HomeGaya Hidup

Mencegah Gigi Berlubang Biar Hidup Senang dan Nyaman

Mencegah Gigi Berlubang Biar Hidup Senang dan Nyaman
Like Tweet Pin it Share Share Email

Pernah gak kalian mendengar kalimat sakit gigi memang lebih sakit daripada sakit hati ??Atau mungkin kalian pernah mendengar kalimat lebih baik mencegah gigi berlubang daripada mengobati sakit gigi ?? Dulu awalnya aku cukup skeptis juga dengan kalimat ini, tapi setelah merasakan sakit hati dan sakit gigi, ternyata memang benar bahwa sakit gigi itu lebih sakit daripada sakit hati. Mengapa demikian??

Waktu duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) aku sering mengalami sakit gigi. Maklum di masa itu, hampir semua makanan dan minuman yang aku sukai selalu mengandung coklat dan manis-manis. Sebenarnya kita bebas aja mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung coklat / manis, tapi harus rajin membersihkan gigi dengan cara menggosok gigi secara teratur menggunakan pasta gigi seperti Pepsodent karena diperkaya dengan Active Micro-Calcium dan Pro-Fluoride Complex untuk memberikan perlindungan pada setiap gigi.

Masalahnya saat itu aku memang paling malas untuk gosok gigi, alhasil aku sering mengalami sakit gigi karena hampir 2-3 gigi berlubang secara bersamaan. Duuhh rasanya pengen marah sama semuanya karena mau ini itu rasanya susah banget. Mau makan susah, mau ngomong susah bahkan mau tidur aja sakitnya minta ampun.

Sakit Gigi

Bagaimana dengan sakit hati?? Ahh kalau ini gampang banget mengatasinya karena kita tinggal mengalihkan fokus kita ke hal-hal yang menyenangkan dan membahagiakan,  dijamin rasa sakit hatinya hilang hehe.. Misal kita sakit hati sama cewek kita, ya tinggal cari cewek lain aja hahaha #dikeplak

Setelah dewasa sekarang, aku sudah mulai jarang mengalami sakit gigi dan masih bersyukur hingga sekarang belum ada gigi yang berlubang dan masih lengkap semuanya. Bagaimana cara aku mencegah gigi berlubang sedini mungkin?? Sebenarnya caranya gampang, tapi yang penting kalian harus menumbuhkan kesadaran diri bahwa penting untuk menjaga kebersihan gigi serta disiplin membersihkan gigi biar terbebas dari kuman-kuman yang menyebabkan gigi berlubang.

Untuk diketahui bahwa setiap kali kita makan makanan bergula atau bertepung, dibagian gigi akan muncul plak. Jika dibiarkan dan tidak dibersihkan maka plak tadi akan berubah menjadi karang gigi. Selanjutnya Bakteri pada plak atau tartar nantinya akan memproduksi asam yang akan mendemineralisasi email luar dan keras gigi. Hal inilah yang akan lama kelamaan akan menghasilkan titik halus atau lubang pada gigi yang disebut gigi berlubang.

Jika lubang ini semakin dalam, maka dapat menembus lapisan dalam gigi yang lebih halus. Jika menembus lebih dalam lagi akan sehingga bisa menjangkau tepat ke pulpa gigi. Bentuk kerusakan gigi yang parah ini dapat terasa sangat menyakitkan dan menyebabkan kehilangan gigi. Proses inilah yang paling sakit karena apabila ada makanan yang menyangkut atau masuk ke dalam gigi berlubang, euuhhhh rasanya sakit banget dan bikin emosi meningkat hehe..

Lalu bagaimana caranya tom untuk mencegah gigi berlubang secara alami ?? Menurut aku cara paling mudah dan paling efektif mencegah kerusakan gigi adalah dengan mencegah penimbunan plak. Karena plak terbentuk secara konstan, maka penting untuk terus membersihkannya setiap hari. Jika mau dicontoh, berikut ini beberapa tips untuk mencegah gigi berlubang :

  • Mengurangi minuman bergula dan makanan bertepung.
  • Gosoklah gigi setidaknya dua kali sehari selama minimal dua menit setiap waktunya dan gunakan pasta gigi seperti Pepsodent yang mengandung fluoride dan dirancang khusus untuk mengangkat plak dan mencegah kerusakan gigi.
  • Jangan lupa untuk membersihkan area-area di antara gigi yang sulit dijangkau, dimana partikel makanan tersangkut dan menyebabkan penimbunan bakteri dengan cara berkumur menggunakan mouthwash Pepsodent

