HomeWisata dan Kuliner

Leebong Island, Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Belitung

Leebong Island, Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Belitung
Like Tweet Pin it Share Share Email

Leebong Island, dari namanya aku kira pulau ini berada di luar Indonesia. Apalagi jika melihat foto-foto hasil pencarian Leebong Island di Google yang tempatnya seperti Bora-Bora atau di Maldives, tambah meyakinkan aku lagi kalau pulau ini pasti berada di luar negeri. Tapi setelah mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Leebong Island akhir pekan kemarin oleh mba Katerina (@Travelerien) baru deh aku sadar kalau Leebong itu ternyata berada di Belitung, propinsi Bangka Belitung, Indonesia. Seperti apa keindahan di Leebong Island, baca cerita pengalamanku berkunjung ke Leebong Island berikut ini.

Jumat, 14 Juli 2017 pagi aku berangkat ke Belitung bersama dengan 5 blogger lainnya yaitu Mba Tami, Mas Aji, Mba Dewi, Mas Elton dan Mba Manda. Kita terpilih untuk mengikuti acara Travel Blogger Goes To Belitung yang diadakan oleh manajemen Leebong Island dan kebetulan kita semua satu pesawat menuju Belitung dan disana baru bergabung dengan 3 blogger lainnya. Kita tiba di bandara Tanjung Pandan, Belitung sekitar pukul 10:00 WIB dan sudah dijemput oleh tim Mulia Rental Mobil Belitung dan langsung menuju ke Hanggar 21 yang merupakan titik point bertemu dengan 3 blogger lainnya yaitu Mba Rien, Mas Arif dan Mba Dian serta bertemu dengan pak Toto (Direktur Leebong Island) dan Ko Darmawan (Marketing Executive Mulia Rental Mobil belitung).

Travel Blogger Goes To Belitung
Foto Bareng sebelum naik kapal ke Pulau Leebong – photo by @travelerien

Setelah berkenalan dan saling sapa, kita langsung berangkat ke pelabuhan untuk menyeberang ke Pulau Leebong. Lama perjalanan dari bandara sampai ke dermaga kapal itu sekitar 30-40 menit lah. Aku juga tidak ingat soalnya habis masuk mobil langsung ketiduran dan baru bangun pas udah di dermaga hehehe..

Perjalanan menggunakan Jetty Wood alias kapal kayu mesin dari pelabuhan sampai Leebong Island atau Pulau Leebong ini hanya sekitar 15-20 menit saja. Pertama menginjakkan kaki di Pulau Leebong, satu kata yang terucapkan yaitu AMAZING!! Sekeliling Pulau Leebong kita hanya melihat pasir putih yang indah, pohon simpor dan hutan bakau yang menjadi tempat tinggalnya burung-burung lokal yang sangat mempeson. Untuk diketahui, Pulau Leebong adalah sebuah pulau kecil di sebelah Barat pulau Belitung dengan luas hanya sekitar 37 hektar.

Setelah menuju daratan Pulau Leebong, kita langsung di diajak untuk makan siang terlebih dahulu di Pondok Makan Pulau Leebong. Menu makanan yang ada di Pulau Leebong ini enak-enak loh karena ada udang goreng, ikan bakar, cumi goreng dan sayuran yang rasanya seger dan maknyus. Perut kenyang, mata udah segar dan tenaga kembali bugar,tanpa membuang waktu kita langsung menuju tempat-tempat yang wajib dikunjungi di Pulau Leebong.

Pulau Pasir Timbul Belitung

Pulau Pasir Timbul ini lokasinya masih di sekitaran Pulau Leebong dan bisa ditempuh menggunakan Jetty Wood selama 20 menit saja. Disini kita bisa foto-foto keren karena telah disediakan ayunan, hammock, gazebo dan spot-spot yang tjakep dan kereen banget buat foto.  Pulau ini dinamakan Pasir Timbul karena pulau ini baru keliatan kalau pas air surut saja, sedangkan kalau pas air pasang ya semuanya ketutup air. Nih daripada penasaran, cek video Pulau Pasir Timbul yang direkam menggunakan Drone milik mas Darmawan.

Keindahan Mangrove di Pulau Leebong

Walaupun ditemani hujan yang cukup deras, kita tetap membulatkan tekad untuk berkeliling ke hutan Mangrove menggunakan Jetty Wood. Menurut informasi dari Pak Toto, Mangrove di Leebong merupakan mangrove yang terbaik di Belitung. Hal ini disebabkan karena mangrove berada di permukaan pasir putih, bukan tanah rawa seperti mangrove lainnya di Belitung. Kedalaman air di sekitar Mangrove juga cuma 1-5 meter saja.

Mangrove Leebong Island
Mangrove di Pulau Leebong – photo by @atanasia_rian

Pantai Cikas di Leebong

Nah ini dia salah satu tempat favoritku di Pulau Leebong namanya Pantai Cikas. Lokasinya berada di sisi timur pulau Leebong dan bisa ditempuh jalan kaki 15 menit dari Pondok Makan di Pulau Leebong. Di pantai ini, katanya kita akan bisa melihat sunrise yang keren banget. Tapi apa daya, di hari Sabtu pagi, seluruh pulau di Belitung termasuk pulau Leebong mengalami hujan deras jadi kita tidak bisa lihat sunrise. Tapi di pantai cikas ini, kita bisa mencari kerang, melihat bintang laut dan santai-santai di gazebo yang telah disediakan.

Leebong Island, Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Belitung
photo by @imasatrianto

Itu dia sepenggal ceritaku saat berkunjung ke Pulau Leebong, Belitung, Indonesia. Jika mau ke Pulau Leebong, teman-teman bisa kunjungi situs-situs berikut ini :

  • https://leebongisland.com/
  • http://muliarentalgroup.com

 

Foto Lainnya di Leebong Island

Incoming search terms:

  • anything
  • www tomi co id

Comments (36)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this:
IBX59AD55EDE6997