HomePersonal

Punya Gitar Bingung Rawat? Ini Tips nya

Punya Gitar Bingung Rawat? Ini Tips nya
Like Tweet Pin it Share Share Email

Gitar sudah sejak lama menjadi alat musik favorit banyak orang. Harganya yang cukup terjangkau menjadi salah satu faktor alat musik ini menjadi favorit. Sekilas tentang gitar, gitar adalah instrumen musik yang paling dasar dan juga paling terkenal di dunia. Tidak salah jika penggemar dan pemiliknya sangatlah banyak. Apalagi saat ini ada banyak jenis gitar yang bermunculan dan membuat orang-orang semakin tertarik memilikinya.

Banyak orang yang mengira gitar tidak perlu dirawat dengan baik. Padahal, alat musik yang sebagian besar terdiri dari bahan kayu ini juga perlu untuk dirawat dengan cara tepat, agar nantinya menghasilkan kualitas suara yang tetap baik. Selain itu agar dari segi tampilan, gitar tetap terjaga keindahannya.

Merawat Gitar dengan Cara yang Tepat

Nah untuk Anda yang belum mengetahui bagaimana cara merawat gitar dengan tepat. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba agar gitar selalu awet dan terjaga kualitasnya.

Mempunyai case
Ternyata gitar juga mirip dengan manusia yang memiliki rumah, gitar juga perlu yang namanya case atau tas. Untuk Anda yang belum pernah mendengar kata case, case adalah tempat untuk menyimpan gitar yang sering kita lihat seperti tas. Fungsinya adalah untuk melindungi gitar dari kotoran, debu, dan benturan dengan benda lain yang dapat membuat body gitar jadi tergores dan juga lecet.

Nah, case gitar ini ada dua macam yaitu hardcase dan softcase. Hardcase pada umumnya terbuat dari bahan kayu ataupun plastik yang cukup tebal dan kuat. Tentunya ini akan sangat aman untuk melindungi gitar.

Hardcase sangat pas untuk dimiliki seorang gitaris yang seringkali bepergian ataupun untuk yang sering mengadakan tur. Namun untuk Anda yang tidak sering keluar rumah atau bepergian, case ini dapat berfungsi untuk tempat menyimpan gitar di rumah.

Senar Gitar Selalu Bersih

Anda dapat mengondisikan senar gitar untuk selalu dalam kondisi bersih. Caranya, setiap selesai bermain, bersihkan senar dengan lap ataupun dengan pembersih senar khusus (string cleaner). Setidaknya bersihkan senar gitar seminggu sekali. Karena para peneliti ternyata beranggapan ketika bermain gitar, manusia tanpa disadari mengeluarkan keringat yang cukup banyak melalui tangan. Ini disebabkan oleh kinerja otak dan gerak tangan yang menguras energi.

Kendorkan senar gitar

Tips selanjutnya adalah dengan mengendorkan senar. Hal ini bisa dilakukan jika gitar akan tidak dipakai dalam tempo yang lama, karena dapat mengakibatkan bengkoknya neck gitar. Walaupun hal ini kecil kemungkinan terjadi, namun lebih baik untuk mencegahnya.

Meletakkan gitar dengan benar

Anda harus selalu memastikan gitar diletakkan di tempat yang posisinya aman dan benar. Karena jika menaruhnya dengan tidak tepat, takutnya kemungkinan buruk bisa terjadi. Seperti lecet, terbanting, atau malah patah di bagian bagian tertentu. Ini dia hal yang harus dihindari dalam menaruh gitar :

  1. Hindari menyandarkan gitar di bidang yang vertikal atau memiliki kontur licin, misalnya tembok
  2. Hindari menaruh gitar di tempat tinggi, karena rentan jatuh
  3. Hindari membiarkan gitar tergeletak di sembarang tempat
  4. Jauhkan dari tempat yang lembab dan juga basah

Jika sering bermain gitar, penggunaan stand out bisa dijadikan pilihan. Anda juga bisa membiasakan diri setelah berman gitar, letakan kembali gitar pada stand. Nah itu dia beberapa tips untuk merawat gitar

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Afifah Mazaya Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Afifah Mazaya
Guest

Wah iya. Kirain cukup ditaruh dan dihindari dari debu aja. Perlu dilakukan perawatan lain juga, ya.