Tips Memilih Web Hosting Terbaik Indonesia

Tips Memilih Web Hosting Terbaik Indonesia

Aku pertama kali nge-blog sekitar tahun 2008 dan di tahun itu pilihan untuk membangun sebuah blog/website pribadi sangatlah terbatas. Ingin menggunakan layanan pihak ketiga gratisan seperti multiply, geocities, wordpress.com atau mau menggunakan wordpress self host namun harus mengeluarkan biaya untuk pembelian hosting dan domain. Setelah melalui banyak pertimbangan akhirnya aku memilih untuk membangun blog menggunakan domain dan hosting sendiri. Pilihan domain tomipurba.net dan web hosting terbaik Indonesia menjadi pilihanku saat itu dan blog tersebut juga masih aktif saat ini selain blog ini sendiri yang menggunakan domain tomi.co.id 😊

Setelah hampir 13 tahun berkelana di dunia blogger dan juga internet marketing, aku semakin menyadari bahwa hosting merupakan salah satu hal paling penting yang harus diperhatikan. Mengapa demikian? Karena hosting itu ibaratnya seperti rumah kita sendiri. Kita harus memilih, membangun dan menjaga rumah sendiri agar aman, nyaman dan tidak ada maling yang bisa masuk ke dalam rumah kita dan mencuri barang-barang di dalam rumah kita. Nah untuk itu, pada postingan kali ini aku ingin membagikan Tips Memilih Web Hosting Terbaik Indonesia agar bisa digunakan sebagai referensi teman-teman. Yuks kita mulai ya

FAKTOR TEKNIS SERVER HOSTING

  1. VPS / Shared Hosting

Untuk membangun sebuah blog kita harus memikirkan seberapa besar potensi pengunjung blog kita nantinya. Untuk awalan, sebaiknya pilihlah shared hosting alias hosting bersamaan dengan pengguna lainnya.  Kenapa pilih shared hosting? Karena harga pasti lebih murah daripada Virtual Private Server (VPS). Tapi jika kalian sudah yakin bahwa nanti pengunjung blog kalian ribuan per harinya, maka pilihan bisa menggunakan VPS saja.

  1. Security Tingkat Tinggi

Untuk melindungi blog kita dari serangan hacker / cracker maka kita perlu mempertimbangkan faktor sekuritas yang ditawarkan oleh penyedia hosting. Untuk saat ini, beberapa penyedia hosting sudah memasukkan fitur Imunify360 di hostingnya. Jadi kalau beli hosting, pastikan ada fitur tersebut ya.

  1. Kapasitas dan Jenis Storage

Dalam memilih hosting, kita harus memperhatikan juga faktor kapasitas dan jenis storage yang akan digunakan. Kalau aku pribadi selalu mencari hosting dengan minimal storage 10 GB dan juga jenisnya sudah Solid Sata Drive (SSD) karena percuma jika kita mendapatkan space 500GB tapi jenis HDD karena performa read / write tidak akan secepat dan semaksimal SSD.

  1. Bandwidth & Performance CPU

Jika kita menggunakan shared hosting, maka kita perlu memperhatikan bandwith hosting yang diberikan kepada kita. Jangan sampai baru 2 minggu, eh bandwith sudah habis dan blog kita tidak bisa dibuka lagi, sangat menyedihkan. Mulai 3-5 tahun belakangan, beberapa hoster sudah menyediakan unmetered bandwidth jadi kalian tinggal melihat RAM nya aja.

  1. Lokasi Server

Lokasi server sangatlah penting bagi blog kita. Jika target pembaca kita adalah orang Indonesia, maka sebaiknya gunakan hosting yang lokasi servernya di Indonesia maupun Singapura. Mengapa demikian? Karena pengunjung blog yang berasal dari Indonesia akan mudah dan cepat aksesnya ke blog yang disimpan di server Indonesia. Jika menggunakan server US, pilihlah location di Los Angeles yang biasanya ping nya lebih cepat dan stabil ke Indonesia.

