HomePersonal

Deretan Merek Mobil China di Indonesia yang Masih Eksis

Deretan Merek Mobil China di Indonesia yang Masih Eksis
Like Tweet Pin it Share Share Email

Salah satu produsen elektronik dan transportasi terbesar yang mampu menembus pasarIndonesia bahkan dunia adalah China. Yaps, jika diamati secara dalam, bisa dilihat bahwa saatini telah banyak produk China yang digunakan orang Indonesia, mulai dari smartphone, TV,Kulkas, bahkan yang sedang ramai diperbincangkan adalah mobil.

Macam-macam mobil China di Indonesia memang sangat banyak, dan hampir semuanya lakukeras di pasaran. Dari sekian banyaknya mobil China di Indonesia yang sekarang ini tengah naik daun adalah Wuling.

Bahkan untuk mengimbangi rilisnya mobil Wuling di Indonesia, pada tahun yang sama yaknitahun 2015 perusahaan mobil asal China ini pun juga membangun pabrik di wilayah Cikarang.Dilansir dari Tirto.id di segmeb Oto oleh Spector, mengatakan bahwa guna menembus pasarmobil di Indonesia Wuling mengeluarkan investasi hingga 9 Triliun Rupiah.

Terlepas dari hal tersebut, ternyata sebelum Wuling dapat melejit seperti sekarang ini, merekmobil China di Indonesia lainnya yang telah eksis sebelumnya. Nah, deretan merek mobil China yang sempat eksis di Indonesia yakni:

  1. Geely Dirilis di Indonesia sejak tahun 2009, Geely Mobil Indonesia (GMI) ini hadir denganbeberapa varian hatchback dan city car tipe sedan. Beberapa varian yang dikeluarkanoleh Geely di Indonesia diantaranya yakni tipe LC Panda, Emgrand EC7, MK dan MK2.Dimana mobil China di Indonesia tersebut, dibanderol dengan kisaran harga antara 90juta sampai 145 juta.

Pada awal kehadirannya, varian Geely ini memang sempat melejit dan banyak diminati,namun entah karena faktor stereotype dari produk China ataupun faktor lain, makakehadiran berbagai varian Geely ini pun menjadi tak begitu menarik lagi bagi masyarakatIndonesia, sehingga mengakibatkan merek mobil China di Indonesia ini pun harus vakumdari pasaran pada tahun 2015-2016.

2. Chery Selain Geely, terdapat juga merek mobil China di Indonesia yang sempat menarikperhatian yakni Chery. Dimana dilansir dari sejumlah media online nasional,menyebutkan bahwa pada awal kemunculannya yakni pada tahun 2009 lalu, penjualanChery mampu menembus hingga 400 unit, bahkan penjualan tersebut sempat naik padatahun selanjutnya.

Namun sayangnya, entah karena apa penjualan mobil Chery mengalami penurunanjumlah unit, hingga ke tahun-tahun berikutnya. Meski demikian, dikutip dari ekonomi.kompas.com, yakni sekitar awal tahun 2017 lalu,ternyata terdapat showroom mobil yang masih menjual beberapa tipe mobil Chery. Disamping itu, beberapa tipe Chery bekas pun bisa Anda temukan di di situs jual belimobil, dan tak sedikit juga yang tertarik memilikinya.

Terlepas dari hal tersebut, pihak yang mengurus produksi Chery di Indonesia sendiri,ialah pabrik Indomobil. Dimana beberapa tipe Chery yang diproduksi di Indonesia yakniEaster, Tiggi, Transcar, A1, JI dan yang paling terkenal adalah QQ.

3. Wuling Mobil Wuling merupakan merek mobil China yang saat ini masih eksis di Indonesia.Sejak kehadirannya di Indonesia tahun 2015, terdapat dua tipe mobil yang telah dirilis,yakni Confero S dan Cortez. Dimana kedua tipe tersebut, sama-sama berjenis MultiPurpose Vehicle atau MPV.

Sedangkan MPV yang menggaet segmentasi menengah ke atas, Wuling di Indonesiayang dihadirkan yakni tipe Cortes, yang dijual dengan kisaran harga 218 juta hingga 264juta, dengan penampilan yang lebih mewah dibandingkan Confero.

Selain itu, dilansir oleh cnnindonesia.com, mengatakan bawa Confero S diadopsi daritipe Wuling Hongguang yang hanya dipasarkan di China. Untuk harganya, WulingConfero S ini pun hanya dijual kisaran 150juta-an saja. Memiliki harga yang terjangkauserta penampilan yang ciamik, mobil china di Indonesia ini pun diprediksi akanmenggeser posisi MPV yang diproduksi Toyota yakni Avanza.

Bahkan produsen mobil asal China ini akan merilis wuling SUV yang merupakan tipepaling tinggi dari jenisnya di tahun 2019 mendatang. Hal tersebut dikatakan saat ajangGaikinda Indonesia International Auto Show 2018 lalu.Dengan data tersebut, maka mobil China di Indonesia yang saat ini masih eksis adalah mobilwuling.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of