tahun 2011 an dulu. Ah tips lama tom, pasti sudah tidak berhasil lagi sekarang.. Kalau menurut aku sih SEO dari dulu sampai sekarang tidak banyak perubahan sih. Bahkan dari algortima Google yang berubah-berubah dari Panda sampai Pigeon ya SEO tetap gitu, intinya sih praktek dan praktek hehe..

Nah yang mau lebih tau tentang SEO Onpage, nih aku kasih infografis SEO Onpage yang aku ambil dari situs backlinko.com dibawah ini. Pokoknya happy blogging and selamat mumet baca infograsi SEO nya ya haha..

 

 

Comments (31)

  • Ajarin aku donk kakak. Biar bisa up banget kaya blog ini. Puengen oyyy

    Reply
  • Wihh… pendalaman materi ttg SEO Onpage nih,
    Hampir masih mencoba nerapin teknik itu untuk menggaet artikel nangkring di pejwan
    Tapi, untuk gambarnya kadang banyakan belum kutuliskan kata kuncinya, hiks
    TFS buat artikelnya, mas ^_^

    Reply
  • Wihh… pendalaman materi ttg SEO Onpage nih,
    Hampir masih mencoba nerapin teknik itu untuk menggaet artikel nangkring di pejwan
    Tapi, untuk gambarnya kadang banyakan belum kutuliskan kata kuncinya, hiks
    TFS buat artikelnya, mas ^_^

    Reply
  • Wihhh, dapet pencerahan dari Mas Tomi..
    AKu pernah sedikit belajar SEO, dan semuanya dijelaskan di postingan di atas. Menurutku, ada keseruan sendiri saat optimasi SEO, tapi mesti “diseriusin”. Hahha

    Reply
  • Sejak dari Panda sampai sekarang enggak banyak berubah sih Om. Cuman sekarang Google sudah make Geo Location, device yang digunakan sama kebiasaan penggunanya. Lebih lokal sih, imbas baik nih buat local business kan ya.

    Kayaknya tambah Tips Om, meta description dan kawan-kawannya enggak dimasukin nih? :p

    Reply
  • Ohhhh gitu! Mulai paham. Dua minggu terakhir ini mencoba memahami SEO demi sebuah lomba SEO, ga mudeng-mudeng. Sekarang aku mulai paham. Jadi si key words itu harus ada dalam h1, h2 ya. Pantes dari kemarin dibilang ga kebaca ada key words. Duh makasih Mas Tomi.
    Pembahasan yang berat tapi bisa dijelasin dengan lugas. Enak bacanya.

    Reply
  • Berarti aku selama ini masak sayur tanpa garam yaa….heeuuheuu~~
    Berarti SEO itu gak ngefek yaa…mas Tom, mau kita pake platform menulis apapun?
    Wordpress kah?
    atau blogspot kah?

    Yang penting semua syarat yang mas Tom tulis di atas, kita lakukan….

    **tercerahkan, mas..
    Haturnuhun.

    Reply
  • mas Tommmi mau kl ada kelas diajarin SEO pleasee!

    setuju kan, temen2 ?
    masih krg paham cara mengoptimalkan SEO.

    Reply
    • Hehe saya masih nyubi mba.. buat kelas ntr malah diketawain hehehe.. tp klo ada pertanyaan silahkan diajukan saya jawab sebisanya mba

      Reply
  • Boleh lho mas, kapan-kapan buat kelas SEO sambil gathetring juga. Jadi bisa sama-sama belajar SEO yang baik dan benar.

    Reply
  • Aku dari dulu kalo ngomongin seo paling males sih. padahal blogger harusnya ngerti seenggaknya dasar-dasar seo ya kan.

    Reply
  • Wah, lengkap banget tipsnya! Iya, SEO itu seni. Yang agak musingin tapi kalau jadi dan enak dibaca itu suka banget. 🙂
    *Bookmark*

    Reply
  • Waaa… makasih tipsnya. Sebenernya enggak susah yaa.. Tapi kadang suka lupa ngasih keyword di H1 dan paragraf terakhir. -_-“

    Reply
  • walau baru setengah point yg bisa kupahami.. tapi setidaknya aku mengerti satu hal.. jadi kalau di foto itu filenya ditulis dengan nama/judul artikel kita ya.. so ketika di upload akan mendukung terekam oleh google..

    i see…

    Reply
  • Alhamdulillah kalo seo on page, aku udah sering lakuin. Tapi sering juga ga peduli, sih mas. Hahaha. Soalnya bisa ngeblog dengan dua anak bayi yg butuh perhatian aja udah bersyukur :’D

    Reply
  • kebanyakan orang meletekan backlink di beberapa web dan akhirnya malahan spam banget mas. Seo itu menurut saya penting engga penting sih intinya kita harus rajin nulis aja haha.

    Reply
  • Mas Tom, aku kenapa masalah ginian beneran gak paham. Kaya semacam bingung, sama kaya yang lain aku pengen diajarin dong tapi yang simpel hikssss

    Reply
  • On Page sudah,, tak tunggu Off Page….

    Reply
  • Cakeppp ilmunya mas tom!!
    Warbiyasah.
    Tapi aku tetep perlu berguru sama suhu nih.

    Ditunggu yg offpage, hihihi

    Reply
  • Klo pake plugins Yoast otomatis direkomendasikan minimal 300 kata om, klo belum 300 belum lampu ijo. Tapi biasane tak bikin minimal 500 kata juga sih, hehehe…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this:
IBX59AD55EDE6997