HomePersonal

AC LG DUAL COOL with Watt Control Pilihanku

Like Tweet Pin it Share Share Email

Kini AC menjadi salah satu peralatan elektronik yang wajib ada di sebuah rumah. Terlebih jika kita tinggal di kotabesar yang notabene banyak polutan yang mengancam kesehatan. Seharian berkutatdi luar rumah untuk beraktivitas, jangan sampai kita masih menghirup udarabercampur polutan saat sudah berada di rumah.

Jadi keberadaan AC di sini tidak melulu karena ingin mendapatkan udara yang sejuk dan dingin. Ada hal yang lebih penting, yakni kesehatan. Meski begitu tidak dipungkiri juga apabila kita tetap akan mempertimbangkan kualitas dan harga dari AC tersebut.

Ini wajar, terlebih bagi kita yang sudah menjadi ibu rumah tangga. Di mana menjaga kondisi keuangan keluarga agar tetap stabil seringkali membuat kepala pusing. Apa lagi jika ditambah dengan penggunaan AC yang mana peralatan elektronik satu ini dikenal dengan konsumsi daya listrik yang boros.

AC Hemat Listrik dan Mudah Digunakan

Beruntungnya saat ini sudah ada AC LG DUAL COOL with Watt Control yang menjadi andalan para keluarga. Tidak hanya hemat energi, AC ini juga mudah dioperasikan.

Misalnya kita memiliki AC LG DUAL COOL tipe E06SV4 (Smart Model) dengan kapasitas 1/2 PK, dan 495 watt. Maka kita dapat mengatur konsumsi daya sebesar 80% dengan menekan tombol Watt Control melalui remote control. Dengan begitu daya yang dikonsumsi AC akan berubah menjadi 419 watt.

Namun apabila kita menekan tombol Watt Controll dua kali, maka daya yang dikonsumsi AC akan berubah menjadi 312 watt. Ini menunjukkan kita telah menghemat daya sebesar 183 watt atau setara dengan mesin cuci pintu depan berkapasitas 7 kg. Sangat mudah dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Mudah Merawat AC

Agar AC kesayangan tersebut awet, tentu kita harus merawatnya dengan baik. Lantas bagaimana sih cara merawat AC yang baik dan benar? Berikut ulasannya.

  1. Membersihkan filter

Sesuai dengan namanya, filter ini bertugas sebagai penyaring debu agar debu tidak menempel atau parahnya bisa menyumbat pada bagian evaporator. Lakukan pembersihan secara berkala agar filter senantiasa bersih. Jangan tunggu kualitas udara menurun karena filter penuh dengan debu.  

  • Membersihkan eva porator

Poin ini merupakan lanjutan dari poin sebelumnya, di mana ketika saringan udara atau filter ini dibersihkan, maka kita juga harus membersihkan bagian evaporatornya. Untuk membersihkan bagian ini bisa dengan memanfaatkan vacuum cleaner.

  • Memeriksa bagian thermostat

Perawatan pada AC tidak cukup dengan memastikan kebersihan komponen-komponen AC. Hal lain yang perlu dilakukan ialah memeriksa bagian thermostat. Pastikan thermostat ini memiliki kinerja yang normal.

Apabila berencana meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, sebaiknya kita tidak mematikan AC. Jika AC dimatikan, maka dibutuhkan energi yang lebih besar saat menyalakannya kembali. Itu artinya dapat membuat tagihan listrik meningkat. Tentu kita tidak mau tagihan listrik bulan ini semakin mahal bukan?

Demikianlah sedikit ulasan tentang penggunaan AC LG DUAL COOL with Watt Control dan cara mudah merawat AC yang perlu kita ketahui. AC LG DUAL COOL ini sudah dibekali dengan fitur canggih seperti fitur auto cleaning yang artinya AC ini dapat melakukan pembersihan secara otomatis guna mencegah menumpuknya bakteri maupun tumbuhnya jamur pada heat exchanger. Meski begitu ada baiknya tetap diimbangi dengan melakukan perawatan secara rutin seperti halnya yang sudah disebutkan di atas tadi ya.

4
Leave a Reply

avatar
4 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
4 Comment authors
Fatimah AqilaUciMonica AnggenYuni Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Yuni
Guest

AC yg recomended bisa membuat nyaman pemakainya ya

Monica Anggen
Guest

pas baca tulisannya baru ngeh nih, ternyata ada anti bakteri dan jamurnya juga karena ada auto cleaning. Keren nih AC LG DualCool With watt control.

Uci
Guest

Sekarang aku tahu harus ganti AC apa d rumah dan AC LG inilah jawabannya

Fatimah Aqila
Guest

Wah, jadi gak perlu repot buat membersihkan dong ya karena udah otomatis?