HomeBlog

Tips Blogwalking yang Benar

Tips Blogwalking yang Benar
Like Tweet Pin it Share Share Email

Istilah blogwalking sudah tidak asing bagi para blogger. Blogwalking adalah dimana ketika seorang blogger saling mengunjungi dan bertukar link untuk menaikan jumah pageview blog. Blogwalking akan berdampak baik terhadap Search Optimations Engine (SEO) jika dilakukan dengan benar

Berikut manfaat dari blogwalking :

1. Memperbanyak Backlink ke Blog

Keuntungan utama dari blogwalking (BW) adalah berdampak baik terhadap SEO blog yaitu akan menambah backlink ke blog. Semakin banyak backlink ke blog kita maka kemungkinan page rank blog akan meningkat dan membuat peringkat blog yang baik di search engine.

2. Menambah Pageview Blog

Pageview yaitu jumlah dari orang-orang yang membuka blog. Dengan melakukan blogwalking akan menambah jumlah pageview terhadap blog kita. Sama halnya dengan kita mengundang orang-orang untuk berkunjung ke blog kita dan menambah jumah komentar pada postingan yang kita buat.

3. Memperluas Wawasan

Manfaat lainnya adalah akan menemukan ide dan memperluas wawasan kita. Kita akan menemukan ide dan memperkaya wawasan dengan mengunjungi blog-blog orang lain dan membaca postingan. Jika kita kehabisan ide dalam menulis artikel, blogwalking adalah salah satu cara yang efektif untuk menemukan ide-ide baru.

4. Berinteraksi dengan Blogger Lain

Blogwalking membuat kita akan berinteraksi dengan blogger-blogger lain. Baik yang pemula maupun yang professional. Dengan begitu kita bisa menemukan informasi baru dari mereka, membantu menghadapi kendala-kendala yang sedang kita hadapi dan juga kita bisa sharing dan bertukar pikiran dengan mereka serta mendapat pengalaman berharga dari mereka. Yang pasti blogwalking membantu menciptakan hubungan baik antar blogger.

Blogwalking juga menghadapi beberapa masalah. Berikut beberapa kesalahan dalam blogwalking :

1. Melakukan SPAM

SPAM adalah komentar yang tidak diinginkan oleh pemilik blog yang kita komentari atau komentar yang kita buat dianggap Spam terhadap Google. Bukan tidak mungkin google menganggap komentar kita sebagai spam karena sama dengan komentar-komentar yang ada sebelumnya.

2. Komentar tidak relevan

Tidak relevan, komentar yang dibuat tidak sesuai dengan isi artikel yang dikomentari.

3. Komentar tidak dipublish

Karena komentar tidak disukai pemilik blog, maka bukan tidak mungkin komentar kita tidak akan dipublish pemilik blog, bahkan dihapus dan dimasukan ke dalam daftar spam komentar dan akan berdampak buruk terhadap blog kita.

Cara Melakukan Blogwalking dengan baik adalah sebagai berikut :

1. Baca Artikel Yang Akan Dikomentari

Sebelum memberikan komentar sebaiknya artikel yang hendak dikomentari dibaca terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari komentar yang tidak relevan dengan artikel.

2. Komentar Harus Relevan

Komentar Relevan adalah komentar yang dipublikasikan dan komentar tersebut sesuai denga topik artikel yang dikomentari.

3. Berkomentar Pada Blog yang Memiliki Tema yang Sama

Berkomentarlah pada blog yang memiliki niche yang sama agar mendapatkan backlink berkualitas dari blog yang bersangkutan. Dengan harapan pemilik blog juga akan merekomendasikan link yang menuju ke blog kita karena memiliki kesamaan niche/tema.

4. Sertakan link menuju blog kita pada kolom komentar

Dengan memasukan link website/blog ke komentar otomatis apabila komentar tersebut diterbitkan bisa saja menjadi backlink menuju blog kita.

5. Mencari Blogger yang Mau Bertukar Link

Carilah blogger yang menjadi rekan kita, lalu bertukar link. Kita dan blogger lainnya akan saling membantu memperbanyak backlink ke blog masing-masing.

Comments (32)

  • siapp makasih tips nya. jangan lupa selalu BW ke aku ya kak. Setiap saat selalu berusaha BW ke teman-teman

    Reply
  • Ini penting banget. Jadi inget kan kemarin masih banyak yang jadi kasus blogwalking cuma gara-gara ninggalin link hidup di kolom komentar, trus yang cuma komen 2 kata. Semoga abis pada baca tulisan ini enggak akan ada lagi drama-drama saat bw.

    Reply
  • terima kasih tips nya kak Tomi. BW ke blog aku juga dong.. *kedip kedip*

    Reply
  • AKu suka BW karena nambah teman dan wawasan baru. Kadang juga suka dapat ide menulis dari BW itu TFS tipsnya 😀

    Reply
  • Horeeeee, akhirnya bisa juga komenku muncul langsung di blog ini wkwkwk #jingkrak2 😛

    Reply
  • Pengalaman pertama saya tentang betapa pentingnya blogwalking ya dari mas tomi ini (edisi remember kaliurang), hehehe.. sukses terus mas.. njenengan buat saya sudah legend 😀

    Reply
  • Setuju sama semuanya tapi itu yang soal bw bisa nambah ide tulisan bener banget dan kalo bagiku pribadi membantu banget. Aku kalo gatau mau nulis apa suka bw yang sesuai sama bahasan tulisanku biasanya, lalu kusuka buat tanggapan atas tulisan itu. Setuju atau enggak setuju dengan menyertakan alasan. Jadi postingan deh hahaha

    Reply
  • Ini salahsatu pelajaran berharga buat aku, dlu aku gk ngerti aturan bw sperti apa, aku cm komentar sekenanya,meakipun memang baca bneran artikelnya. Ternyata saat berkunjung kerumah maya dan kerumah nyata sm ada aturan yg berlaku,makasih mas sharing ny bermanfaat buat aku dan semoga jg bermanfaat buat temn2 lain.

