HomePersonal

BAHAGIANYA KETIKA DANAU TOBA MENJADI SUMBER AIR BERSIH BAGI WARGA SEKITAR

BAHAGIANYA KETIKA DANAU TOBA MENJADI SUMBER AIR BERSIH BAGI WARGA SEKITAR
Like Tweet Pin it Share Share Email

Air bersih merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh seluruh mahkluk hidup di muka bumi ini. Tanpa maksud mengucilkan makhluk hidup lainnya, air bersih adalah kebutuhan primer manusia. Air begitu penting bagi kehidupan manusia karena air merupakan salah satu prasyarat untuk mengukur kualitas hidup manusia dalam hal ini adalah kesehatan. Tanpa air yang bersih, bisa dibayangkan bagaimana mudahnya penyakit menyerang manusia.

Walaupun air menjadi kebutuhan primer bagi manusia, di negeri tercinta kita ini Indonesia, akses air bersih masih menjadi masalah besar terutama di daerah-daerah terpencil. Menurut data versi Wateraid (2016), Indonesia berada di peringkat ke-6 dari 10 negara yang tidak memiliki akses air bersih. Akibatnya bisa ditebak, saat ini masih tingginya tingkat kesakitan akibat rendahnya akses terhadap air bersih.

Ngomong-ngomong tentang air bersih, sku jadi teringat dengan sebuah daerah di kampung orang tuaku yang tidak jauh dengan Danau Toba, Sumatera Utara. Walaupun aku kelahiran Yogyakarta, kedua orang tua memang berasal dari Sumatera Utara, jadi jangan bilang aku ini anak campuran Jawa Batak yah aha.. Danau Toba merupakan danau yang paling besar di pulau Sumatera dan sudah terkenal di seluruh Nusantara. Dahulu danau Toba sering digunakan sebagai tempat berenang dan bermain bagi penduduk sekitar.

Namun air Danau Toba beberapa tahun terakhir dianggap sebagai danau yang kotor karena tercemar. Karena berita bahwa Danau Toba telah tercemar, maka banyak orang yang takut mandi atau berenang di sekitar Danau Toba. Setelah dilakukan penelitian, ternyata hasil membuktikan bahwa air Danau Toba tidaklah tercemar dan masih masuk dalam kategori air kelas satu, yaitu air yang peruntukannya dapat digunakan untuk air bakti air minum, dan atau peruntukan lain yang mempersyaratkan mutu air yang sama dengan kegunaan tersebut.

Dengan masuk dalam kategori air kelas satu, maka penduduk sekitar Danau Toba tidak perlu susah mencari air bersih untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, masak dan sebagainya. Bahkan air Danau Toba masih dapat dimungkinkan untuk dikonsumsi sebagai air minum walaupun dengan sedikit sentuhan teknologi.

Pucuk dicinta ulam tiba. Dengan memanfaatkan teknologi filtrasi, air Danau Toba bisa diubah menjadi air bersih dan bahkan dapat dimanfaatkan untuk air minum berkat dibangunya filter air bersih. Dengan adanya teknologi tersebut, maka sekarang warga di sekitar Danau Toba tidak perlu lagi mencari mata air yang belum tentu terjamin kualitasnya untuk mencukupi kebutuhan air bersih mereka. Warga jadi juga tidak perlu takut mengalami kekurangan air bersih di musim kemarau karena mereka bisa mengambil air bersih dari Danau Toba yang telah disaring.

Kita tunggu kegiatan lainnya dan semoga Danau Toba, obyek wisata sekaligus daerah yang paling aku kagumi akan terus berkembang menjadi lebih baik

20
Leave a Reply

avatar
20 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
20 Comment authors
lendyagasshiHellofikaAnita MakarameNurul Fitri FatkhaniLiza Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Dirman
Guest

gak kebayang.. betapa berlimpah airnya ya, mas..

