Petugas Indihome Wifi.Id Hapus Seluruh Data Pribadi Yang Tersimpan di Google Account

Setelah sekian lama tidak update blog ini, akhirnya pada kali ini aku membuat postingan yang berisi tentang kekecewaan, kekesalan sekaligus meminta pertanggungjawaban dari pihak Telkom/Indihome/Wifi.id dimana petugas support (teknisi) yang telah menghapus seluruh data history dan password yang tersimpan di akun Google milik aku. Kok bisa tom?? Mungkin itu yang akan ditanyakan oleh teman-teman semua yang membaca artikel ini. Nah biar jelas, begini cerita dan kronologi kejadian petugas Indihome Wifi.Id menghapus seluruh data yang tersimpan di Google Account milik aku.

Aku merupakan pengguna layanan WiFi Manage Service (WMS) Paket Silver kurang lebih sudah hampir setahun. Yang belum tau WMS mungkin bisa cek tautan ini https://wifi.id/wifi-business (males ngasih live link, silahkan copas dan buka di new tab ya). Pake indihome dan WMS itu sebenarnya hampir sama saja, yang membedakan adalah pelanggan WMS hanya bisa berinternet menggunakan jaringan wifi dan setiap terkoneksi ke wifi harus menuju ke login page dan memasukkan username/password yang udah kita buat. Jadi WMS memang lebih ribet daripada indihome yang tinggal konek dengan memasukkan password saja.

login page

Gambar 1 : Login Page Wifi Managed Services (WMS)

Nah kenapa petugas Indihome Wifi.Id bisa menghapus seluruh data yang tersimpan di Google Account milik aku? Awal mulanya adalah sejak tanggal 24 April 2020, aku gak bisa terkoneksi dengan layanan internet WMS di komputer dan laptop karena halaman login / landing page WMS gak muncul. Udah cari solusi awal yang ada di internet tapi tidak ada yang membuahkan hasil. Hasilnya aku lapor ke twitter @IndiHome dan dapat tiket laporan nomor IN66296253. Sehari berikutnya masalah clear karena aku coba di PC sudah bisa konek dan muncul login page nya.  Tapi ternyata permasalahan gak muncul login page itu hanya bertahan beberapa hari karena pada tanggal 28 April 2020 aku gak bisa menggunakan layanan WMS karena login page gak muncul lagi. Hal ini aku laporkan kembali ke Twitter dengan nomor tiket IN66510825.

Memang agak aneh mengapa hanya di komputer dan laptop yang gak bisa muncul login page, padahal di smartphone semuanya lancar. Pucuk dicinta ulam tiba, itulah yang awalnya aku rasakan setelah istri mendapatkan telepon dari Telkom Indihome kalau akan dijadwalkan petugas datang ke rumah untuk mengecek dan mengatasi kendala login page yang tidak muncul di komputer. Petugas Telkom/Indihome/Wifi.id pun akhirnya datang pada hari Jumat tanggal 1 Mei 2020 dan …….. bencana pun dimulai.

Waktu petugas atau teknisi Telkom/Indihome/Wifi.id (biar gampang nulisnya mari kita sebut mereka TIW) datang, aku udah menjelaskan bahwa permasalahannya adalah login page gak bisa muncul. Kedua teknisi TIW yang datang pun tanya di perangkat mana dan OS nya apakah sudah update. Aku pun menunjukkan komputer dan laptop pribadi yang biasa aku pakai dan yang bermasalah tidak bisa muncul login page kepada petugas teknisi TIW dan menjelaskan juga bahwa kedua device tersebut OS nya windows 10 dan update dua²nya karena memang OS nya original bawaan saat beli jadi bisa auto update.

Petugas TIW pun kemudian masing-masing megang komputer dan laptop aku. Aku pun gak mengawasi secara langsung dan hanya duduk di belakang mereka karena pasti petugas/teknisi TIW itu sudah di training dan yakin gak ceroboh atau sembrono dalam hal melakukan troubleshoot. Setelah kurang lebih 30 menit mereka bekerja, mereka bilang kalau udah bisa muncul login page dan kedua perangkat (komputer dan laptop) sudah terkoneksi dengan internet. Aku pun mencoba dan memang sudah connected dan bisa browsing. Lalu aku minta mereka untuk me-restart kedua perangkat tersebut untuk meyakinkan bahwa nanti gak ada permasalahan gak bisa terhubung ke internet karena login page WMS gak muncul. Setelah restart dan terbukti login page muncul dan masalah solved.

Kedua teknisi TIW itu pun menjelaskan bahwa permasalahan mengapa login page tidak muncul karena kemungkinan ada 2 sebab yaitu:

  1. Login Page WMS terblokir antivirus yang aku pasang di  kedua perangkat milik aku. Aku memang berlangganan dan menggunakan antivirus TotalAV.
  2. Mereka melakukan clear cache pada google chrome yang ada di dua perangkat aku. Inilah kecerobohan petugas TIW yang menyebabkan petugas Indihome Wifi.Id menghapus seluruh data yang tersimpan di Google Account @#!$!@!#$%!@@!$%^.

Ternyata pada poin 2 diatas, kedua teknisi TIW itu tidak hanya menghapus clear cache pada google chrome dengan CTRL+ALT+TAB opsi Basic, tapi malah menggunakan opsi Advanced dan memilih opsi untuk menghapus seluruh data history dan data password aku yang tersimpan di akun google yang aku sinkronkan di Google Chrome yg terpasang di dua perangkat tersebut. Silahkan cek gambar berikut ini dan berikut penjelasannya petugas Indihome Wifi.Id bisa menghapus seluruh data yang tersimpan di Google Account milik aku

Kesotoyan Telkom

Gambar 2 : Kesotoyan Petugas Telkom, Gambar diambil setelah terjadi bencana.