    Reply
  • saya dulu sering banget BW, tujuannya silaturahim
    dan baru tahu akhir-akhir ini kalo ternyata BW itu bisa nambah backlink atau meningkatkan prestasi blog kita

    komentar2 jaman dulu yang nyeleneh-nyeleneh, sudah saya hapusin. dan dari situ saya baru tahu ternyata ada yang pake link hidup, hehehee…

    emang nggak semua orang daatang ke blog kita untuk mbaca atau jalin silaturahim, tapi hanya untuk nanam backlink. ah menyebalkan

    Reply
    • kalau saya makanya menerapkan sistem moderasi komentar yg pertama. tujuannya biar kita seleksi dl yg komentar ini niat apa gak hehe

      Reply
  • udah niat nih mau bw rutin lagi apalagi banyak keuntungannya buat blog kita

    Reply
  • Tipsnya bermanfaat sekali Mas Tomi. Jadi harus rajin blogwalking ya kalau pengen punya banyak pengunjung juga. Baru tahu saya kalau komentar kita tidak dipublish atau bahkan didelete bakal berpengaruh buruk thd blog kita.

    Reply
  • Nanya doonk mas Tom..
    Gimana kalau kita hobi BW ke blog temen, tapi doigak bales?

    Aku bingungnya, apa doi tidak tau etika daam bw…atau doi gak mementingkan pv gituu…?

    Aku suka KZL dengan blogger macam gini.

    **maaf yaa, mas Tom…jadi curhat.

    Reply
    • hehe kalau gak di bales gpp sih mba.. yg penting kita ninggalin komentar pake link aktif blog kita.. malah lumayan dapat backlink hehe

      Reply
  • Tipsnya lengkap banget, asalkan dijalankan dengan benar. Aktivitas blogwalking banyak manfaatnya, bagi yang dikunjungi dan yang berkunjung.

    Reply
  • Blogwalking bisa nambah temen sesama bloger. 😀 itu yang paling asik.

    Reply
  • paling kesel kalau ada yang spam komen di blog. apalagi kalau isinya iklan judi online dll, duuuh kesel banget rasanya.

    yang point no 4 itu bukannya maksudnya buat link hidup di komentar ya mas? bukannya katanya itu nggak bagus buat blog yang kita tinggalin komen?!

    Reply
    • klo wordpress bs di filter kata-katanya mba. jadi yg berbau sara, j udi dan konten dewasa biasanya langsung otomatis masuk ke spam

      Reply
  • Ternyata ninggalin komentar di blog orang lain bisa menambah performa blog kita ya, kak? Duh, selama ini aku hobi BW tapi lebih banyaj jadi silent reader. Sayangnya… Daku kehilangan sekian banyak keuntungan meninggalkan komentar. ?

    Reply
  • Nice Gan
    Langsung kuhapus kalo dpt komen kaya gini. Kalau bewe aku baca, trus komen sesuai. Jika memang bahasannya terlalu dalam atau buat otak seret, ditinggal dulu. Saat longgar baru baca lagi jika memang perlu

    Reply
  • Karena msh perbanyak link, saya komen di blog niche apa saja. Mgkn nanti bs dikerucutkan ke sesama lifestyle

    Reply
  • ini penting!!!
    sakit tahu liat komentar blog isinya “nice post” “udah berkunjung nih, kunbal ya”

    yaelah mas mbak, tulisane opo kok komene koyo ngono, oalah

    Reply
  • nah iyaaa penting banget ya… tapi ya itu, sayangnya ga bisa mengunjungi banyak blog. aniwei ruang bw juga bisa mendatangkan banyak spammer juga. Komen spam tapi mayan juga buat nambah page view. hihi.. untungnya sekarang ada penyaringnya ya mas.

    Reply
  • Alhamdulillah tercerahkan sekali membaca blog ini. Tips tipsnya sangat bermanfaat, menambah wawasan salah satunya dgn berkunjung ke blog mas tomi ini. . kemarin seo, skrg ttg blogwalking. .

    Yeyeye ye la la la la. . happy banget, tulisannya jg mudah dipahami. . jd ga segan segan untuk mengomentari post di blog ini

    Reply
  • Aku suka BW dari dulu sih kalau lagi seloww, jarang minta BW balik kaya sekarang karena semua ikhlas lillahitaala. Sekarang banyak banget yang minta BW demi backlink karena masalah pekerjaan, sah-sah aja sih, asal komennya nyambung. Sering banget nemu yang komennya setengah hati enggak nyambung, padahal tukeran BW. Padahal aku kalau BW mau ngetik komen mikir dulu lama banget, enggak asal komen.

    Reply
  • Aku sih emang suka BW, klo ketemu topik menarik bisa jadi ide baru. klo emang pengen komentar ya komentar, klo ngga ya ngga hehehehe

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: