HomeWisata dan Kuliner

7 Objek Wisata Populer yang Tak Boleh Dilewatkan Saat Berlibur di Solo

7 Objek Wisata Populer yang Tak Boleh Dilewatkan Saat Berlibur di Solo
Like Tweet Pin it Share Share Email

Jalan-jalan ke Solo memang menyenangkan. Akses transportasinya sangat praktis dan tidak terlalu menyita waktu. Karena kalian bisa memesan tiket kereta api secara online jika ingin pergi ke Solo. kalian pun tak perlu buang-buang waktu untuk antre membeli tiket di loket stasiun.

Saat berkunjung ke Solo nanti, jangan lupa mampir ke berbagai objek wisata yang menarik. Tujuh objek wisata populer ini tentu menjadi referensi bermanfaat bagi teman-teman yang ingin segera berlibur ke Solo:

  • Pandawa Water World Solo

Wahana permainan air yang satu ini terletak di kawasan Solo Baru. Pandawa Water World Solo adalah arena rekreasi yang cocok untuk semua usia. Teman semua bisa berkunjung ke tempat wisata ini bersama seluruh anggota keluarga. Pandawa Water World Solo memiliki banyak wahana permainan yang menarik. Anak-anak pun pasti puas bermain air di wahana yang satu ini.

  • Taman Balekambang

Taman Balekambang merupakan salah satu objek wisata kebanggaan Kota Solo. Taman seluas 10 hektar ini berada di Jalan Ahmad Yani. Ada dua bagian besar yang terdapat di taman ini, yaitu Hutan Partinah yang terdiri dari berbagai koleksi tanaman langka dan Taman Air Partini yang punya wahana permainan perahu. Para wisatawan juga kerap berkunjung ke Taman Balekambang untuk sekadar bersantai dan menikmati suasana alamnya yang asri.

  • Keraton Surakarta

Solo juga memiliki Keraton Surakarta yang tak kalah megah dibandingkan Keraton Yogyakarta. Harga tiket masuk Keraton Surakarta juga sangat terjangkau. Disini teman-teman bisa berfoto sampai puas di Keraton Surakarta dan melihat berbagai objek istimewa seperti benda-benda bersejarah dan kereta kencana. Objek wisata istimewa yang satu ini memang senantiasa menarik wisatawan domestik maupun wisatawan asing untuk berkunjung.

  • Pasar Klewer

Pasar Klewer merupakan pusat tekstil terbesar yang ada di Solo. Terdapat lebih dari 2.000 pedagang yang berjualan di pasar tersebut setiap hari. Lokasinya yang tak jauh dari alun-alun Kota Solo membuat Pasar Klewer senantiasa kebanjiran pengunjung yang berasal dari kalangan wisatawan. Kalian bisa membeli aneka jenis batik khas Solo jika berkunjung ke pasar yang satu ini.

  • Museum Manusia Purba Sangiran

Inilah salah satu objek wisata edukasi yang tak boleh dilewatkan ketika berada di Solo. Museum Manusia Purba Sangiran memiliki lebih dari 13.000 koleksi fosil manusia purba yang mayoritas berasal dari kawasan Sangiran. Selain itu, ada pula koleksi fosil menarik lainnya seperti fosil hewan dan benda-benda pra sejarah yang ikut ditemukan dalam proses penggalian fosil.

  • Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog merupakan salah satu objek wisata alam kebanggaan Kota Solo. Lokasinya memang agak jauh, yaitu sekitar 40 km dari Kota Solo. Namun, waktu yang dihabiskan untuk menuju ke objek wisata ini tentu sebanding dengan sensasi yang akan dirasakan. Harga tiket masuk ke kawasan Air Terjun Jumog terbilang murah. Kalian pun bebas bermain air dan berburu foto sewaktu berkunjung ke tempat ini.

  • Kampoeng Batik Kauman

Selain Pasar Klewer,tempat yang juga bisa dikunjungi adalah Kampoeng Batik Kauman jika ingin membeli aneka jenis batik. Tempat wisata belanja ini terletak dekat dengan Keraton Surakarta. Banyak sekali motif-motif batik kekinian bergaya modern yang bisa didapatkan sewaktu mengunjungi Kampoeng Batik Kauman.

Semoga tulisan ini membuat teman-teman sekalian tidak akan bingung lagi mencari objek wisata di Solo . Jalan-jalan ke Solo jadi semakin menyenangkan jika teman-teman sekalian telah menyiapkan rencana wisata sejak jauh hari.

Comments (21)

  • Wah suwi ra neng solo aku. Kangen karo HIK e… hehe

    Reply
  • Akuboengen ke solo deh satu saat Mas Tomm
    Kota menarikk

    Reply
  • Pas banget nih, maret mau ke balekambang. Ngajak si kecil jalan2. Semoga cuaca bersahabat. Desember kmrn hujan terus belum sempat kemana2.

    Reply
  • Waaah, dari 7 tempat di atas, tinggal Air Terjun Jumong sama Museum Manusia Purba nih yang belum kukunjungiiiinn.

    Reply
  • “Solo juga memiliki Keraton Surakarta” sebenarnya agak kurang pas, nama resmi Solo adalah Surakarta. Hanya saja lebih populer dengab nama Solo daripada Surakarta. Akses paling mudah ke sana ya menggunakan kereta api, selain itu juga lebih hemat biaya.

    Reply
  • Noted mas.
    Solo adalah salah satu kota yang ingin saya kunjungi tahun ini 😀
    Tapi lebih pengen ke wisata budaya dan sejarah sih, ke Keraton Surakarta pastinya 😀
    TFS infonya.

    Reply
  • Oke mas tom, terima kasih sudah mereferensikan ke mana aja, pan kapan aku jelajahi ini solo, hihi

    Reply
  • Kalau aku tertariknya ke kampoeng batik mas

    Pasti seru bisa lihat jenis-jenis batik yg ada di sana, lalu beli untuk koleksi n oleh-oleh

    Reply
  • Dulu pernah ke solo, tapi cuma bentar, kayaknya sekarang banyak tempat wisata seru ya, kalau berkesempatan lagi ke solo pengen banget ke tempat-tempat wisata yang ada di postingan ini

    Reply
  • Pernah ke solo dulu tapi belum tau tempat-tempat wisata ini, kayaknya seru ya, kalau ke solo lagi pengen deh ke tempat-tempat wisata yang ada di postingan ini

    Reply
  • Aku pengen ke keraton Surakarta, blm pernah sih ke solo, tp pengen bgt kesana. Bnyk jg ya ternyta objek wisatanya, gak kalah sm kota lain.

    Reply
  • Aku baru ke Keraton dan pasar Klewer aja. Yang lain belum….

    Semoga satu hari bisa ke Solo lagi,
    Makasih infonya mas…

    Reply
  • Solo
    Penasaran ke pasar klewer
    Dulu sering belanja online di salah satu grosir batik di sini untuk dagangan hehe

    Murah dan kwalitas bagus batiknya
    Tp kmarin katanya pernah terbakar ya ?

    Reply
  • Waah…Solo kota mungil banyak wisata.
    Dari semuanya, hanya pernah ke Pasar Klewer sama Batik Kauman.

    Hiikss~

    Liburannya mesti diulang niih…

    Reply
  • Ternyata objek wisata di Solo, cukup banyak juga, ya …
    Rumah simbah kakung dekat dengan Solo, dan saya baru mengunjungi Keraton Surakarta dan Pasar Klewer saja. Yang lainnya bisa direncanakan untuk jadi tujuan berlibur berikutnya, deh!

    Reply
  • Selama di Semarang sempet mampir ke Solo, lingkungannya menyenangkan sekali… trotoar kotanya lebar dan cukup baik untuk pejalan kaki… moga moga ada kesempatan mengeksplorasi kota ini lebih banyak…

    Reply
  • Wah widya belum pernah mampir ke solo, mas tomi. sekalinya ke solo cuma lewat doang di stasiun solo balapannya pas mau ke malang hehehe penasaran sama Museum Manusia Purba Sangiran, soalnya pengen liat langsung 13000 fosil manusia purba yang ada disana 😀

    Reply
  • Wah, Solo diam-diam menyimpan segala macam tempat wisata yang maha dahsyat, ya. Nyesel deh belom sama sekali kesana. Huhu.

    Reply
  • Berbicara tentang solo memang tidak ada habisnya mas banyak bgt destinasi wisata dan cantumin juga dong tempat wisata kulinernha sekalian biar makin lengkap mas

    Reply
  • Waa ini.. kalau balik lagi.. kalau kemarin dikejar2 acara jadi cuman sempet kulineran selat solo hiks hiks..

    Reply
  • Jadi kangen soloooo. Kemaren terakhir cuma main ke keraton dan jalan2 di kotanya nyari batik gt. Next ke sana deh….

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this:
IBX59AD55EDE6997