HomeGaya Hidup

Usahakan Selalu Cek Harga Mobil Bekas Sebelum Membelinya

Usahakan Selalu Cek Harga Mobil Bekas Sebelum Membelinya
Like Tweet Pin it Share Share Email

Sudah hampir setahun, aku dan istri ingin membeli sebuah mobil untuk keperluan sehari-hari. Maklum semenjak istri berbadan dua, aku agak kepikiran kalau masih menggunakan motor untuk bepergian jauh-jauh karena takut jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu langkah yang harus dilakukan sebelum membeli mobil, aku selalu cek harga mobil bekas di beberapa situs jual beli kendaraan online.

Dengan melakukan cek harga mobil bekas, aku berharap bisa mendapatkan bahan pembanding serta membantu mengambil keputusan apakah harus beli mobil baru atau cukup membeli mobil bekas. Karena pada dasarnya membeli mobil itu kan kebutuhan sekunder jadi yang lebih penting adalah fungsi dan manfaatnya daripada gengsi ataupun hanya untuk gaya-gayaan aja.

Nah setelah menghitung dan menentukan budget untuk membeli mobil, aku mulai melakukan filter mana saja mobil baru dan bekas yang masuk ke budget. Ternyata kalau membeli mobil baru kita harus berhutang. Dan setelah melakukan perundingan yang ketat dengan istri, kita sepakat untuk membeli mobil bekas saja. Yang penting mobilnya masih oke baik secara desain, tampilan ataupun mesin serta spare-partnya.

Beberapa tips membeli mobil bekas agar mendapatkan mobil yang murah tapi berkualitas mungkin bisa dibaca sebagai berikut:

1. Beli Mobil Langsung Tanpa Perantara

Membeli mobil bekas itu lebih murah apabila kita membeli ke pemilik mobil langsung. Jadi usahakan setelah membaca iklan jual/beli mobil, kita tanya atau pastikan ke penjual bahwa kendaraan tsb adalah milik pribadi dan bukan perantara. Karena harga mobil pasti akan lebih mahal jika melalui perantara. Aku kemarin mendapatkan mobil bekas kebetulan tanpa perantara juga jadi bisa mendapatkan harga yang tepat dengan kualitasnya.

2. Cek Mesin Kendaraan 

Namanya mau beli mobil, pastikan mesin mobil masih dalam keadaan sehat dan bagus. Idealnya untuk mengetahui mesin mobil yang masih bagus adalah mesin yang terdengar halus dan tidak kasar. Mobil mudah di starter dan saat melakukan oper gigi ini berjalan dengan lancar menandakan bahwa mesin juga dalam kondisi bagus.

Selain itu bagian yang perlu diperhatikan adalah kaki-kaki mobil. Cobalah bawa mobil bekas ke jalanan yang tidak rata, kalau masih enak bawaannya pasti mobil berjalan lancar. Tapi kalau banyak bunyi dan rasanya kayak naik gerobak, berarti kaki-kaki mobil sudah dalam kondisi yang tidak bagus.

3. Kelengkapan Surat-surat  

Selain mesin mobil, kelengkapan surat-surat juga perlu dicek dan dipastikan saat membeli sebuah mobil bekas. Pastikan nomor mesin dan nomor rangka sesuai dengan yang tertera di BPKB dan STNK mobil yaa. Karena kalau berbeda, bisa dipastikan mobilnya termasuk bodong tuh. Biasanya harga mobil bekas bodong lebih murah daripada kalau yang lengkap dan asli semua. Jika masih ragu dengan keaslian, mungkin kalian bisa melakukan cek fisik di Samsat terdekat.

4. Cek Asuransi Kendaraan 

Terakhir, cara dan trik untuk memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas adalah dengan memperhatikan asuransi yang ada pada mobil tersebut. Jika mobil bekas yang akan dibeli mempunyai asuransi tentu ini akan sangat lebih baik. Aku sendiri sih kemarin beli mobil bekas yang udah gak ada asuransinya, maklum umur mobilnya udah hampir kayak usia aku haha..

