HomeWisata dan Kuliner

5 Tempat Wisata Keluarga di Solo Yang Wajib Dikunjungi

5 Tempat Wisata Keluarga di Solo Yang Wajib Dikunjungi
Like Tweet Pin it Share Share Email

Solo atau sering juga disebut dengn Surakarta merupakan nama dari sebuah kota yang masih berada di Propinsi Jawa Tengah, kota yang memiliki status wilayah otonom ini memiliki luas total kurang lebih 44 km² dan dihuni oleh sekitar 600 ribu jiwa penduduk yang sebagian besarnya merupakan etnis Jawa. Solo merupakan sebuah kota yang ramai dan telah menjadi kota paling besar ketiga yang ada di Pulau Jawa bagian selatan setelah Kota Bandung dan Malang berdasarkan jumlah penduduknya.

Bersama dengan Yogyakarta, Solo dianggap sebagai jantung dari budaya Jawa, hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat Solo masih memegang teguh budaya dan tradisi Jawa yang mana hal ini tentu saja akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang ingin mengenal budaya Jawa. Aku sendiri yang saat ini merantau ke Jakarta, selalu kangen untuk kembali ke kota Solo yang sangat nyaman ini. Selain kenyamanan dan murah, Solojuga ternyata memiliki potensi wisata yang besar dengan banyaknya tempat wisata yang bisa teman-teman kunjungi bersama keluarga di saat akhir pekan atau libur panjang berikut ini :

1. Pandawa World

Pandawa Water World

Pandawa Water World menjadi salah satu tempat wisata keluarga yang sangat popular di Solo. Pandawa Water World merupakan sebuah taman bermain air yang memiliki berbagai macam wahana seru seperti misalnya Raft Slide, Action River, Black Hole Slide, dan wahana lainnya.

2. Kereta Api Uap Jaladara

Bagi teman-teman yang ingin mengajak keluarga untuk mengisi liburan dengan pengalaman yang unik, maka teman-teman bisa menaiki kereta api uap Jaladara, kereta yang satu ini merupakan sebuah rangkaian gerbong klasik yang ditarik oleh lokomotif berbahan bakar kayu. Teman-teman bisa menaiki kereta Jaladara untuk berkeliling wilayah Solo dan sekitarnya sehingga akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

3. Bus Tingkat Werkudara

Selain naik kereta api uap Jaladara, teman-teman juga bisa menaiki sebuah bus tingkat yang diberi nama Werkudara. Bus tingkat ini sangatlah unik karena lantai atasnya tidak memiliki jendela kaca sehingga teman-teman bisa menikmati udara terbuka, teman-teman bisa menaiki bus tingkat Werkudara ini untuk mengelilingi Kota Solo, namun perlu teman-teman ketahui bahwa pemesanan tiket harus dilakukan satu hari sebelumnya.

4. Taman Balekambang

Taman Balekambang merupakan sebuah tempat wisata keluarga yang lokasi persisnya berada di Jalan Balekambang Nomor 1 Banjarsari, taman yang satu ini berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 10 hektar. Taman Balekambang merupakan sebuah taman yang tertata dengan rapi dan ditumbuhi banyak pohon, selain itu teman-teman juga bisa menemukan beberapa miniatur dari landmark yang terkenal di dunia.

5. Keraton Solo

Selain Yogyakarta, ternyata Solo juga memiliki sebuah keraton yang mana akan sangat sesuai untuk Teman-teman kunjungi bersama keluarga untuk mengenal lebih dekat sejarah dari Kota Solo. Keraton Solo ini lokasi persisnya masih berada di pusat kota sehingga mudah untuk dijangkau, Teman-teman bisa masuk ke dalam keraton untuk menyaksikan berbagai macam benda koleksi bersejarah.