Gampang bukan mencegah gigi berlubang agar kita terhindar dari sakit gigi? Semoga kalian semua memiliki gigi yang sehat dan tidak ada yang berlubang sama sekali. Ada yang punya pengalaman sakit gigi dan sakit hati ? Yuk share di kolom komentar ya lebih sakit mana antara sakit gigi dan sakit hati hehehe…

Incoming search terms:

17
Leave a Reply

avatar
16 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
17 Comment authors
IlhamTomi PurbaAchmad HumaidyOmithlendyagasshi Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Rani Yulianty
Guest

Duh gigi berlubang tuh menyiksa banget, alhamdulillah dua gigi berlubang sudah ditambal dan nggak pernah bermasalah lagi

zefy
Guest

aku pernah mas sakit gigi, sewaktu sakit gigi tuh ya, saking sakitnya aku bilang “masih mending sakit hati daripada sakit gigi, ga enak banget”.

Jiah
Guest

Aku dulu jg sering sakit gigi. Akhirnya gak makan permen dan ngurangi yg manis2. Cukuplah wajah saya yang manis

Tukang Jalan Jajan
Guest

Paling males kalau udah kena sariawan juga nih. tanda tanda gigi tak sehat. Tapi yang paling penting sih kebersihan harus dijaga rutin. Pilihan sikat gigidan pasta gigi jangan salah

Fandhy Achmad Romadhon
Guest

Iya bener banget, lebih baik.mencegah daripada mengobati. Sangat penting menjaga kesehatan gigi, karena segalanya sungguh tak enak ketika sedang sakit gigi.

Saya saja menyesal kenapa dulu sedari kecil malas sikat gigi, akibatnya ada beberapa gigi yang bolong, dan ketika lagi kamBuh sakitnya itu aduhai betul..

Rhoshandhayani KT 💕
Guest

Aku pake pepsodent. Enak. Apalagi yang jeruk nipis.

Dewasa ini aku jarang sakit gigi. Soalnya udah makin rajin sikat gigi. Alhamdulillah… Hahaha

ulya
Guest

Aku masih sakit gigi lebaran kemarin sejak bertahun-tahun yang lalu. Penyebabnya ya memang gigi berlubang. Dulu aku jarang diingatkan gosok gigi, masa laluku suram sekali sampai kejadian kaya gini. Buat yang giginya sehat, kalian beruntung!

April Hamsa
Guest

Gigi berlubang duh, kebayang ngilunya, bukan hanya ngilu sakitnya tapi ngilu dompetnya saat ke dokter gigi #curcol haha
Wah ternyata makanan bertepung jg berpotensi bikin plak ya…
Emang kudu rajin gosok gigi dan cek up ya masss 😀

Atanasia rian
Guest

Bener banget kalau sakit gigi ki gak enak banget. Tapi awas aja kalau sakit hati ma cewek cari cewek lain langsung getok hahaha

Ia sich kita harus rajin sikat gigi dan jangan salah pilih pastagigi, harus yang sesuai dengan kondisi gigi kita hehe

retno
Guest

pepsodent ini favorit banget, udah pakai dari kecil sampai sekarang…

dian Farida Ismyama
Guest

Gigiku ada yang berlubang hiks sampai harus ditambal dan sarafnya diganti saraf buatan. Karena sudah kena syaraf. Sedih banget deh waktu itu

Nurul Fitri Fatkhani
Guest

Memang harus rutin dalam melakukan perawatan gigi ya, Mas. Kalau malas merawat, pasti timbul lubang. Kalau gigi berlubang kemasukan makanan, wuiihh…sakit nyaaa..

lendyagasshi
Guest

Bener gak siih kalau Fluoride sudah tidak direkomendasikan untuk bahan campuran pasta gigi?
Hanya di Indonesia, masih banyak yang menggunakannya.

Aku sekarang sering sensi niih…
Bukan hatinya, tapi giginya.

Apa usia juga berpengaruh yaa??
Hahha…merasa uda gak muda lagi….harus makin perhatian sama si gigi-gigi.

Omith
Guest

Pas baca ini pas kmrn setelah dr dokter gigi bersihkan karang gigi. Krn sering berdarah wkt gosok gigi; setelah bershikan karang gigi jd ga berdarah lg tiap gosok gigi

Achmad Humaidy
Guest

Lebih baik sakit gigi daripada sakit hati ini. Itulah pengalaman pribadiku. Huhuhu..

Ilham
Guest

Kalau bicara soal sakit gigi, aku sudah hampir khatam. Pasalnya gigi di sebelah kanan dan kiriku sudah berlubang dan salah satunya sudah dalam sekali lubangnya. Setiap hari selalu bawa tusuk gigi untuk mengambil makanan yang nyangkut. Aku pun sampai makan pakai gigi depan wkwkw. Trus aku pakai pepsodent untuk gigi sensitif biar gak kerasa ngilunya.