Nah itulah beberapa tips yang bisa kalian gunakan saat membeli mobil. Jangan lupa selalu cek harga mobil bekas dahulu sebelum beli mobil ya biar gak terlalu rugi. Karena kadang kita gampang tergoda membeli mobil dengan harga mahal karena terlalu berasumsi bahwa mobil mahal selalu lebih bagus hehe…

Btw ini penampakan mobil bekas yang aku beli beberapa bulan lalu aihii..

Baleno 97 Tomi Purba

 

14
Leave a Reply

avatar
14 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
14 Comment authors
Yesi IntasariTukang Jalan JajanDiah KusumastutiOky Maulanadian Farida Ismyama Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Rani Yulianty
Guest

Harga mobil bekas memang suka beda-beda ya selisihnya, jadi memang harus selalu cek kalau mau beli mobil bekas

lendyagasshi
Guest

Kagum banget sama orang yang punya pendirian kaya mas Tomi dan mba Barbie.
Memang benar, daripada untuk gaya-gayaan, kita lebih baik melihat manfaatnya.
Asalkan dirawat dengan baik, in syaa Allah awet.

Dikki Cantona Putra
Guest

Wah asik nih mas yg beli mobil walauoum bekas terlihat mulus banget ya mas. Dam bener banget tuh usahakan kita harus membandingkan harga biar tau mana yg lebih murah kan lumayan bisa dapet harga murah

Rhoshandhayani KT 💕
Guest

Wuah iya . Lebih baik sekalian cek fisik surat2 di samsat ya. Aman terkendali. Apalagi barang gede dan mahhhhaaaalll

Btw itu bamper depan kukira pita beneran loh. Hahaha

Peri Hardiansyah
Guest

Yoi bang, teliti dulu sebelum membeli, se gak-gaknya wajib lah tanpa perantara hahaha

Ruli retno
Guest

Biasanya selain surat lengkap, saya juga cek pajaknya. Karena biasanya ada aja pemilik mobil yg sekian taun gak bayar pajak. Hiks.. Tau2 nombok aja banyak

Anita Makarame
Guest

Kalau aku tips lainnya ajak orang bengkel kak. Biar tau mobilnya beneran bagus apa ga. Soalnya aku krg ahli periksa spare part dll. Hehe

April Hamsa
Guest

Noted baiknya jangan pakai perantara yaaa. Iya cek2 dulu lha kondisi sama mbandingin harga. Jgn sampai rugi bandar dan nyesel 😀

Rinrin Rinjaniah
Guest

Aku mah nggak ngerti, cara milih mobil bekas. Tapi, lebih hemat beli bekas sih daripada baru.

dian Farida Ismyama
Guest

Aku kepikiran beli mobil bekas nih, tapi suka bingung nanti perawatan nya lebih mahal enggak secara kan udah second. Tapi dengan info di atas jadi tau tips nya

Oky Maulana
Guest

memang ya kalo mau beli sesuatu itu harus cek segala macemnya biar gak nyesel, tapi abis beli aku jarang kasih tau orang sih harga belinya berapa wkwkw biar gak jadi bahan bandingan aja.

Diah Kusumastuti
Guest

Alhamdulillah ya Mas sudah punya mobil, meski bekas tapi yang penting fungsinya ya. Iya nih perlu cek harga terus ya biar kita enggak rugi-rugi amat 🙂

Tukang Jalan Jajan
Guest

Harus rajin cek dan bandingkan ya mas, termasuk mengetahui kondisi mobil sebelum dibeli. kalau memang sudah pas dan sesuai budget barulah dipinang. Jadi akan terasa bahagia kalau sudah menemukan soulmate tunggangan hehehe.

Yesi Intasari
Guest

bener banget mas, tahun kemarin pun saat kami beli mobil sempat ceki-ceki dulu harga mobil bekas dan ngumpulin banyak informasi bair lebih mantap hehe