HomePersonal

Tagihan Listrik Membengkak? Ini 7 Cara Penghematan Listrik yang Bisa Anda Lakukan Mulai Sekarang

Tagihan Listrik Membengkak? Ini 7 Cara Penghematan Listrik yang Bisa Anda Lakukan Mulai Sekarang
Like Tweet Pin it Share Share Email

Energi listrik memang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Masalahnya, tagihan listrik yang membengkak dapat berpengaruh pada pengeluaran bulanan rumah tangga. Apalagi, Tarif Dasar Listrik (TDL) hampir selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Agar tagihan listrik bulanan Anda bisa lebih hemat, berikut adalah 7 cara penghematan listrik yang bisa Anda lakukan mulai sekarang.

  1. Pilih Daya Listrik Sesuai Kebutuhan
Pln online – static.viva.co.id

Hal pertama yang bisa Anda lakukan agar tagihan listrik tidak membengkak adalah memilih daya listrik yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila sekiranya Anda hanya memerlukan daya listrik 900 VA, maka jangan memilih yang daya yang batasnya 1300 VA karena beda daya beda pula harga per kWh listriknya.

Bagi Anda yang baru membangun rumah, Anda cukup mendaftarkan pembelian daya yang diperlukan melalui kantor cabang PLN terdekat atau melalui layanan PLN Online. Sedangkan apabila Anda membeli rumah bekas, Anda bisa meminta perubahan batas daya listrik sesuai dengan yang Anda butuhkan apabila daya yang terpasang terlalu besar.

2. Gunakan Sistem Prabayar dengan Membeli Token Listrik

Pln online – 4.bp.blogspot.com

Cara kedua yang bisa Anda lakukan agar tagihan listrik lebih hemat adalah dengan beralih ke sistem listrik prabayar. Listrik prabayar atau listrik pintar merupakan layanan terbaru dari PLN yang memungkinkan Anda untuk mengontrol sendiri pemakaian listrik harian karena layanan ini mengharuskan Anda untuk membeli token atau pulsa listrik terlebih dahulu agar bisa digunakan selama beberapa waktu ke depan.

Untuk mendapatkan token listrik, Anda bisa membelinya melalui gerai ATM sejumlah bank yang telah bekerja sama dengan PLN seperti Traveloka, serta layanan PLN Online. Jika ingin mengetahui lebih jelas mengenai layanan online dari PLN tersebut, cek saja info layanan PLN Online di Traveloka di halaman https://www.traveloka.com/bill-payment/electricity.

3. Gunakan Lampu dan Peralatan Listrik yang Hemat Energi

Pln online – elektro.blogspot.com

Sebagai konsumen yang pintar, Anda tentu harus bisa memilah mana yang baik dan dapat membuat pengeluaran Anda lebih hemat. Selain memilih daya listrik yang sesuai kebutuhan dan mengganti layanan listrik pascabayar dengan layanan listrik prabayar, Anda juga harus bisa memilah lampu atau peralatan elektronik lainnya yang lebih irit dalam pemakaian daya listrik.

Untuk lampu, cobalah mengganti lampu rumah biasa Anda dengan lampu LED (Light Emitting Diode). Sebab, selain lebih tahan lama dan memiliki tingkat pencahayaan yang tinggi, lampu ini juga merupakan jenis lampu hemat energi yang tidak banyak mengonsumsi daya listrik

4. Gunakan Alat-Alat Elektronik dengan Bijak

Pln online – ap-southeast-1.amazonaws.com

Selanjutnya, gunakan alat-alat elektronik dengan bijak. Sering kali orang-orang menyalakan televisi begitu saja sembari melakukan aktivitas lain seperti menelepon atau mengobrol. Hal ini tentunya dapat membuat pemakaian listrik Anda boros. Untuk itu, matikan alat-alat elektronik saat Anda tidak menggunakannya atau ingin melakukan aktivitas yang lain.

5. Gunakan AC Seperlunya

Pln online – www.pesanlab.com

AC atau air conditioner merupakan peralatan listrik yang cukup berpengaruh terhadap besar tidaknya tagihan listrik Anda. Karenanya, pastikan untuk menyesuaikan suhu AC dengan jumlah orang yang ada di dalam ruangan dan hindari mengatur suhu AC terkecil jika tidak ingin tagihan listrik membengkak. Selain itu, matikan AC jika tidak diperlukan atau atur timer agar AC dapat mati secara otomatis saat suhu di dalam ruangan sudah cukup sejuk. Dengan penggunaan AC secara tepat, tagihan listrik Anda pun bisa lebih hemat.

6. Cabut Kabel dan Peralatan yang Tidak Digunakan dari Saklar

Pln online – desaintsblog.files.wordpress.com

Apakah Anda sering membiarkan charger tetap tertancap pada saklar meskipun tidak sedang digunakan? Jika ya, sebaiknya akhiri kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Sebab, arus listrik akan tetap mengalir pada kabel atau peralatan yang masih terhubung pada saklar. Akibatnya, listrik akan terbuang sia-sia.

7.  Matikan Alat-Alat Elektronik yang Tidak Diperlukan Sebelum Tidur

Pln online – cdn.rockingmama.id

Membiarkan alat-alat elektronik yang tidak diperlukan tetap menyala saat tidur merupakan bentuk pemborosan listrik yang akan meningkatkan tagihan listrik bulanan Anda.  Karenanya, biasakan untuk mematikan lampu atau alat elektronik yang tidak digunakan sebelum Anda tidur. Selain itu, hindari juga kebiasaan mengisi daya ponsel saat tidur karena selain dapat membuat baterai ponsel cepat rusak, hal itu juga akan memicu penggunaan listrik yang lebih banyak.

Jadi, itulah beberapa cara penghematan listrik yang bisa Anda lakukan mulai sekarang. Selamat mempraktikkan!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of