Sebelum aku jelaskan perlu diketahui bahwa Google Chrome di komputer terdapat 3 (tiga) shortcut yaitu Chrome dengan profile guest, chrome dengan profil yang tersinkron dengan akunku dan terakhir chrome dengan profil yang tersinkron dengan akun istriku. Nah sepertinya petugas TIW yang pegang komputer sepertinya membuka chrome profil guest jadi saat dia melakukan advanced clear cache tidak ada data yang terhapus karena memang google chromenya gak sinkron ke akun google manapun.

KESALAHAN FATAL yang dilakukan oleh petugas teknisi TIW yang menggunakan laptop pribadiku, dimana disitu hanya ada chrome dengan profil yang tersinkron dengan akun google milik aku, mereka tidak hanya melakukan prosedur penghapusan cache di chrome yang pada umumnya jadi penyebab suatu permasalahan, TAPI mereka juga malah melakukan penghapusan seluruh  data  dengan memilih opsi penghapusan Passwords and other sign-in data. Padahal seperti gambar diatas, disitu jelas bahwa chrome tersebut sinkron dengan akun Google dan kalau menghapus data di satu perangkat saja (bukan seluruh sync data) adalah dengan melakukan SIGN OUT akun googleku yang tersinkron di Chrome. Dan terjadilah pemusnahan data pribadi milik aku oleh petugas Telkom/Indihome/Wifi.id. Lenyap sudah 8-10 ribu data password yang tersimpan di akun googleku dimana disitu berisi data password yang mendukung pekerjaan, website client, website e-course dan penunjang sehari-hari lainnya. #NangisLemes Kenapa digambar ada 18 passwords yang tersimpan, karena itu gambar diambil setelah terjadi penghapusan data pribadi aku oleh petugas Telkom. Aku udah melakukan penyimpan beberapa password kembali.

Aku sendiri juga yang sering handle kesisteman memang sering menggunakan cara clear cache untuk menghilangkan anomali sistem tapi tidak pernah pilih opsi Advanced pada menu Clear Browsing Data karena takut menghapus data penting pemilik komputer/chrome tersebut. Lebih baik pilih opsi Basic karena memang ang dibutuhkan hanyalah clear cache saja. Sebagai perbandingan, aku ambil data dari chrome profile yang tersinkron akun istriku dan ternyata dia aja udah nyimpen 2.000an data password, lah gimana nasib #AnakSetengahIT kayak aku ini??

Akun Istri

Gambar 3 : Akun Istri

Hingga artikel ini tayang, petugas tersebut sudah aku hubungi melalui WA kan dirinya menjawab bahwa dirinya masih menunggu follow up dari regional. Aku sendiri juga gak tau apa maksudnya, tapi aku berharap seluruh data² pribadiku bisa dikembalikan. Aku sendiri baru baca² dan mempelajari peraturan dan di Permenkominfo nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi apakah kasus ini bisa dikategorikan pencurian data pribadi atau tidak. Atau mungkin teman-teman ada solusi, informasi ataupun hal lainnya yang bisa membantu? Kepada pihak teknisi, Telkom, Indihome, Wifi.id mohon jika dibaca tulisan ini untuk segera ditindaklanjuti. Bayangkan saja kalau anda kehilangan data pribadi yang disebabkan karena dihapus oleh orang lain bagaimana rasanya?!

Sebelum artikel ini ditutup, aku juga mau tanya mengapa Login Page WMS bisa terblokir antivirus yang aku pasang di pc dan laptop (dalam hal ini TotalAV) dan solusi yang digunakan oleh teknisi TIW adalah mendisable fitur WebShield dimana WebShield sendiri merupakan fitur proteksi untuk mengamankan komputer dari malicious website ?!  Apakah memang Login Page WMS diisi oleh malware sehingga saat aku menggunakan TotalAV maka login page WMS gak bisa muncul dan harus di-disable maka login page baru muncul ??! #TanyaKenapa

37 Comments

  1. Maskris 03/05/2020
    • Tomi Purba 03/05/2020
  2. Iwan 03/05/2020
    • Tomi Purba 03/05/2020
  3. Joko Yugiyanto 03/05/2020
    • Tomi Purba 03/05/2020
      • yanpurna 04/05/2020
        • Tomi Purba 06/05/2020
  4. S Sinaga 03/05/2020
    • Tomi Purba 06/05/2020
  5. Priyo 03/05/2020
    • Tomi Purba 06/05/2020
  6. Zam 03/05/2020
    • Tomi Purba 06/05/2020
    • Tomi Purba 05/05/2020
  7. Aaa 03/05/2020
    • Tomi Purba 06/05/2020
    • Tomi Purba 06/05/2020
  8. Jiah 06/05/2020
    • Tomi Purba 06/05/2020
  9. Oky Maulana 06/05/2020
    • Tomi Purba 07/05/2020
  10. mude 06/05/2020
    • Tomi Purba 07/05/2020
  11. Rindang 07/05/2020
  12. Rindang 07/05/2020
  13. Susindra 07/05/2020
  14. lendyagasshi 07/05/2020
    • Tomi Purba 07/05/2020
  15. marfa 07/05/2020
  16. Aryo Seno 17/05/2020
    • Tomi Purba 17/05/2020

Leave a Reply