William Giovanni
Guest

Syukurlah jika air di Danau Toba layak untuk dikonsumsi masyarakat, sehingga selain sebagai objek wisata ada manfaat lainnya. Sehingga masyarakat lebih mudah mendapatkan akses air bersih dalam keadaan apapun, termasuk saat musim kemarau.

Dikki Cantona Putra
Guest

danau toba harus di lestarikan banget tuh om dan jangan sampai tercemar sayang banget danau terbesar di Indonesia kan mas. Apalagi Danau Toba ini bisa digunakan untuk air minum gitu dengan teknologi tambahan sedikit makin ajib nih

Khairiah
Guest

Bisa pakai Filter air yang tradisionalkah? Yang susunan dari batu,ijuk, arang, apalagi yaa?

Tukang Jalan Jajan
Guest

Aku malah fokus ke lompatan MAs Tomi, sungguh luar biasa mas. Ayo meompat lebih tinggi ditempat laen hehehe. Semangat melepaskan kebahagiaan

unggulcenter
Guest

Widiiih mantab itu pose terbangnya. Sy baru skali ke danau toba ga smpt eksplor krn kerjaan dinas.. next mau kesini lagi

April Hamsa
Guest

Cerita ttg Danau Toba itu menemani masa kecilku. Makanya salah satu destinasi wisata yg ingin kukunjungi adalah Danau Toba 😀
Moga2 selalu bersih airnya ya mas aamiin

zefy
Guest

Mantab nih mas Tomi kalau airnya bisa digunakan untuk minum dan aktivitas lain, secara kan ya airnya Danau Toba tuh melimpah ruah

Diah Kusumastuti
Guest

Danau Toba tuh sudah terkenal banget keindahannya, jadi semoga enggak sampai tercemar yaa. Dan bersyukur jika bisa bermanfaat untuk aktivitas sehari-hari penduduk di sekitarnya.

Ruli retno
Guest

Toba ini wishlist aku dari kecil belom kesampaian juga kesana. Udah pernah nulis tentang toba juga di blog, berharap jadi doa supaya bisa segera kesana. Semoga air toba selalu terjaga kebersihannya

Rani Yulianty
Guest

Kapan ya bisa kesampaian berkunjung ke Danau Toba, turut senang jika air danau toba bisa menjadi sumber air untuk masyarakat

Rhoshandhayani KT 💕
Guest

Lah, perasaan sebulan kemarin pas aku belajar tentang danau, danau toba termasuk danau kritis.
Karenanya danau Toba termasuk 15 danau prioritas, supaya lekas2 kembali baik. Apa perbaikannya sudah cepat ya??

dian Farida Ismyama
Guest

Duh kapan ya bisa sampai Danau Toba? Ngiler euy. Doakan ya bisa ke sana

Jiah
Guest

Ikut mendoakan. Sayang banget kan danau sebesar itu hanya jadi tempat lewat perahu2. Padahal kita butuh air bersih buat kehidupan sehari-hari

ulya
Guest

Bagus banget inovasinya yah. Aku pengen ke danau toba deh jadinya kan. Huhu

Liza
Guest

aku udah lama banget ga ke danau Toba tapi masih kebayang gimana bersihnya air danau dan anak-anak yang berenang di dalamnya

Nurul Fitri Fatkhani
Guest

Untunglah apa yang diberitakan itu,tidak benar. Ternyata air Danau Toba cukup bersih ya…semoga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya.

Anita Makarame
Guest

Wuah, seneng ya, sumber mata airnya berlimpah. Air memang krusial bgt buat warga.

Hellofika
Guest

Syukurlah, sekali mendayung Dua tiga pulau terlampaui. Selain sbgi pariwisata. Manfaat danau Toba jg real banget bagi warga sekitar

lendyagasshi
Guest

Danau Toba.
Aku kangeeen banget ke Sumatera Utara.
Ingin suatu saat ke sana lagi bareng mas dan Ibu juga keluarga kecilku yang sekarang. Agar tahu tanah kelahiranku.