HomeWisata dan Kuliner

Leebong Island, Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Belitung

Leebong Island, Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Belitung
Like Tweet Pin it Share Share Email

Leebong Island, dari namanya aku kira pulau ini berada di luar Indonesia. Apalagi jika melihat foto-foto hasil pencarian Leebong Island di Google yang tempatnya seperti Bora-Bora atau di Maldives, tambah meyakinkan aku lagi kalau pulau ini pasti berada di luar negeri. Tapi setelah mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Leebong Island akhir pekan kemarin oleh mba Katerina (@Travelerien) baru deh aku sadar kalau Leebong itu ternyata berada di Belitung, propinsi Bangka Belitung, Indonesia. Seperti apa keindahan di Leebong Island, baca cerita pengalamanku berkunjung ke Leebong Island berikut ini.

Jumat, 14 Juli 2017 pagi aku berangkat ke Belitung bersama dengan 5 blogger lainnya yaitu Mba Tami, Mas Aji, Mba Dewi, Mas Elton dan Mba Manda. Kita terpilih untuk mengikuti acara Travel Blogger Goes To Belitung yang diadakan oleh manajemen Leebong Island dan kebetulan kita semua satu pesawat menuju Belitung dan disana baru bergabung dengan 3 blogger lainnya. Kita tiba di bandara Tanjung Pandan, Belitung sekitar pukul 10:00 WIB dan sudah dijemput oleh tim Mulia Rental Mobil Belitung dan langsung menuju ke Hanggar 21 yang merupakan titik point bertemu dengan 3 blogger lainnya yaitu Mba Rien, Mas Arif dan Mba Dian serta bertemu dengan pak Toto (Direktur Leebong Island) dan Ko Darmawan (Marketing Executive Mulia Rental Mobil belitung).

Travel Blogger Goes To Belitung
Foto Bareng sebelum naik kapal ke Pulau Leebong – photo by @travelerien

Setelah berkenalan dan saling sapa, kita langsung berangkat ke pelabuhan untuk menyeberang ke Pulau Leebong. Lama perjalanan dari bandara sampai ke dermaga kapal itu sekitar 30-40 menit lah. Aku juga tidak ingat soalnya habis masuk mobil langsung ketiduran dan baru bangun pas udah di dermaga hehehe..

Perjalanan menggunakan Jetty Wood alias kapal kayu mesin dari pelabuhan sampai Leebong Island atau Pulau Leebong ini hanya sekitar 15-20 menit saja. Pertama menginjakkan kaki di Pulau Leebong, satu kata yang terucapkan yaitu AMAZING!! Sekeliling Pulau Leebong kita hanya melihat pasir putih yang indah, pohon simpor dan hutan bakau yang menjadi tempat tinggalnya burung-burung lokal yang sangat mempeson. Untuk diketahui, Pulau Leebong adalah sebuah pulau kecil di sebelah Barat pulau Belitung dengan luas hanya sekitar 37 hektar.

Setelah menuju daratan Pulau Leebong, kita langsung di diajak untuk makan siang terlebih dahulu di Pondok Makan Pulau Leebong. Menu makanan yang ada di Pulau Leebong ini enak-enak loh karena ada udang goreng, ikan bakar, cumi goreng dan sayuran yang rasanya seger dan maknyus. Perut kenyang, mata udah segar dan tenaga kembali bugar,tanpa membuang waktu kita langsung menuju tempat-tempat yang wajib dikunjungi di Pulau Leebong.

Pulau Pasir Timbul Belitung

Pulau Pasir Timbul ini lokasinya masih di sekitaran Pulau Leebong dan bisa ditempuh menggunakan Jetty Wood selama 20 menit saja. Disini kita bisa foto-foto keren karena telah disediakan ayunan, hammock, gazebo dan spot-spot yang tjakep dan kereen banget buat foto.  Pulau ini dinamakan Pasir Timbul karena pulau ini baru keliatan kalau pas air surut saja, sedangkan kalau pas air pasang ya semuanya ketutup air. Nih daripada penasaran, cek video Pulau Pasir Timbul yang direkam menggunakan Drone milik mas Darmawan.

Keindahan Mangrove di Pulau Leebong

Walaupun ditemani hujan yang cukup deras, kita tetap membulatkan tekad untuk berkeliling ke hutan Mangrove menggunakan Jetty Wood. Menurut informasi dari Pak Toto, Mangrove di Leebong merupakan mangrove yang terbaik di Belitung. Hal ini disebabkan karena mangrove berada di permukaan pasir putih, bukan tanah rawa seperti mangrove lainnya di Belitung. Kedalaman air di sekitar Mangrove juga cuma 1-5 meter saja.

Mangrove Leebong Island
Mangrove di Pulau Leebong – photo by @atanasia_rian

Pantai Cikas di Leebong

Nah ini dia salah satu tempat favoritku di Pulau Leebong namanya Pantai Cikas. Lokasinya berada di sisi timur pulau Leebong dan bisa ditempuh jalan kaki 15 menit dari Pondok Makan di Pulau Leebong. Di pantai ini, katanya kita akan bisa melihat sunrise yang keren banget. Tapi apa daya, di hari Sabtu pagi, seluruh pulau di Belitung termasuk pulau Leebong mengalami hujan deras jadi kita tidak bisa lihat sunrise. Tapi di pantai cikas ini, kita bisa mencari kerang, melihat bintang laut dan santai-santai di gazebo yang telah disediakan.

Leebong Island, Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Belitung
photo by @imasatrianto

Itu dia sepenggal ceritaku saat berkunjung ke Pulau Leebong, Belitung, Indonesia. Jika mau ke Pulau Leebong, teman-teman bisa kunjungi situs-situs berikut ini :

  • https://leebongisland.com/
  • http://muliarentalgroup.com

 

Foto Lainnya di Leebong Island

Incoming search terms:

36
Leave a Reply

avatar
26 Comment threads
10 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
27 Comment authors
Tomi PurbaRatna DewiDian RaviIra Guslina Sufaruli retno Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Ima satrianto
Guest

Seruuuu bangeeettt yaaaa LeeBong. ^_^

Dian Radiata
Guest

Kurang lama ya ngetripnya ?
Masih belum puas explore Leebong. Apalagi waktu ngopi ditunjukin foto-foto sunrise di Pulau Leebong ama pak Toto.. Jadi makin mupeng untuk balik kesana…

Atanasia Rian
Guest

Seru banget dan pengen balik kesana yang pas cuaca cerahh. Hikz mupeng abizzz foto2 kalau cuaca ceraaaahhh

Bima Widjanata
Guest

Pantai cikas nya bikin mupeng, asli
Semoga akhir tahun jadwal bisa bersahabat, kan jadi bisa mengunjungi pantai cikas hehe

Sandz
Guest

Masih kepengen liat lagi isi pulaunya kaaa….hiks

ruziana
Guest

wah belitong
dari dulu pengin ke sana belum kesampaian
moga suatu saat terwujud

unggulcenter
Guest

Wah boleh nih kesana, parah ih adik gw yang di Babel ga pernah ngasih tau haha.. dia di Sungailat sih. Ntar kesana ah maksa dia buat nemenin 😀 😀

Kang Alee
Guest

Kalau ke Belitung wajib mampir neh

Katerina
Guest

Bener2 bikin pingin balik lagi abis baca tulisan ini. Suka banget dengan suasananya, apalagi dinikmati rame2 begini. Seru. Masih ingat banget waktu main loncat2an di Pulau Pasir Burung. Sampe bbrp kali ga jadi2. Tapi takjub sama Tomi,.lompatnya tinggiiiii. Gak sangka lho haha

Destinasi ungulan Belitung kini bukan cuma di pantai penuh “batu3 raksasa, tapi juga pantai2 cantik yg disekitarnya banyak Mangrove. Leebong terbaik punya mangrove terbaik di Belitung. Terpencil dan masih alami. Biarpun saat ke sana sdg hujan, tetap bisa nikmati dengan gembira.

Tfs Tomi.

khairiah
Guest

Seru yaa jala 2nya fotonya juga keten plng suka foto yg loncat pake payung

William Giovanni
Guest

Usai membaca sampai habis, jadi tertarik mengunjungi Belitung. Pemandangannya indah dengan banyak pilihan tempat wisata yang seru.

Widya Herma
Guest

Pantainya indah banget Mas. Apalagi liat pasirnya masih warna putih gitu. Sepertinya pantai ini masih benar – benar alami 😀 Semoga kesampaian juga untuk bisa berkunjung ke Belitung 😀

Zefy
Guest

Nama pulaunya mirip nama salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu. Bedanya di Bengkulu ada kabupaten Lebong, huruf e nya ga double

OJi Faoji
Guest

woyo woyoo,, eits dah. seru banget bisa jalam jalan seperti om tomi.

Fandhy Achmad Romadhon
Guest

Setahu saya, pulau bora-bora itu letaknya di Tahiti, sebuah Negara kepulauan di tengah samudra pasifik.

Iya dari namanya saja, pulau leebong aku ngiranya di korea, eh ternyata di bangka belitung.

Keindahan pantai leebong yg begitu aduhai tentu bisa menjadi tempat wisata pantai alternatif selain pantai di Bali :))

Irwin
Guest

Pas pertama baca judul tak kira jenis kamera “Lesbong” ternyata hahahha pulau di Belitung…

Ajak-ajak dong Mas Tomi kalo mau traveling lagi.. hihi

nova violita
Guest

Ke belitung… Pengen banget.., apalagi keluarga ada disana..
Kalo liat begini.. impian makin menari he2, semoga suatu saat bisa kesana..

Diah Kusumastuti
Guest

Amazing banget itu ya Pulau Pasir Timbul. Cuma timbul dikit gitu, trus pasirnya putihhh semua. Maaya Allah.. Belitung indah banget, ya.

Siti mudrikah
Guest

Seru banget mas tom, aku suka liat videonya meskipun kayaknya agak mendung ya. Alam Indonesia memang Indah bgt ya

charles
Guest

Belitung menjadi salah satu destinasi yang masuk dalam daftar tujuan traveling suatu saat nanti semoga bisa terwujud..info bermanfaat salam

Perempuan November
Guest

widiiih,,, enak banget liburan ke Leebong island ya mas. aku liat-liat fotonya di sosmed mbak travelerien n mbak Dian udah bikin pengen banget kesana, eh sekarang malah baca postingannya di blog kamu.

Dikki Cantona Putra
Guest

ohh jadi ini hasil liputan liburan bersamanya nih. Mantab banget kak pantai di belitung masih jernih bening banget. Mau kesana tapi apa daya lah masih kuliah hihihi. Tapi, bisa jadi rekomendasi tempat nih buat yang mau liburan

ruli retno
Guest

Wah itu ada anak2 yg ikut ya, kalo bs bawa anak gini aku pengen bgt kesana. Soalnya ga bs piknik tanpa anak. Hihihi

Ira Guslina Sufa
Guest

wohooo belitong memang tak pernah lepas dari wisata pantai ya mas.. dan lebong ini memang wajib dikunjungi banget nih. asyik mas tomi bisa main2 ke sana. semoga saya kesampaian menjejak di belitong. 🙂

Dian Ravi
Guest

Mas Tomiiiii, kurang komplit!!! Jadi ini total berapa lama? Ga mau pm aku, maunya baca sendiri hahahahaha. Aku main ke blog Mbak Rian deh. Berharap ada jawaban lengkapnya.
Aku jadi makin pengen kan ke Pulau Leebong ini.

Ratna Dewi
Guest

Yuk lah Tom nabung lagi trus kesana lagi tapi jangan pas ujan ya biar ketemu langit sama laut yang biru. Belum sempat sepedaan nih di Leebong.