Cobain ROG Zephyrus G16, ROG Zephyrus G16 G14, dan TUF A16

Cobain Langsung Laptop Gaming ROG Zephyrus G16, ROG Zephyrus G16 G14, dan TUF A15 di Event ASUS ROG Blogger Gathering

Rabu, 20 Maret 2024 kemarin aku berkesempatan untuk mengikuti event ASUS ROG Blogger Gathering Yogyakarta yang diadakan di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center. Sebagai salah satu pengguna Laptop ASUS (saat ini aku menggunakan Laptop Gaming ASUS TUF F15) aku sudah berpikir sebelum tiba di lokasi bahwa acara ROG Blogger Gathering nanti pasti akan ada informasi produk ROG yang akan dilaunching jadi bisa langsung coba dan icip-icip laptop gamingnya.

Setiba di lokasi ROG Blogger Gathering, ASUS menghadirkan tiga laptop gaming portabel yang menawan yaitu ROG Zephyrus G16, ROG Zephyrus G14, dan TUF A15. Enggak cuma brosur, tapi ASUS juga menghadirkan tiga laptop gaming tersebut sehingga aku dan teman-teman blogger Jogja lainnya dapat mencoba langsung. Ketiga laptop gaming tersebut  menawarkan performa gaming mumpuni dalam desain yang ramping dan ringan.

ASUS ROG BLOGGER GATHERING

Perkenalan

Laptop AI Gaming

Perlu diketahui oleh teman-teman bahwa ketiga laptop terbaru dari ASUS ini memiliki kesamaan yaitu Laptop Gaming Pertama di Indonesia yang telah dilengkapi dengan AI alias Artificial Intelligence. Perlu diketahui sebelumnya bahwa di setiap komputer atau laptop pasti ada CPU dan GPU. Sedangkan di teknologi baru laptop ASUS ini ada NPU, singkatan dari Neural Processing Unit. NPU itu berfungsi untuk menjalankan program atau coding berbasis AI.

Selain sudah dilengkapi dengan AI, salah satu laptop terbarunya yaitu ASUS ROG Zephyrus G14 saat ini merupakan laptop gaming paling ringan dan tipis di dunia. Ini pastinya sangat menarik karena dibalik kompleksitas sebuah laptop gaming, ROG Zephyrus G14 memberikan dimensi yang tipis dan ringan. Jadi gak akan ada lagi keluhan bahwa laptop gaming tidak bisa dibawa kemana-mana karena alasan berat. Nah daripada kelamaan, yuk mari kita bahas dan ulas masing-masing spesifikasi teknis dari 3 laptop terbaru dari ASUS yaitu ROG Zephyrus G16, ROG Zephyrus dan TUF A15.

Desain dan Layar

  • ROG Zephyrus G16. Laptop gaming ini memiliki layar OLED berteknologi VRR berukuran 16 inci WQHD (2560×1600) dengan refresh rate 165Hz. Teknologi VRR memungkinkan penggunanya bermain game yang mulus tanpa gangguan tearing atau stuttering. ROG Zephyrus G16 bisa dikatakan sebagai pelopor laptop gaming tipis dan ringan karena memiliki desain bodi dengan bobot hanya 1,85 kg dan tebalnya hanya 1,49 cm. Desain ROG Zephyrus G16 juga memiliki desain premium dengan sasis magnesium-aluminium dan AniMe Matrix LED di bagian belakang. Layar ROG Zephyrus G16 juga telah dilindungi dengan Corning Glass sehingga dijamin aman dari benturan.
  • ROG Zephyrus G14. Hampir sama dengan ROG Zephyrus G16 dimana memiliki layar OLED berteknologi VRR, hanya saja ukuran layar ROG Zephyrus G14 adalah 14 inci WQHD (2560×1600) dengan refresh rate 120Hz. ROG Zephyrus G14 merupakan laptop gaming tertipis dan teringan di dunia saat ini karena hanya memiliki bobot hanya 1,5 kg dan ketebalan 1,59 cm. Dengan berat dan ketebalan tersebut, bahkan laptop mainstream pun masih kalah ringan dan kalah tips daripada ROG Zephyrus G14.
  • TUF A15: Dilengkapi dengan layar berukuran 16 inci FHD (1920×1080) dengan refresh rate 144Hz, kelebihan dari Asus TUF A15 terletak dari desain lebih tangguh karena telah body laptop gaming ini mendapatkan sertifikasi los uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). Sertifikasi tersebut membuktikan bahwa TUF Gaming A15 memiliki desain bodi yang lebih tanggguh sehingga penggunanya dapat lebih tenang saat membawa AI gaming laptop ini bepergian. Asus TUF A15 belum dilengkapi fitur VRR (variable refresh rate) melalui NVIDIA G-SYNC seperti ROG Zephyrus G16 dan ROG Zephyrus G14.

Performa

  • ROG Zephyrus G16. Selain AI Gaming Laptop, ROG Zephyrus G16 dalah salah satu laptop gaming pertama di Indonesia yang ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra 9  185H dan Intel AI Boost NPU, sebuah fitur yang mengkombinasikan CPU, GPU, dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI. Prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang menjadi komponen inti ROG Zephyrus G16 merupakan seri prosesor paling terbaru yang dibangun menggunakan arsitektur Intel 4 untuk CPU-nya dan ARC untuk GPU terintegrasinya. ROG Zephyrus G16 dibekali dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4080 yang dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk memproses grafis di dalam game, tetapi juga mengakselerasi pemrosesan encoding dan rendering pada aplikasi kreatif hingga mendukung untuk eksperimentasi AI. Tempat penyimpanan ROG Zephyrus G16 sebesar 2 TB dan memory up to 32 GB DDR5.
  • ROG Zephyrus G14. Berbeda sedikit dengan ROG Zephyrus G16, ROG Zephyrus G14 dibekali AMD Ryzen™ 9 8945H dengan Ryzen AI serta grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 4060. Untuk media penyimpanan, ROG Zephyrus G14 dilengkapi dengan SSD kapasitas 1 TB dan RAM 32 GB DDR5.
  • TUF A15. Memiliki AMD Ryzen™ 8040 yang telah dibekali oleh Ryzen AI, fitur yang mengkombinasikan CPU, GPU, dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI. dan NVIDIA® GeForce RTX™ 4060. AI gaming laptop ini juga dibekali dengan memori DDR5 5600 berkapasitas 16GB, serta penyimpananan PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1TB. Sebagai catatan, memori dan penyimpanan di AI gaming laptop ini masih bisa di-upgrade sehingga memberikan ruang kepada para penggunanya untuk meningkatkan performa.

Fitur

  • ROG Zephyrus G16 & ROG Zephyrus G14. Kedua laptop ini bisa dikatakan ‘kakak dan adik’ sehingga memiliki fitur-fitur yang sama. Salah satunya adalah kedua ROG Zephyrus ini memiliki fitur pendinginan AAS Plus 2.0 dengan kipas Arc Flow Fans dan heatsink yang besar. Laptop ini juga dilengkapi dengan Dolby Atmos® untuk audio yang imersif. ROG Zephyrus G16 dan ROG Zephyrus G14 juga kini tampil lebih modern dengan hadirnya fitur Slash Lighting, lampu LED indikator eksklusif yang berada di balik layar laptop gaming ini. Slash Lighting dapat dikustomasi untuk menampilkan pola tertentu lewat aplikasi Armoury Crate yang sudah terpasang di ROG Zephyrus. Slash Lighting membuat AI gaming laptop ini tampil unik sekaligus lebih modern.
  • TUF A15. Memiliki sistem pendinginan yang kuat dengan 4 exhaust vents dan Arc Flow Fans dan telah dilengkapi dengan Dust Filter sehingga laptop dapat melakukan self cleaning. Laptop ini juga memiliki audio Dolby Atmos untuk pengalaman gaming yang lebih realistis. TUF A15 juga memiliki banyak port I/O yang jarang digunakan laptop mainstream seperti USB 3.2, HDMI 2.1, Thunderbolt 4, USB Type C dengan Power Delivery dan Audio Combo Jack.

Baterai

  • ROG Zephyrus G16. Memiliki baterai 90Wh yang mampu bertahan hingga 10 jam dalam penggunaan normal.
  • ROG Zephyrus G14. Baterainya 76Wh dengan daya tahan hingga 10 jam dalam penggunaan normal.
  • TUF A15: Memiliki baterai 90Wh yang mampu bertahan hingga 12 jam dalam penggunaan normal.

Harga

Harga ASUS TUF GAMING G16

  • ROG Zephyrus G16. Untuk harga ROG Zephyrus G16 dimulai dari Rp.32.999.000. Harga bisa berbeda-beda tergantung jenis prosesor, gpu, ram dan storage.
  • ROG Zephyrus G14. Untuk harga ROG Zephyrus G14 dimulai dari Rp.29.999.000. Harga bisa berbeda-beda tergantung jenis prosesor, gpu, ram dan storage.
  • TUF A15. Untuk harga ASUS TUF A15 dimulai dari Rp.23.999.000. Harga bisa berbeda-beda tergantung jenis prosesor, gpu, ram dan storage. Untuk pengguna laptop yang menginginkan prosesor intel, TUF juga menyediakan ASUS TUF F16 dengan harga mulai Rp. 21.999.000.

Harga ASUS TUF GAMING A15

Kesimpulan

Nah bagi teman-teman yang masih bingung memilih laptop gaming AI mana yang akan dipilih, simak beberapa kesimpulan dari setiap laptop berikut ini.

  • ROG Zephyrus G16. Pilihan ideal bagi gamer hardcore yang menginginkan laptop gaming portabel dengan performa terbaik. ROG Zephyrus G16 cocok banget pokoknya buat gamers sejati.
  • ROG Zephyrus G14. Pilihan ideal bagi gamer dan pengguna kreatif yang menginginkan laptop ringkas dan powerful. Ini cocok bagi pekerja content creator tapi juga suka main game. Cocok banget karena ringan dibawa kemana saja tapi performa handal.
  • TUF A15. Pilihan terbaik bagi gamer kasual yang mencari laptop gaming tangguh dengan harga terjangkau. Ini bisa dipilih oleh eksekutif muda yang sering bepergian keluar kota karena laptop ini tangguh dan telah mendapatkan sertifikasi military grade. Jadi aman dari senggolan ataupun guncangan.

Tips Memilih Laptop Gaming

Dalam menentukan pilihan untuk membeli laptop mana yang kalian butuhkan, mungkin berikut ini beberapa tips dalam memilih laptop gaming impian kalian.

  • Pertimbangkan kebutuhan Anda: Apakah Anda gamer hardcore, gamer kasual, atau pengguna kreatif?
  • Perhatikan budget Anda: Ketiga laptop ini memiliki harga yang berbeda-beda.
  • Bandingkan spesifikasi dan fitur: Perhatikan CPU, GPU, RAM, penyimpanan, layar, dan fitur lainnya.
  • Jangan menjadi kaum mendang-mending. Pokok e gasss kalau udah senang dan cocok.

Informasi tambahan

  • Kunjungi situs web ASUS untuk informasi lebih lanjut tentang ROG Zephyrus G16, G14, dan TUF A15 disini: https://rog.asus.com/us/

Leave a Reply