HomeBlog

Kunci Utama Menghasilkan Uang Melalui Blog 

Kunci Utama Menghasilkan Uang Melalui Blog 
Like Tweet Pin it Share Share Email

Teman-teman sekalian pasti sudah sering mendengar kalimat “Blog bisa menghasilkan duit” Ya, yang kalian dengar emang benar kalau blog dapat menghasilkan duit. Aku juga yakin 100% bahwa teman-teman yang berkunjung ke blog ini juga sudah menghasilkan uang dari blognya masing-masih baik berupa dollar maupun rupiah. Jadi sebenarnya kalau kalian udah menghasilkan uang dari blog, ya gak perlu meneruskan membaca artikelku ini haha.. Habisin tenaga dan waktu loh hehe..

Walau demikian, ada baiknya sih baca lagi sapa tau setelah baca artikelku ini, penghasilan blognya meningkat  tajam haha Amin.. Balik lagi ke topik, apakah menghasilkan uang dari blog itu segampang kedengarannya? Kalau aku secara pribadi sih jawabnya bisa gampang, bisa tidak. Untuk perbandingan aku pernah bisa mendapatkan  penghasilan dari blog sebesar dua ribu dollar (yang trus habis untuk modal nikah haha) tapi juga pernah hampir setahun gak dapat pemasukan sama sekali. Pokoknya seperti roda berputarlah pernah diatas pernah dibawah. 

Sebenarnya yang harus diketahui untuk mendapatkan uang dari blog adalah kita harus tahu cara mengelola blog dengan benar sehingga menghasilkan penghasilan untuk kita. Kalau boleh berbagi, berikut kunci utama yang harus kita kuasai untuk mendapatkan penghasilan melalui blog.

1. Konten

Konten Adalah Raja

Konten adalah raja. Ini adalah ungkapan yang paling ampuh di dunia internet marketing. Semua master blog mengandalkan konten di blog mereka. Pada umumnya pengguna internet mencari informasi di dunia maya. Jika blog kita bisa menyediakan informasi yang dicari dan dibutuhkan, tentu saja blog kita akan cepat berkembang dan tumbuh besar.  Kunci dari sebuah konten adalah

  • Buatlah konten yang berkualitas,kreatif dan menarik yang membuat orang ingin mengunjungi blog kita. 
  • Ubahlah hobi, bakat dan keahlian kita menjadi informasi yang dibutuhkan pembaca. Carilah keyword dari topik yang kita kuasai, lakukan riset keyword dan tulislah apa yang sering dicari oleh banyak orang. Kalau menggunakan Google Keyword Tools, aku selalu mencari kata kunci yang pencariannya diatas 1k per month tapi tingkat persaingannya low.
  • Selain buat konten yang berkualitas, kita juga harus memikirkan quantity alias jumlah konten yang ada di blog kita. Buat konten yang banyak sehingga blog kaya akan keyword yang dicari orang.


2. Traffic

Trafik Blog

Kunci berikutnya untuk menghasilkan uang dari blog adalah trafik/banyaknya pengunjung. Blog yang bagus adalah blog yang traffiknya tinggi. Sebagai informasi traffik blog sendiri dibagi 2, yaitu :

  • Trafik Gratis, trafik ini umumnya berasal dari mesin pencari (seperti Google, yahoo, bing), sosial media, sosial bookmark, private blog network atau forum.
  • Traffic Berbayar / Premium, Umumnya trafik ini berasal dari iklan yang anda pasang pada pihak ketiga seperti iklan adword, facebook ads, ADF.ly, hitleap dll.

Pilihan ada pada kita sebagai pemilik blog mau mendapatkan traffic gratis atau berbayar. Kalau berbayar maka anda harus menyiapkan budget untuk pemasangan iklan. Saran aku sih kalau memang untuk jualan (blog jualan) ya mending menggunakan traffik berbayar karena hitung-hitung mengalokasikan dana untuk promosi / marketing. 


3. Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif

Membangun blog itu sama dengan membangun jaringan dan komunikasi. Blog harus cukup membantu branding kita dan untuk menjalin relasi dengan sesama blogger lainnya. Caranya adalah dengan membangun komunikasi dua arah dengan pengunjung blog kita. Usahakan segera balas komentar dan tanggapan yang diberikan pengunjung terhadap postingan kita. Dengan menjawab setiap pertanyaan atau tanggapan di blog maka dengan demikian mereka merasa dihargai.

4. Monetize

Kunci terakhir untuk menghasilkan uang dari blog adalah monetize blog masing-masing. Inilah yang membuat blog anda menghasilkan duit. Jika boleh dibagi, cara monetize blog ada 2, yaitu :

  • Monetize Langsung. Ini adalah langkah yang dilakukan denhan memanfaatkan program monetisasi seperti Google Adsense, Affiliate Program atau menulis review / advertorial dari sebuah produk. Atau bisa juga menjadi buzzer dan influencer dari sebuah produk. Cara ini sih yang paling banyak digunakan oleh Blogger saat ini. 
  • Monetize Tidak Langsung. Ini adalah cara menghasilkan uang dengan memanfaatkan blog kita anda miliki sebagai sarana menawarkan barang dan jasa yang kita miliki. Monetisasi ini bisa berupa penjualan jasa (jasa SEO, jasa menulis, jasa backlink) ataupun jasa penjualan barang fisik seperti buku digital dll. Jadi blog hanya digunakan sebagai alat promosi / branding kita untuk menghasilkan uang.

