HomePersonal

​Cara Menghasilkan Uang dari Blog (Part 1)

​Cara Menghasilkan Uang dari Blog (Part 1)
Like Tweet Pin it Share Share Email

Kedengerannya mudah menghasilkan uang dari blog, tapi jika tidak tahu caranya dan tidak bekerja keras maka akan sulit untuk menghasilkan. Blog wajib kita pelihara dan harus rajin meng-update konten di blog. Kita harus merencanakan sejak awal tujuan dari blog yang kita buat. Dengan adanya tujuan membuat blog yang jelas akan membuat teman² fokus blogging dan memonetize blog tersebut.

Banyak orang yang ngeblog hanya untuk ikut-ikutan atau iseng saja, seiring waktu nanti akan terlihat, yang aktif dan pasif. Blog yang aktif tentu saja banyak diminati oleh pengunjung dan hal ini berarti potensi untuk menghasilkan uang dari blog terbuka lebar. Berikut beberapa cara menghasilkan uang dari blog : 

1. Komisi Affiliate Marketing

Bergabung dalam sebuah program affiliasi adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog. Ada orang yang tidak mau repot-repot membuat produk sendiri. Tidak mau repot urusan pembayaran, repot buat produk, dll. Affiliate Marketing bisa jadi alternatif yang menarik untuk mendatangkan uang dari blog. Kita tinggal memilih produk affiliate untuk dijual lalu kita mempromosikan produk tersebut. Ketika ada pengunjung yang membeli dari link yang kita berikan maka kita akan mendapatkan komisi affiliate marketing sekian persen dari harga produk.

Yang perlu diperhatikan bahwa program affiliasi yang kita ikuti sebaiknya sesuai dengan topik blog kita. Misalnya sebuah blog topiknya tentang internet marketing, maka program affiliasi yang kita ikuti harus berhubungan dengan niche tersebut.
Ada 2 cara kita bisa mulai mempromosikan produk afiliasi. Pertama, dengan bergabung dalam Affiliate Network. Kedua, dengan cara mencari langsung program afiliasi individu yang ada. Berikut ini beberapa contoh affiliate network yang populer:

  • Amazon – produk fisik
  • Clickbank – produk digital
  • WarriorPlus, JVZoo – produk internet marketing
  • ShareASale – berbagai produk dan layanan
  • CJ – berbagai produk dan layanan
  • Rakuten Linkshare – berbagai produk dan layanan
  • Envato – produk untuk web developer dan desain grafis

Produk afiliasi yang bagus dan dipromosikan dengan benar akan mendapatkan conversion rate yang tinggi. Keunggulan mempromosikan produk affiliate melalui blog dibandingkan dengan memasang iklan adalah tidak merusak tampilan website dan komisi yang kita dapatkan jauh lebih tinggi. 

2.     Menawarkan Ruang Iklan di Blog (Direct Advertising)

Direct Advertising adalah metode dimana kita menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog kita. Kelebihan metode ini adalah penghasilan blog bisa jauh lebih tinggi karena iklan yang terpasang di blog tidak melalui perantara pihak ketiga.

Blog yang menghasilkan uang pastilah blog dengan traffik yang tinggi. Traffik yang tinggi tentu saja menarik minat banyak pengiklan. Kita bisa menyiapkan ruang/spot untuk pemasangan iklan di blog milik kita. Kita bisa menyewakannya secara bulanan. Kita bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dari spot iklan yang disewakan. 

Tentu saja kita harus pintar-pintar memilih produk iklan yang akan dipasang di blog. Pilihlah produk yang sesuai dengan topik blog kita atau yang berkaitan dengan konten blog. Jika blog yang kita buat tentang internet marketing maka pilih produk yang berkaitan dengan niche tersebut. 

Hindari iklan yang bertentangan dengan niche blog kita karena akan membingungkan pengunjung. Jangan sampai iklan yang kita pasang dianggap mengganggu dan membingungkan dan justru mengurangi kunjungan visitor blog kita. 

3.     Memasarkan Jasa atau Produk Sendiri

Blog juga bisa menjadi sarana peluang bisnis. Kita bisa membuat blog yang sesuai dengan hobi misalnya membuat ulasan yang menarik tentang hobi yang dilakukan. Sebagai contoh misalnya kita memiliki hobi memasak, kita bisa posting konten berupa resep-resep masakan yang dipraktekkan, semakin blog kita diminati orang semakin besar peluang yang didapatkan. Bisa jadi kita akan melayani pemesanan makanan yang dibuat dan akhirnya bisa membuka catering. 

Jika kalian hobi menulis dan tertarik dengan internet marketing, kalian bisa mulai membuat e-book dan video tutorial yang bisa dibagikan secara gratis, selanjutnya bisa juga dapat membuat e-book dan video tutorial yang berkualitas sehingga bisa dijual dan memberi income buat kita. Semakin rajin membuat konten yang berkualitas, menarik dan bermanfaat semakin besar orang yang berminat terhadap produk kita. Dan tidak menutup kemungkinan akhirnya malah dapat menerbitkan buku karya sendiri. 

Selain produk, kita juga dapat menawarkan pelayanan jasa di blog. Misalnya kalian memiliki keahlian khusus seperti : membuat website, menulis artikel, desain grafis, dll.

Comments (21)

  • Mau donk diajari cara supaya visitor tinggi. Hikz visitornya dikit nich

    Reply
  • Alhamdulilah blogku lumayan menghasilkan uang. Tapi kalo ruang iklan masih belum nyoba nih.

    Reply
  • Menarik banget yang pertama “Affiliate Marketing” buat aku. Secara aku orangnya gak mau repot dan pengen tinggal jadi :”) Coba praktikkin ah.

    Reply
  • Tipe pertama menarik banget buat aku. Secara aku tipe orang yang gak mau ribet. Ehe. Dicoba ah Affiliate marketingnya.

    Reply
  • Blog Saya pernah bergabung dengan affiliate marketing, dan entah kenapa, karena progres yang stagnan dan tak memberi hasil yg memuaskan, saya memutuskan berhenti dan beralih sasaran, lebih mengincar ke sponsor lokal dan konvensional. Macam review, ataupun penempelan banner di blog.

    Kalau google adsense, entah kenapa sampai sekarang, saya ditolak mulu. Dan bikin malas utk mengurusinya lagi.

    Ya sebenarnya, menghasilkan uang dari blog itu gampang gampang sulit. Akan terasa gampang ketika sudah ketemu alurnya, dan akan terasa sulit jika belum ketemu jalannya. Dan rasanya, jalan saya itu belum ketemu

    Reply
  • Maaf nambahi bos,,, PPC…

    Reply
  • Yang pertama, aku males mikir gimana caranya. Udah pernah daftar Lazada Affiliate, tpi dasarnya aku males aja sii jdi smpe skrg enggak pernah kepasang. -___-
    Yang kedua, pernah dapet tawaran bbrp kali via email, tapi enggak pernah tertarik dgn nominal CPA-nya. 🙁
    Yang ketiga, aku nggak punya produk hasil karya yg bisa dijual. :))

    Tapi puji syukur, rejeki dari blog selalu ada tiap bulan. Mungkin rejekiku bukan kayak blogger2 lain yg sering menang lomba (gimana mau menang, ikut aja jarang :)))) Tapi tiap bulan selalu ada pemasukan hore2 dari blog. Mayan, ada bisa buat jajan pulsa, nraktir keluarga, bayar spp anak, atau beli kamera.

    Reply
  • Kok aku sampe skrg ga terlalu tertarik affiliate marketing ya. Soalnya ya itu, br dpt uang kl terjadi transaksi haha.

    Ngomong2 iklan, kok blogmu ga dipasangin iklan, Tom? 😀

    Reply
  • Banyak sekali penghasilan yang bisa didapatkan dari ngeblog ya…
    Terus terang saya belum mempraktekkan satu pun dari ketiga cara yang sudah diuraikan oleh Mas Tomi.
    Caranya ribet, gak, sih, untuk ikut ketiga cara tersebut? Soalnya saya mah gaptek soal setting menyeting di blog hihihi….

    Reply
  • Banyak sekali cara untuk menghasilkan uang dari blog. Tapi sekarang, masalahnya visitor dalam dua bulan terakhir, apa yang harus dilakukan nih kak?

    Reply
  • Ada beberapa pilihan cara mendapatkan uang dari blog. Tinggal kita memilih dan pastinya meningkatkan jumlah visitor juga.

    Reply
  • Wah masih part satu banget, ya. Untuk yang part satu ini aku belom nyenggol satupun dari ketiga poin yang ditawarkan. Haha. Rasa-rasanya yang ketiga itu menarik. Bikin merchandise dari karakter blog sendiri. Ditunggu part selanjutnya, Om.

    Reply
  • pernah nyoba-nyoba affiliatenya mataharimall.com cuma yaah mungkin karena daku memang nggak paham tips n triknya jadi ya nggak menghasilkan apa-apa hahahhahaa..

    Reply
  • Nomor satu pernah coba, tapi ngerasa gak sreg gitu. Yaudah akhirnya fokusin ke content placement sama sponsored post. Itu beda kan ya sama yang nomor dua? Aku nangkapnya yang nomor dua itu semacam pasang banner gitu. Iya gak sih? Hahaha nomor tiga tuh yang patut dicoba!

    Reply
  • Aku sampe saat ini blog hanya untuk hahaha-hihihi, belum serius jadi objek cari uang. Kalau ada ya udah alhamdulillah, kalau enggak ya udah belum rezeki. Ketiga cara di atas belum pernah saya coba, mungkin nanti akan saya coba segera. Lumayan buat beli susu anak. 🙂

    Reply
  • Tantangan terberat adalah memasarkan blog sendiri. Apalagi belum tentu blog kita diterima oleh klien atau sebagainya. Yang paling aman sih bermain affiliate karena, setiap yg klik iklan dan berbelanja kita akan mendapatkan komisi yang lumayan

    Reply
  • Menarik mas, aku juga kerja keras buat narik visitor biar rajin berkunjung nih siapa tau dgn pv yang bertambah rejekinya bertambah juga. Aku blm pernah ikut affiliate, blm ngerti soalnya

    Reply
  • banyak cara ya biar bisa dapet uang dr blog,
    cuma yang aku fokusin sekarang content placement sama job review, abis aku ga gitu paham prakteknya yang di atas, huhuu
    perlu ketemu nih, biar bisa privat langsung

    Reply
  • Mungkin karena memiliki pekerjaan offline yang luamyan menyita waktu, aku belum tertarik untuk memfokuskan diri utk menghasilkan uang dari blog. Ya, selama ini blog masih menjadi ruang utk menyalurkan hobi. Syukur klo ada yg ngasih job klo ga ya ga masalah juga

    Reply
  • intinya sh konsisten 🙂 dan semangat 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this:
IBX59AD55EDE6997