FAKTOR HARGA

  1. Tidak Ada Biaya Setup / Hidden Fee

Ini biasanya sering terjadi bagi blogger yang baru pertama kali menggunakan hosting untuk blognya. Mereka tergiur dengan biaya hosting yang murah, padahal nantinya akan ada biaya-biaya tambahan yang muncul seperti biaya setup blog, biaya cPanel, biaya addon domain, biaya dns management, dll. Pastikan tidak ada biaya tambahan dan semua fitur-fitur sudah include didapatkan saat pembelian pertama hosting.

  1. Gratis Domain

Fitur gratis Domain ini sangat bermanfaat bagi kita jika ingin membeli hosting sehingga kita tidak perlu lagi bingung memperpanjang domain karena gratis domain ini akan membuat domain kita selalu aktif dan akan diperpanjang otomatis saat kita memperpanjang hosting yang dibeli.

  1. Biaya Perpanjangan Transparan

Ini juga salah satu tips memilih hosting yang wajib diperhatikan teman-teman semua. Jangan sampai tergiur harga hosting murah tapi saat perpanjangan, harganya bisa 10x lipat. Pastikan di invoice saat pembelian, tertera juga juga harga renewal yang harus kita bayarkan saat perpanjangan tahun berikutnya.

FAKTOR SUPPORT & ADDONS

  1. BackUp Data

Untuk menjamin bahwa data-data yang kita simpan di hosting nantinya selalu aman saat terjadi gangguan atau hal-hal yang tidak diinginkan, maka pilihlah hosting yang memiliki fitur back up data mingguan atau bulanan. Fitur ini sangat bermanfaat saat misalnya data center hoster terjadi gangguan / kejadian force major.

  1. Customer Support 24 Jam

Untuk memudahkan kita mengadu / menanyakan suatu hal jika ada permasalahan, maka sebaiknya kita memilih hosting yang memiliki customer support yang selalu ready 24 jam atau seminimal mungkin fast response dalam menangani ticket/whatsapp/email yang kita kirimkan.

  1. Free SSL

Google dan perusahaan sekuritas besar selalu mewajibkan sebuah website/blog harus sudah dilengkapi dengan seritifikat sekuritas. Hal ini ditandai dengan adanya adanya huruf S yaitu https saat membuka blog kita. Oleh karena itu pilihlah hosting yang menyediakan fasilitas gratis SSL agar tidak perlu membeli lagi SSL untuk blog kita.

  1. Cpanel / Plesk

Untuk memudahkan kita mengatur hosting kita maka aku sendiri selalu memlih hosting yang sudah include dengan fasilitas cPanel ataupun Plesk. Kedua tools ini berfungsi untuk mengatur segala sesuai mengenai hosting kita mulai dari file manager, phpMyAdmin hingga untuk setting satu hal lainnya.

  1. Garansi

Rata-rata hampir semua penyedia hosting sudah mengikutsertakan fasilitas garansi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah disediakan. Untuk itu pelajarilah walaupun sekilas agar kita bisa meminta ganti rugi jika kita tidak puas dengan layanan yang diberikan oleh penyedia hosting.

  1. Knowledgebase

Ini sih sebenarnya tidak terlalu penting, tapi untuk menambah keyakinan kita dalam memilih web hosting terbaik Indonesia, aku selalu melihat apakah hosting tersebut memiliki database informasi dan pengetahuan seputar hosting. Ini sangat bermanfaat sekali jika kita mengalami kendala sehingga kita bisa baca-baca informasi atau petunjuk teknis dalam mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi

  1. Brand Hosting

Brand / Nama dibalik sebuah kepemilikan hosting itu juga perlu kita perhatikan. Jika pemilik dan penyedia hosting tersebut sudah memiliki brand / nama besar maka kita semakin percaya bahwa layanan yang diberikan pasti akan bagus dan sesuai dengan apa yang ditawarkan dan ditampilkan di websitenya. Jangan sampai membeli kucing dalam karung ya hihi..

Nah itu dia Tips Memilih Web Hosting Terbaik Indonesia yang bisa dimanfaatkan oleh teman-teman sekalian sebelum memilih dan membeli hosting untuk blog ataupun website kalian. Jika bermanfaat, jangan lupa dibagikan melalui media sosial kalian juga ya 😊

Leave a Reply