Nah itu dia beberapa kunci menghasilkan  e uang dari blog yang mungkin bermanfaat  bagi teman-teman sekalian. Intinya anggap blog itu bagai seekor Sapi yang perlu kita rawat, kita pelihara dan kita beri makan dan minum secukupnya. Jika sapi sudah dewasa maka sapi tersebut pasti akan menghasilkan uang untuk kalian juga. Jadi jangan harap bisa menghasilkan uang dari blog tanpa pengorbanan dan kucuran keringat yang banyak ya hehehe..

Incoming search terms:

  • tahun 2017 uang dari blog

Comments (29)

  • Baca judulnya aja aku udah langsung ijo matanya. Mau dong bisa menghasilkan uang melalui blog. Aku masih blom ngerti soal cara nyari keyword. Mesti belajar lagi terus.
    Makasih tipsnya, Mas Tomi.

    Reply
  • Dan jangan lupa, konsistensi dalam menulis tulisan yg baru haha terkadang ini juga membantu mendongkrak jumlah visitor blog.

    Perihal tulisan ini, saya tertampar di bagian komunikasi dua arah. Kadang saya gak sempat untuk membalas satu per satu komentar yg masuk di blog saya, karena saya sibuk akan pekerjaan ??

    Ya tapi sekiranya saya bisa belajar lagi setelah membaca tulisan ini dan memperbaiki kelakuan saya dalam dunia blog

    Reply
    • sebenarnya kita 11-12 mas.. gak ada waktu untuk membalas satu per satu.. tapi setidaknya kalau ada pertanyaan dari komentator, saya usahakan untuk membalasnya hehe

      Reply
  • Bagus postingannya.
    Salam kenal 🙂

    Reply
  • Untuk point ke 2 masih harus digenjot blog saya mas Tom, kira2 ada cara ampuh yang menaikan trafik tanpa harus share sana sini g?

    Reply
  • PR terbesar bagi saya yaitu melakukan riset keyword lalu kemudian menulis apa yang sering dicari oleh banyak orang. Bagaimana cara menggunakan Google Keyword Tools, Mas Tomi?

    Reply
  • Aku suka malas membalas komen di blogku huhuhu..
    Nanti dibilang sombong yah.
    Makasih tipsnya Mas Tommi..
    Jadi semangat memperbaiki kontenn

    Reply
  • Aku suka malas membalas komen di blogku huhuhu..
    Nanti dibilang sombong yah.
    Makasih tipsnya Mas Tommi..
    Jadi semangat memperbaiki kontenn

    Reply
  • dulu pernah diajarin tentang riset keyword, tapi sekarang udah lupa lagi gimana caranya hahahhaa.

    yang point no 3 itu aku banget. bukannya sombong, cuma seringnya aku slow respon banget kalau balesin komen-komen pengunjung 🙁

    Reply
  • ahh poin-poin penting banget ini ya buat blog ikut menghasilkan uang,
    Tapi, selama ngeblog ini jarang dan belum pernah sama sekali riset keyword, mau daftar di GKP itu gagal2, gegara ga berhasil sih daftarnya, huhu
    Terima kasih buat informasinya ya mas ^_^

    Reply
  • Content is the king yass. Tetep. Yang susah adalah menjaga konsistensi. Btw kalau udah menghasilkan uang banyak dari blog rasanya gimana sih bang?

    Reply
    • rasanya sih tambah semangat untuk bikin / ternak blog lainnya. tapi malah gagal fokus dan akhirnya malah tidak menghasilkan uang lagi haha

      Reply
  • Paling penting harus rajin membuat konten dulu dan harus rajin bw dan komentar baru deh di monitize biar joss hasil duitnya

    Reply
  • Saya baru belajar tentang ini. Jujur buat konten mah merangkat bgt deh

    Reply
  • Mataku ijo bgt ini, Mas

    Byk pr buat memperbaiki blog biar bs dapat cring2 recehan dolar. Dan 1 lg, konsisten

    Reply
  • Oh…gitu yaa, mas Tom.
    Aku tuh…suka banget balesin komentar di blog.
    Tapi kalau pake blogspot, gak bisa tik-tok kaya pae wordpress yaa…

    Sayang banget.

    Tapi aku (mulai) cinta sama bp…selain templatenya yang bisa diutak-atik sesuai keinginan, juga sudah mulai terbiasa.

    Iya mas…
    Semua gak akan datang dengan sendirinya.
    Butuh keringat dan kopi yang banyak…hehhehee…

    Reply
  • Alhamdulillah aku sih blm banyak penghasilannya dr blog, krn emang blm ketemu niche yg pas. Tapi suamiku sering dpt job dr blognya, krn niche blognya udah jelas.

    Pingin sih, kayaknya enak gitu ya. .

    Reply
  • 2000 dollarrrr. Masya Allah…
    Aku saat ini masih ngalir aja nulisnya, mas. Belum ada target gimana-gimana. Karena masih mengatur waktu bareng dua anakku tanpa pengasuh, bikin waktu ngeblog jadi sedikit. Tapi semoga keadaan ini tidak lama. Toh, dalam keadaan begini aja sekali dua kali tawaran job datang untuk blog pribadi. Cuma untuk adsense dan dummy blog aku masih angkat tangan. Ga kuat, euy!

    Reply
    • ia sih mba.. kalau untuk emak blogger mending fokus ke konten blog dan review aja mba.. pasti gak kuat untuk adsense yg harus siap banyak peralatan tempur dan waktu

      Reply
  • Aku setuju dengan yang pertama. Ibarat kata, mau ngasilin uang gimana kalau kontennya enggak ada. Jadi kaya bukan cuma raja tuh konten, konten itu buat blog “Kamu ada, karena aku ada.”

    Reply
  • Kusampai sekarang masih mencoba namun susahnya minta ampun . Kumesti belajar lebih giat lagi sepertinya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: