Kebangkitan UMKM Pada Masa Pandemi dengan Bisnis Online

Selama pandemi berlangsung sejak awal tahun 2020 lalu, sebagian orang sudah mulai membiasakan diri dengan pola hidup baru. Tentu saya merasa senang sebab bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga dengan WFH, tapi kadang-kadang bisa bosan juga. Bila melihat sekeliling, saya bersyukur sebab bisa bekerja pada masa pandemi. Teman-teman atau tetangga yang mengelola bisnis harus menelan pil pahit karena pandemi ini. Untung saja JDL Express Indonesia mampu mendongkrak kembali UMKM dengan jasa logistik yang tepercaya.

Alasan Bisnis Online Shop Menjadi Penopang UMKM Saat Pandemi

Pandemi belum berakhir sebab angka peningkatan penyebaran virus corona yang sudah bermutasi masih terjadi. Meskipun pemerintah memberikan kelonggaran kebijakan terkait era new normal, tapi masyarakat masih cemas dan belum leluasa melakukan aktivitas di luar rumah. Tatanan hidup yang terbatas membuat orang-orang mulai memilih belanja secara online saja. Tinggal klik dari ponsel, maka pesanan akan dikirimkan langsung ke rumah pembeli lewat jasa ekspedisi tepercaya.

UMKM yang menghadapi hantaman karena masalah pandemi, maka pemilik usaha harus mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu cara yang dilakukan oleh UMKM adalah mengembangkan bisnis secara online lewat perangkat dan jaringan internet yang stabil. Produk Anda bisa ditawarkan lewat media online, misalnya media sosial, e-commerce dan marketplace yang kredibel. Anda bisa menjual produk UMKM di marketplace kenamaan seperti JD.ID, kok.

Alasan UMKM harus segera mengembangkan bisnis dengan go digital sebagai berikut:

1.                 Tren kehidupan masyarakat yang berubah

Alasan bisnis online bisa menjadi solusi UMKM agar bisa berkembang lebih baik adalah tren kehidupan masyarakat yang berubah dewasa ini. Masyarakat mulai menyukai jual beli produk atau layanan jasa secara digital. Jika para pelaku UMKM tidak bisa mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih, maka risiko bisnis akan ketinggalan sangat tinggi.

2.                 Potensi penjualan lebih tinggi

Potensi penjualan melalui media sosial, e-commerce atau memasang produk di marketplace sangat besar. Anda bisa menikmati hasil penjualan lebih tinggi sebab digitalisasi bisa menjangkau berbagai daerah di Indonesia yang tidak bisa tersentuh sebelumnya. Lewat JDL Express Indonesia yang bisa mengirimkan paket dari pebisnis ke konsumen lebih mudah dan praktis.

3.                 Kemudahan pembayaran dan pengiriman produk

Online menjadi solusi masyarakat milenial yang bisa melakukan kemudahan pesan barang, pembayaran secara digital dan pengiriman produk langsung ke rumah atau domisili. Tidak hanya bisa melakukan pengiriman produk dari pebisnis ke konsumen saja, tapi pebisnis bisa bekerja sama dengan pebisnis lain agar penjualan produk semakin meningkat.

4.                 Biaya operasional yang lebih hemat

Alasan penting pelaku usaha untuk berpindah pada online shop karena bisa menghemat anggaran. Dengan modal yang terbatas, pelaku UMKM bisa meningkatkan potensi penjualan tanpa risiko lebih banyak. Biaya operasional lebih murah sehingga omzet bersih bisa membuat UMKM kembali bergeliat lebih pesat.

Beberapa alasan itu yang mendasari sebagian orang yang tinggal di sekitar saya mulai aktif bergerak kembali. Berdasarkan pengamatan saya, karyawan yang terpaksa PHK kini mulai menata kehidupan baru sebagai pelaku UMKM. Dengan menjual produk tertentu yang memiliki pangsa pasar tersendiri, mereka berhasil mendapatkan perekonomian yang lebih baik.

Tentu saya merasa senang dengan perkembangan UMKM di Indonesia yang masih bisa bertahan malah berkembang semakin besar berkat perkembangan digitalisasi. Memanfaatkan media digital yang ada, potensi penjualan terus meningkat ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Batasan regional yang selama ini menjadi kendala bisnis konvensional bisa diatasi dengan baik, lho!

JDL Express Indonesia, Jasa Ekspedisi Tepercaya yang Membantu UMKM Indonesia

Dengan campaign #PartnerLogistikTepercaya, JDL Express Indonesia yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 2015 memberikan promo pengiriman menarik pada pelaku usaha di seluruh Indonesia. UMKM yang tengah mencoba bangkit kembali pada masa pandemi wajib memakai promo #SERBU yang hadir lagi sejak tanggal 1 Maret-30 April 2022. Ada banyak keuntungan menarik yang bisa pelaku usaha dapatkan dengan memanfaatkan promo #SERBU yaitu:

  1. Melayani pengiriman tujuan Jakarta, Bekasi, Bandung, Tangerang, Cimahi, Tegal, Semarang, Surabaya, dan Sidoarjo mendapatkan promo menarik biaya pengiriman hanya 6 ribu per kilogram saja.
  2. Bila daerah bukan termasuk coverage area, maka UMKM bisa mendapatkan skema tarif diskon yang menguntungkan.
  3. Promo berlaku untuk paket reguler maksimal 10 kilogram secara berat aktual dan dimensi.
  4. Layanan sistem COD yang ditangani lebih dari 3 ribu kurir profesional dengan 8 warehouse, lebih dari 250 drop point di Indonesia.
  5. Berada dalam naungan JD.Com dan mendapatkan dukungan penuh dari JD Logistics, sehingga menjamin barang sampai ke tangan penerima dengan aman.

Promo berlaku untuk seller yang mendaftar selama program periode berlangsung, tidak berlaku untuk pengiriman paket dengan harga khusus serta pengiriman barang yang mencakup makanan, minuman, frozen food, hewan piaraan, tanaman hias, dan produk terlarang lain.

Nah, keuntungan program #SERBU dari JDL Express Indonesia yang merupakan bagian dari JD.ID harus UMKM manfaatkan dengan baik. JDL Express Indonesia memiliki layanan B2C dan B2B yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengirim dan penerima. Sistem COD yang mudah dengan metode pembayaran pakai uang tunai (COD) atau sistem yang lebih aman selama pandemi yaitu Card Swipe on Delivery atau (CSOD). Nantinya penerima bisa membayar tagihan lewat kartu debit atau kredit yang dibawa oleh kurir. Jelas lebih aman dan praktis sekali, ya!

Tidak heran kalau banyak teman UMKM atau pelaku usaha yang sukses bisnis pada masa pandemi berkat logistik ini. Untuk mendapatkan informasi terkait JDL Express Indonesia yang merupakan #PartnerLogistikTepercaya, maka seller bisa bergabung di website jdlexpress.co.id/business-register.

Bisa pula mengikuti media sosial JDL Express Indonesia langsung untuk mendapatkan informasi menarik seputar insight, tips dan trik bisnis, serta informasi bermanfaat lain di IG @jdlexpressid, akun Facebook JDL Express Indonesia, profil Linkedln PT. Jaya Express Transindo, Youtube channel JDL Express Indonesia sekarang juga. Segera manfaatkan campaign promo #SERBU untuk perkembangan bisnis UMKM kalian lebih sukses lagi!

Leave a Reply