Resmi Dapat Gelar CDCP dan CEH

Resmi Dapat Gelar CDPD dan CEH

Akhirnya aku bisa update lagi blog ini setelah hampir 2 bulan hiatus karena berbagai kesibukan entah karena pekerjaan offline yang padat, tugas dan pelajaran baru sebagai orang bapak atau karena emang baru males banget nulis di blog ini. Sebenarnya selama tahun 2019 ini aku masih sering nulis, tapi nulisnya di majalah kantor makanya jadi males nulis di blog ini. Mungkin jika teman-teman tertarik baca bisa membuka situs majalah online Bhumipura maaf malah promosi hihi..

Karena terlalu banyak yang mau ditulis di blog ini, untuk kali ini aku mau sedikit congkak dulu lah karena aku berhasil mendapatkan dua gelar tambahan yaitu CDCP dan CEH. Jadi mulai sekarang bisa panggil namaku Tomi Purba, S.Kom, CDCP, CEH ya wkakakak.. Untuk diketahui ini sebenarnya bukan gelar yang didapatkan karena aku kuliah tapi karena berhasil lulus dalam test suatu bidang tertentu dan mendapatkan sertifikat dan bisa menggunakan gelar tersebut selama 3 tahun. Setelah itu ya harus test lagi atau hilang juga spesialisasi kita.

Pasti banyak yang belum tahu apa itu CDCP dan apa itu CEH. Mungkin kalau anak IT paham tapi jujur aja aku dulu juga gak ngerti kok walaupun aku lulusan IT. Maklum aja lebih suka jadi blogger daripada programmer hehe.. Tapi ya namanya hidup, kadang apa yang kita benci lakukan malah itu yang selalu kita hadapi #sokBijak. Karena tuntutan kantor maka aku ikut pelatihan CDCP dan CEH ini. Masing-masing pelatihan ini harus dilalui selama 40 jam dan terakhir mengikuti test sebanyak 120 soal dan dikerjakan dalam waktu 4 jam. Puyeng pokoknya.

CERTIFIED DATA CENTRE PROFESSIONAL (CDCP)

Certified Data Centre Professional

Sesuai dengan namanya, pelatihan bersertifikasi ini akan mempelajari tentang Data Center (pusat data) yang ideal itu. Dari pelatihan ini aku mendapatkan banyak pengetahuan mengenai komponen yang ada pada sebuah pusat data dan harapannya kita mampu mengoptimalkan fungsi pusat data termasuk bagaimana mengatur power, sistem pendingin, perakitan kabel, dan bahkan sistem keamanan untuk pusat data. Selain untuk mendidik bagaimana mengoperasikan sebuah layanan pusat data dan bagaimana melakukan maintenance pada infrastruktur pusat data.

Aku sendiri mendapatkan banyak manfaat setelah mengikuti pelatihan dan dinyatakan lulus dalam ujian CDCP ini karena kebetulan kantor memang sedang membangun Data Center kategori tier 3. Yah walaupun pada kenyataan harus banyak praktek, setidaknya ini menambah wawasan dan pengetahuanku tentang dunia Data Center.

Ujian CDCP bentuknya multiple choice 100 soal dan dikerjakan dalam waktu 4 jam. Passing gradenya 75%.

CERTIFIED ETHICAL HACKER (CEH)

Resmi Dapat Gelar CDCP dan CEH

Pertama kali mendengar istilah CEH ini, pasti yang terbayang oleh teman-teman adalah aku sekarang bisa melakukan peretasan Facebook, sadap percakapan di Whatsapp dan lain-lain kan. Enggak salah sih tapi mungkin belum tepat. Certified Ethical Hacker memang sebuah training dimana mengajarkan kita untuk menjadi seorang Hacker namun yang beretika. Dalam pelatihan CEH v10 ini kita diajari tentang dasar-dasar tentang cyber security dan bagaimana cara menyerang sistem sekaligus bagaimana cara untuk menahan serangan dari cracker.

Ada banyak hal yang dipelajari dalam CEH antara lain Footprinting and Reconnaissance, Scanning Networks, Enumeration, System Hacking, Malware Threats, Sniffing, Social Engineering, Denial of Service, Session Hijacking, Hacking Web Servers, Hacking Web Applications, SQL Injection, Hacking Wireless Networks, Hacking Mobile Platforms, Evading IDS, Firewalls, and Honeypots, Cloud Computing dan Cryptography. Cukup seru sekaligus membuat keram otak dah dalam mengikuti pelatihan ini.

Ujian sertifikasinya sendiri cukup berat aku karena jumlah soal ada 125 dan harus diselesaikan dalam waktu kurang dari 4 jam. Ada soal analisis, soal cerita, soal hapalan alat, perintah-perintah khusus. Passing grade yaitu 75%.

Itu dia beberapa hal yang terkait dengan CDCP dan CEH. Teman-teman yang bekerja di dunia IT, mungkin perlu juga mengambil sertifikasi tersebut karena selain meningkatkan kemampuan diri kita juga bisa menjadi bekal saat melamar pekerjaan di perusahaan yang kita inginkan. Buat yang pengen belajar dan membaca modul-modulnya, bisa japri via halaman kontak atau sosial media aku ya, ntar bisa aku kirimkan. Tapi jangan disebarluaskan karena pasti ini pelanggaran hahahaa..

18 Comments

  1. Khoirur Rohmah 02/08/2019
  2. Atanasia Rian 02/08/2019
  3. Marfa 02/08/2019
  4. Kang Alee 02/08/2019
  5. sugi siswiyanti 02/08/2019
  6. Peri Hardiansyah 02/08/2019
  7. Dikki Cantona Putra 03/08/2019
  8. unggulcenter 03/08/2019
  9. Eko Prasetyo 03/08/2019
  10. Kopiah Putih 03/08/2019
  11. Rani Yulianty 03/08/2019
  12. Rani Yulianty 03/08/2019
  13. Tika Samosir 04/08/2019
    • Tomi Purba 06/08/2019
  14. Sally Fauzi 04/08/2019
    • Tomi Purba 06/08/2019
  15. lendyagasshi 04/08/2019
    • Tomi Purba 06/08/2019