HomeGaya Hidup

Bersepeda dan Rambu-rambunya

Bersepeda dan Rambu-rambunya
Like Tweet Pin it Share Share Email

Olahraga banyak macamnya. Ada olahraga yang memerlukan fokus, konsentrasi penuh, kerjakeras otak dan duduk berjam-jam seperti memancing, catur dan bridge. Ada olahraga yang membutuhkan stamina dan alat khusus seperti bersepeda dan fitness. Dibandingkan fitness, sebagian besar orang mungkin memilih bersepeda, sebab harga sepeda relatif lebih terjangkau daripada ala tfitness.

Pentingnya Olahraga Bersepeda.

Bersepeda adalah cabang olahraga yang diminati banyak orang. Bersepeda bisa dilakukan sendiri atau bersama rekan-rekan satu klub dan menempuh jarak yang diinginkan. Bersepeda sekilas terlihat sebagai olahraga ringan dan mudah dilakukan tetapi mampu memberikan hasil yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah keuntungan menekuni olahraga bersepeda:

  1. Alatnya Mudah Didapat

Harga sepeda relatif lebih terjangkau dari peralatan fitness. Tak hanya dijual di toko-toko sepeda, kini alat olahraga yang beroperasi dengan cara dikayuh ini bisa dibeli secara online di Bukalapak.Jika harga unit baru terasa mahal, tak ada salahnya membeli yang bekas.

2. Bisa dilakukan sendiri atau berkelompok

Target bersepeda tidak terlalu tinggi. Olahraga ini bisa dilakukan sendirian atau berkelompok bersama teman-teman. Tujuan bersepeda bisa direncanakan atau spontan saja sambil menikmati pemandangan.

3. Memudahkan bersosialisasi

Bersepeda secara berkelompok memudahkan untuk bersosialisasi dengan rekan-rekan sejawat. Bertemu rekan satu klub, bersepeda bareng terkadang membuka jalan untuk membicarakan bisnis. Bersosialisasi adalah jalan untuk merintis bisnis dan memperkuat jaringan.

4. Rekreasi sekaligus berolahraga

Bersepeda bisa menjadi cara untuk rekreasi. Ketika rehat mengayuh sepeda bisa menikmati pemandangan alam di sekitar. Tak perlu jauh-jauh, bersepeda di dekat area persawahan bisa membuat hati terasa lapang.

5. Tidak butuh adaptasi dan latihan lama

Beberapa cabang olahraga membutuhkan latihan dan pendalaman cukup lama. Misalnya olahraga panahan, atletik, beladiri, bulutangkis. Tetapi bersepeda hanya membutuhkan kemampuan naik sepeda kemudian memperkuat stamina agar nafas bisa lebih panjang dan otot kaki bisa lebih lentur.

6. Pakaian bersepeda bersifat fleksibel

Bersepeda untuk olahraga ringan tidak memerlukan pakaian bersepeda khusus. Tetapi jika ditekuni menjadi olahraga yang rutin dijalani sebaiknya dilengkapi dengan pakaian khusus bersepeda.

Rambu-rambu Bersepeda

Meski tampaknya mudah dilakukan, bersepeda juga perlu memperhatikan rambu-rambu penting. Mematuhi rambu-rambu bersepeda ini membantu mengoptimalkan proses olahraga dan melindungi keselamatan atlitnya. Berikut adalah rambu-rambu dalam bersepeda:

  1. Perhatikan perlengkapan

Cek selalu kondisi kelayakan sepeda. Cek angin ban, apakah kurang pompa atau sudah cukup. Cek rem, pastikan sudah pakem karena sangat berpengaruh pada keselamatan bersepeda

  • Lengkapi diri dengan pakaian bersepeda

Pakaian bersepeda berguna untuk melindungi diri selama kegiatan bersepeda. Pakaian dan perlengkapan bersepeda ini meliputi kaos dan celana pendek khusus bersepeda, helm dan pelindung lutut, kacamata dan aksesori lain yang dianggap penting.

  • Patuhi rambu-rambu lalu lintas

Bersepeda di jalan raya perlu selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Hal ini bukan hanya untuk melindugi diri sendiri tetapi juga demi mencegah membuat orang lain celaka karena keteledoran akibat tidak patuh pada rambu lalu lintas.

  • Lakukan pemanasan dan cooling down

Seperti cabang olahraga lainnya, pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum aktivitas olahraga utama. Pemanasan berfungsi mencegah otot kram atau cedera karena aktivitas yang meningkat tiba-tiba. Setelah aktivitas bersepeda lakukan cooling down agar otot beristirahat sementara.

Ingin membeli sepeda tanpa keluar rumah? Beli di Bukalapak saja. Temukan berbagai pilihan sesuai anggaran keluarga.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of