Petugas Indihome Wifi.Id Hapus Seluruh Data Pribadi Yang Tersimpan di Google Account


-1

Setelah sekian lama tidak update blog ini, akhirnya pada kali ini aku membuat postingan yang berisi tentang kekecewaan, kekesalan sekaligus meminta pertanggungjawaban dari pihak Telkom/Indihome/Wifi.id dimana petugas support (teknisi) yang telah menghapus seluruh data history dan password yang tersimpan di akun Google milik aku. Kok bisa tom?? Mungkin itu yang akan ditanyakan oleh teman-teman semua yang membaca artikel ini. Nah biar jelas, begini cerita dan kronologi kejadian petugas Indihome Wifi.Id menghapus seluruh data yang tersimpan di Google Account milik aku.

Aku merupakan pengguna layanan WiFi Manage Service (WMS) Paket Silver kurang lebih sudah hampir setahun. Yang belum tau WMS mungkin bisa cek tautan ini https://wifi.id/wifi-business (males ngasih live link, silahkan copas dan buka di new tab ya). Pake indihome dan WMS itu sebenarnya hampir sama saja, yang membedakan adalah pelanggan WMS hanya bisa berinternet menggunakan jaringan wifi dan setiap terkoneksi ke wifi harus menuju ke login page dan memasukkan username/password yang udah kita buat. Jadi WMS memang lebih ribet daripada indihome yang tinggal konek dengan memasukkan password saja.

login page
Gambar 1 : Login Page Wifi Managed Services (WMS)

Nah kenapa petugas Indihome Wifi.Id bisa menghapus seluruh data yang tersimpan di Google Account milik aku? Awal mulanya adalah sejak tanggal 24 April 2020, aku gak bisa terkoneksi dengan layanan internet WMS di komputer dan laptop karena halaman login / landing page WMS gak muncul. Udah cari solusi awal yang ada di internet tapi tidak ada yang membuahkan hasil. Hasilnya aku lapor ke twitter @IndiHome dan dapat tiket laporan nomor IN66296253. Sehari berikutnya masalah clear karena aku coba di PC sudah bisa konek dan muncul login page nya.  Tapi ternyata permasalahan gak muncul login page itu hanya bertahan beberapa hari karena pada tanggal 28 April 2020 aku gak bisa menggunakan layanan WMS karena login page gak muncul lagi. Hal ini aku laporkan kembali ke Twitter dengan nomor tiket IN66510825.

Memang agak aneh mengapa hanya di komputer dan laptop yang gak bisa muncul login page, padahal di smartphone semuanya lancar. Pucuk dicinta ulam tiba, itulah yang awalnya aku rasakan setelah istri mendapatkan telepon dari Telkom Indihome kalau akan dijadwalkan petugas datang ke rumah untuk mengecek dan mengatasi kendala login page yang tidak muncul di komputer. Petugas Telkom/Indihome/Wifi.id pun akhirnya datang pada hari Jumat tanggal 1 Mei 2020 dan …….. bencana pun dimulai.

Waktu petugas atau teknisi Telkom/Indihome/Wifi.id (biar gampang nulisnya mari kita sebut mereka TIW) datang, aku udah menjelaskan bahwa permasalahannya adalah login page gak bisa muncul. Kedua teknisi TIW yang datang pun tanya di perangkat mana dan OS nya apakah sudah update. Aku pun menunjukkan komputer dan laptop pribadi yang biasa aku pakai dan yang bermasalah tidak bisa muncul login page kepada petugas teknisi TIW dan menjelaskan juga bahwa kedua device tersebut OS nya windows 10 dan update dua²nya karena memang OS nya original bawaan saat beli jadi bisa auto update.

Petugas TIW pun kemudian masing-masing megang komputer dan laptop aku. Aku pun gak mengawasi secara langsung dan hanya duduk di belakang mereka karena pasti petugas/teknisi TIW itu sudah di training dan yakin gak ceroboh atau sembrono dalam hal melakukan troubleshoot. Setelah kurang lebih 30 menit mereka bekerja, mereka bilang kalau udah bisa muncul login page dan kedua perangkat (komputer dan laptop) sudah terkoneksi dengan internet. Aku pun mencoba dan memang sudah connected dan bisa browsing. Lalu aku minta mereka untuk me-restart kedua perangkat tersebut untuk meyakinkan bahwa nanti gak ada permasalahan gak bisa terhubung ke internet karena login page WMS gak muncul. Setelah restart dan terbukti login page muncul dan masalah solved.

Kedua teknisi TIW itu pun menjelaskan bahwa permasalahan mengapa login page tidak muncul karena kemungkinan ada 2 sebab yaitu:

  1. Login Page WMS terblokir antivirus yang aku pasang di  kedua perangkat milik aku. Aku memang berlangganan dan menggunakan antivirus TotalAV.
  2. Mereka melakukan clear cache pada google chrome yang ada di dua perangkat aku. Inilah kecerobohan petugas TIW yang menyebabkan petugas Indihome Wifi.Id menghapus seluruh data yang tersimpan di Google Account @#!$!@!#$%!@@!$%^.

Ternyata pada poin 2 diatas, kedua teknisi TIW itu tidak hanya menghapus clear cache pada google chrome dengan CTRL+ALT+TAB opsi Basic, tapi malah menggunakan opsi Advanced dan memilih opsi untuk menghapus seluruh data history dan data password aku yang tersimpan di akun google yang aku sinkronkan di Google Chrome yg terpasang di dua perangkat tersebut. Silahkan cek gambar berikut ini dan berikut penjelasannya petugas Indihome Wifi.Id bisa menghapus seluruh data yang tersimpan di Google Account milik aku

Kesotoyan Telkom
Gambar 2 : Kesotoyan Petugas Telkom, Gambar diambil setelah terjadi bencana.

Sebelum aku jelaskan perlu diketahui bahwa Google Chrome di komputer terdapat 3 (tiga) shortcut yaitu Chrome dengan profile guest, chrome dengan profil yang tersinkron dengan akunku dan terakhir chrome dengan profil yang tersinkron dengan akun istriku. Nah sepertinya petugas TIW yang pegang komputer sepertinya membuka chrome profil guest jadi saat dia melakukan advanced clear cache tidak ada data yang terhapus karena memang google chromenya gak sinkron ke akun google manapun.

KESALAHAN FATAL yang dilakukan oleh petugas teknisi TIW yang menggunakan laptop pribadiku, dimana disitu hanya ada chrome dengan profil yang tersinkron dengan akun google milik aku, mereka tidak hanya melakukan prosedur penghapusan cache di chrome yang pada umumnya jadi penyebab suatu permasalahan, TAPI mereka juga malah melakukan penghapusan seluruh  data  dengan memilih opsi penghapusan Passwords and other sign-in data. Padahal seperti gambar diatas, disitu jelas bahwa chrome tersebut sinkron dengan akun Google dan kalau menghapus data di satu perangkat saja (bukan seluruh sync data) adalah dengan melakukan SIGN OUT akun googleku yang tersinkron di Chrome. Dan terjadilah pemusnahan data pribadi milik aku oleh petugas Telkom/Indihome/Wifi.id. Lenyap sudah 8-10 ribu data password yang tersimpan di akun googleku dimana disitu berisi data password yang mendukung pekerjaan, website client, website e-course dan penunjang sehari-hari lainnya. #NangisLemes Kenapa digambar ada 18 passwords yang tersimpan, karena itu gambar diambil setelah terjadi penghapusan data pribadi aku oleh petugas Telkom. Aku udah melakukan penyimpan beberapa password kembali.

Aku sendiri juga yang sering handle kesisteman memang sering menggunakan cara clear cache untuk menghilangkan anomali sistem tapi tidak pernah pilih opsi Advanced pada menu Clear Browsing Data karena takut menghapus data penting pemilik komputer/chrome tersebut. Lebih baik pilih opsi Basic karena memang ang dibutuhkan hanyalah clear cache saja. Sebagai perbandingan, aku ambil data dari chrome profile yang tersinkron akun istriku dan ternyata dia aja udah nyimpen 2.000an data password, lah gimana nasib #AnakSetengahIT kayak aku ini??

Akun Istri
Gambar 3 : Akun Istri

Hingga artikel ini tayang, petugas tersebut sudah aku hubungi melalui WA kan dirinya menjawab bahwa dirinya masih menunggu follow up dari regional. Aku sendiri juga gak tau apa maksudnya, tapi aku berharap seluruh data² pribadiku bisa dikembalikan. Aku sendiri baru baca² dan mempelajari peraturan dan di Permenkominfo nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi apakah kasus ini bisa dikategorikan pencurian data pribadi atau tidak. Atau mungkin teman-teman ada solusi, informasi ataupun hal lainnya yang bisa membantu? Kepada pihak teknisi, Telkom, Indihome, Wifi.id mohon jika dibaca tulisan ini untuk segera ditindaklanjuti. Bayangkan saja kalau anda kehilangan data pribadi yang disebabkan karena dihapus oleh orang lain bagaimana rasanya?!

Sebelum artikel ini ditutup, aku juga mau tanya mengapa Login Page WMS bisa terblokir antivirus yang aku pasang di pc dan laptop (dalam hal ini TotalAV) dan solusi yang digunakan oleh teknisi TIW adalah mendisable fitur WebShield dimana WebShield sendiri merupakan fitur proteksi untuk mengamankan komputer dari malicious website ?!  Apakah memang Login Page WMS diisi oleh malware sehingga saat aku menggunakan TotalAV maka login page WMS gak bisa muncul dan harus di-disable maka login page baru muncul ??! #TanyaKenapa

0 0 vote
Article Rating

Like it? Share with your friends!

-1
Tomi Purba

Verba Volant, Scripta Manent! Jadilah sejarah dalam kehidupanmu masing-masing.
37 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Maskris
2 months ago

Semoga segera pulih om.. ini aku yo jeh mangkel sama indihome yang kesannya kurang profesional. Mau pasang indihome, giliran minta bayar deposit cepet, giliran suruh balikin uang deposit malah lama bgt. Padahal indihomeny gagal dipasang di rumah karena ga dpt ODP.. pedih..

Iwan
2 months ago

Wih, ngeri om. Untungnya aku ga percaya begitu aja dengan teknisi ISP. Biasanya aku yang pegang kendali, mereka yg kuminta memandu aku harus ngapain. Takutnya kejadian kek gini. Anyway, kalau mau ngetes simulasi cache yang clear, pake incognito itu sebenarnya bisa. Atau buat profil baru. Jadi emang teknisinya sembrono atau tidak ditraining dengan baik.

Joko Yugiyanto
Joko Yugiyanto
2 months ago

G tau hrs bilang apa karena sy pun yakin database itu harta Karun yg terus bisa di gunakan untuk pekerjaan kita.

yanpurna
yanpurna
2 months ago
Reply to  Tomi Purba

Data cloud rata2 bisa dieksport ke hard drive, baik itu berupa file ataupun konfigurasi. Password2 yg tersimpan / tersinkron di akun google pun bisa dieksport.
Coba hubungi pihak google juga terkait pemulihan akun dan data yg tersimpan sebelumnya apakah bisa dikembalikan seperti sedia kala. Semoga bisa menjadi pelajaran kedepannya, dan mendapatkan solusi yg terbaik.

S Sinaga
2 months ago

Sebenarnya dari penjelasan diatas, yang dihapus hanya browsing history aja. Kalau dikatakan itu data pribadi, bisa benar dan bisa juga salah, tapi sebenarnya bisa dikembalikan jika masih ingat password yg tersimpan di browsing history. Dan Kalaupun tidak ingat, masih bisa dengan reset password di beberapa website, e-course, dll. Browsing history ini hanya fitur yg memudahkan pengguna untuk menyimpan informasi, salah satunya password untuk website dan lainnya. Kalau saya sendiri, tidak menyimpan password di browsing history karena lebih beresiko. Tapi semuanya saya simpan di ingatan, dan selalu re-input password jika akan login kebeberapa website. Ini memang kesalahan petugas telkom, tapi semuanya… Read more »

Priyo
2 months ago

Nek Iki jelas faktor teknisine om, kulino nganggep user e gaptek n trima2 gitu aja, maine auto kill

Zam
Zam
2 months ago

waduh.. kurang ajar bener itu petugas main hapus saja 🙁 terus gimana, mas? semoga bisa balik datanya..

Christanty Putri Arty
2 months ago

Semoga dapat solusi tepat yang bisa mengembalikan situasi yang merugikan konsumen .terima kasih ya Mas Tomi sudah mau berbagi pengalaman yg kurang menyenangkan oleh Public service (TIW) tadi.

Aaa
Aaa
2 months ago

Smoga bisa balik datanya. Tapi aq yakin, teknisinya ga niat nyuri kok, cuma kurang ahli aja. Btw, kok ga log out dulu dari google sebelum dipegang teknisi ?

Fandhy Achmad Romadhon
2 months ago

Semoga lekas pulih data data pribadinya bang, saya tidak bisa berkomentar lebih jauh, karena saya paham betapa ruwetnya urusan kalau data data pribadi terhapus, apalagi kalau yang menghapus itu orang lain. Untuk memulihkan lagi sukar dan ribet untuk dilakukan.

Jiah
2 months ago

Aku gak pengalaman soal ginian tapi nyesek banget itu kalau data yang tersimpan dihapus. Akupun banyak nyimpan password di Chrome. Kalau ilang, ya bingung juga nanti gimana. Semoga segera bisa pulih kembali

Oky Maulana
2 months ago

Aku waktu itu cuma sebulan aja mas pakai Indihome, abis nya kurang sreg sama pelayanannya hhuhuhuh sekarang aku udah menemukan provider yang lebih bener wkwkw

mude
2 months ago

Baca cerita Mas Tomi sambil ikut kecewa, gak kebyang ribuan password ilang gitu aja. Semoga segera ada solusi yang terbaik ya Mas, ini jadi pelajaran buat aku juga harus hati2 saat clear cache di perangkat mana pun.

Rindang
2 months ago

Wah, fatal banget ya kasusnya. Aku kehilangan foto saja dari galeri hp langsung mewek. Apalagi seluruh password termasuk utk kerjaan. Semoga pihak yg terkait daat segera memulihkan data2 yg terhapus tsb.

Rindang
2 months ago

Wah, fatal banget ya kasusnya. Aku kehilangan foto saja dari galeri hp langsung mewek. Apalagi seluruh password termasuk utk kerjaan. Semoga pihak yg terkait daat segera memulihkan data2 yg terhapus tsb.

Susindra
2 months ago

Baca kronologisnya dengan perasaan ngeri-ngeri sedap. Itu kalau saya sudah blank nggak tahu mau buka apa lagi.
Semoga segera ada solusi yang baik, Mas.

lendyagasshi
2 months ago

Apa teknisi Indihome ini gak punya panduan untuk memperbaiki suatu masalah?
Kenapa jadi malah menyusahkan, huhu…ikutan KZL.

marfa
2 months ago

ribuan password kalau dipulihkan manual satu2 juga susah ya kak, ini harusnya lebih teliti karena sebelum clear advanced ada tulisan jumlah2nya. semoga bisa diatasi dan kembali lagi ya kak, aset soalnya

Aryo Seno
1 month ago

WMS memang banyak masalah mas di login page. aku biasa akali beli mikrotik murah + access point terus koneksi ke seamless. beli account seamless pakai indihome account punya temen. sedikit mengurangi masalah login page mas. Saya masih pakai karena tanpa FUP saja, kalau diterapkan FUP mungkin tak copot dar lama hehehe

37
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x