Apabila teman-teman ingin mengajak keluarga untuk berlibur ke Solo dari Jakarta, maka teman-teman bisa mengunjungi beberapa tempat wisata keluarga di atas menggunakan bus jakarta solo. Sekian tulisan aku mengenai Solo dan selamat berlibur di Solo yaa.

16
Leave a Reply

avatar
16 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
15 Comment authors
unggulcenterAryo SenoSallyApril HamsaMarfa Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
zefy
Guest

kalau aku penasaran dengan keraton Solo mas, selain penasaran dengan bentuk keraton aku tertarik dengan adat budaya mereka yang unik itu lho. Kan beda benget dengan kami di Bengkulu

Nova
Guest

Menarik sekali…, Belum pernah ke solo nih…, noted dulu..
Ntar kapan ke solo..mampir lagi kesini he2

Pengen nyobain kereta uap
.

Farhandika Mursyid
Guest

Sayangnya aku sendiri belum pernah ke lima tempat itu. Ya, akunya juga ke Solo ga jalan-jalan tok, ada acara dan juga cuma stay 1 malem doang (bahkan belum sempat juga menikmati Bus Tingkat Werkudara). Semoga sempatlah ke Keraton Solo, tampakannya asik itu.

Dian Farida Ismyama
Guest

Kereta uap Jaladara ini beneran bikin saya pingin nih. Kalo ke Kraton udah pernah. Pandawa waterparknya sih belum. Ajak anak-anak enak nih

Liza
Guest

Aku belum pernah sekalipun ke solo, tapi kata teman2 yang lagi sekolah disana tempatnya asyik ya, adat istiadatnya masih lumayan kental dan lumayan murah juga barang2 disana

Mudrikah
Guest

Pas liat foto pandawa world aku kira itu di Bali mas, trnyata solo.
Aku tertarik bgt naik kereta uap jaladara, berada ada difilm zaman kolonial.

Mudrikah
Guest

Saat lihat foto pandawa world aku kira imi di Bali trnyta solo.
Aku tertarik naik kereta uap jaladara, itu gda di jkt, pasti seru bgt berasa ada difilm kolonial Belanda gitu.

Pertiwi Yuliana
Guest

Nomor satu sama nomor dua baru tauuuuuu. Nomor tiga udah berkali-kali minta si mas buat naik tapi katanya naiknya jauh dan mesti nunggu heu. Baru sukses main ke yang nomor empat dan nomor lima aja jadinya.

Ajen
Guest

Wahhhhj dari dulu pengen Ke solo…..
Semoga suatu hari bisa yah pergi ke sanaaa….
Btw jual batik di Solo dimana Mas?

Omith
Guest

Kulinernya ndak dibahas sekalian yak..
Ah jd pingin kesolo..nunggu ada jadwal race ke solo. Mudah2 han ada solo marathon hehe

Rhoshandhayani KT 💕
Guest

Uwaaah aku pernah ke nomor 4 dan 5
Tapi dulu cuma foto di depan keraton. Gak masuk ke keratonnya soalnha hari libur, hehe.
Berarti aku ada tanggungan dong untuk datang lagi ke keraton

Marfa
Guest

baru pernah keraton solo itu juga di depanan aja karena waktu Jumat tutup huhu sedih, aku penasaran sama kereta uapnya ah :3

April Hamsa
Guest

Pas ke Solo kmrn gak sempet menikmati semua ityu. Cuma liat keraton aja sih, krn kami makan di depannya, tapi malam pula haha.
Moga kapan2 bisa balik SOlo, pengen naik keretanya 😀

Sally
Guest

Aku ke Solo pas SMA. Udah pernah ke Keraton Solo dan pasar klewer. Baca tulisan mas Tomi jadi pengen balik lagi ke Solo

Aryo Seno
Guest

Pas banget besok saya ada tugas ke Solo mas hehehe

unggulcenter
Guest

beberapa kali ke Solo cuman sempat kulineran hihi.. lain kali mau ke tempat2 tersebut aah! apalagi kalau bawa keluarga nih.