HomeBlog

Awal Mula Komunitas Blogger Jogja

Awal Mula Komunitas Blogger Jogja
Like Tweet Pin it Share Share Email

Ada yang pernah mendengar bahkan tau tentang Komunitas Blogger Jogja? Kalau teman-teman tau tentang komunitas ini berarti kalian udah ngeblog minimal dari tahun 2010 hehehe.. Aku sendiri sebenarnya juga semangat ngeblog karena terbantu oleh Komunitas yang sering disingkat dengan KBJ ini. Di komunitas ini, aku mendapatkan banyak teman, pengalaman dan tentunya penghasilan online dari blog. Di postingan kali ini, aku mau menceritakan sedikit cerita tentang bagaimana awal mula komunitas ini terbentuk. Check this out!

AWAL MULA

25 Juni 2011 menjadi hari lahir resmi Komunitas Blogger Jogja. Komunitas ini terbentuk berawal dari ide dua orang narablog yaitu mas Tomi Purba dan Mas Tony yang saling bertemu di acara Blogilicious Yogyakarta. Dari pertemuan tidak sengaja tersebut maka diadakanlah kopdar perdana bertempat di Angkringan JAC (utara Taman Sari/seputaran ngasem) yang dihadiri oleh beberapa orang blogger yang tinggal di Jogjakarta walaupun bukan semuanya asli berasal dari Jogja. Berdasarkan hasil ngobrol-ngobrol santai pada pertemuan perdana itulah dicetuskan ide untuk lebih serius dengan membentuk sebuah komunitas blog yang terbuka untuk siapa yang cinta dunia blogging, baik asli Jogja maupun bukan tapi tinggal di Jogja, atau siapapun dan dimanapun yang cinta dunia blogging dan tertarik/memiliki ikatan dengan Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta.

Baru pada pertemuan kedua (25 Juni 2011) yang bertempat di kantor BLH Yogyakarta (kantornya Mas Tony) secara resmi Komunitas Blogger Jogja membentuk kepengurusan untuk periode 2011-2012, sekaligus secara resmi dinyatakan sebagai hari lahirnya Komunitas Blogger Jogja. Untuk kepengurusan periode pertama ini, aku ditunjuk sebagai Komunitas Blogger Jogja dibantu oleh Mas Achmad Zulfikar sebagai Sekretaris dan mba Wiwin Pratiwanggini sebagai bendahara. Mas Tony disini menjadi seksi Humas.

Komunitas Blogger Jogja mengambil tagline kota Jogja sebagai tagline Komunitas ini, yaitu ‘Berhati Nyaman’, sehingga menjadi Blogger Jogja Berhati Nyaman. Diharapkan komunitas ini dapat menjadi tempat berkumpul dan berbagi ilmu yang nyaman dan menyenangkan serta memiliki aura dan semangat kekeluargaan yang erat bagi dan antar sesama anggotanya. Untuk bergabung ke Komunitas Blogger Jogja bisa join ke grup Facebook yang beralamatkan di www.facebook.com/groups/bloggerjogja.

SEKARANG

Karena kesibukan dan semakin berkembangnya komunitas blog yang ada di Jogja, KBJ masih eksis setelah dikelola oleh teman² Blogger Jogja seperti mba Atanasia Rian, mas Fajar EP alias Chivaz, mas Tony, mas Wawan dan teman² blogger lainnya. Aku sendiri semenjak merantau di Jakarta 2 tahun silam cuma bisa ikut kegiatan online aja hehe.. Harapannya semoga KBJ terus maju dan kompak serta semua anggota Komunitas Blogger Jogja yang berjumlah lebih dari 400 blogger aktif bisa sukses semua.

Teman² bisa juga follow akun Twitter Komunitas Blogger Jogja di @blogger_jogja dan juga di website www.BloggerJogja.org (tapi masih under maintenance soalnya ada kesalahan teknis beberapa waktu lalu

Comments (21)

  • masih cinta sama KBJ. Semoga KBJ sukses terus dan anggotanya kompak

    Reply
  • Seru sekali yaa.. Banyak juga komunitas blogger yang disingkat KBJ ternyata. Di Jakarta pun ada. Komunitas Blogger Jakarta (KBJ) dan di Jambi sepertinya juga ada drh KBJ Komunitas Blogger Jambi. Sukses yaa untuk Komunitas Blogger Jogja nyaa ?

    Reply
  • selamat ultah blogger jogja smoga berhati nyaman spt slogan jogja. ahh boleh ah kapan2 hub mas Tomi kl gw lg di jogja ya. kopdar sama KBJ seru.

    Reply
  • Komunitas Blogger di Yogya ternyata ramai banget ya. Duo T ternyata foundernya, namanya mirip2 hehe.
    Emang dengan berkomunitas tu banyak sekali yg bisa kita dapatkan.
    Sukses buat KBJ!

    Reply
  • Bahkan kalau pas ada kesempatan mengikuti even blogger, saya selalu pakai kaos KBJ, entah yang mengadakan KBJ atau bukan 🙂

    Reply
  • Selama ini ikutan grup di FB tapi belum pernah ikutan kopdar.
    Ketemu beberapa anak KBJ karena datang di event yg samaan.
    Hihihihi… 😀

    Reply
  • Wah mantap nih mas tomu jd pendiri awal komunitas blogger jogja. Met ultah ya komunitas blogger jogja. Moga makin kompak dan berjaya

    Reply
  • Salut sama komunitas blogger kota kaya KBJ..
    Memilik teman sekota dengan hobi dan profesi yg sama menyenangkan

    Reply
  • Mas, ini yang waktu itu diceritain di whatsapp ya? Yang waktu kita bahas plugin plugin itu kan?

    Reply
  • Kalo disingkat jadi sama nih sama komunitas blogger Jakarta ehehe. Jogja itu memang istimewa, ya. Pun dengan pengalaman dan pertemuan di sana. Kalau dilihat aku dari asal muasalku sebenarnya gak ada kaitannya sama sekali sama kota Jogja. Tapi pas ke sana, ada momen-momen yang sulit terlupa. Blogger-blogger Jogja juga pas awal-awal aku serius blogging tuh menyenangkan sekali buat diajak diskusi. Dari komunitas lain, sih, tapi domisili Jogja. Mereka orang-orang yang sangat kreatif! Tampak, sih, ya kalau lihat Jogja sebagai kota seni. Ah! Sukak! Jadi rindu Jogja.

    Reply
  • Sukses untuk Komunitas Blogger Jogja, saling mendukung antar anggota komunitas. Biasanya saat bertemu bahas apa saja?

    Reply
  • Semoga komunitas KBJ semakin kompak, rajin ngeblog, rajin share link maupun blog walking. Semoga komunitasnya memberi banyak manfaat untuk anggotanya.

    Reply
  • Wah baru tau sejarahnya hehehe, lumayan dapat banyak kawan dan kesempatan selama bareng2 dg KBJ yang super solid dan kreatif. Semoga makin berjaya!

    Reply
  • K-E-R-E-N mas tomy, aku selalu kagum dengan orang2 yg bisa membuat komunitas dan mengajak oranglain menjadi lebih baik dengan cara belajar bersama.
    Aku juga pengen banget ada komunitas blogger Ciamis, sayangnya akunya masih tinggal di Jakarta.
    Padahal akan snagat seru bisa berbagi ilmu dan sharing dengan temen2 yg lain ttg blog.

    Reply
  • Komunitas blogger yg aku ikutin cuma wb aja :)))

    Reply
  • Waahh suksed terus buat KBJ, adanya komunitas blogger yang satu kota seperti ini jadinya bisa lebih sering kopdar juga ya mas

    Reply
  • Karena KBJ mampu menyatukan 2 hati yang berbeda.
    Heehhe…

    Semoga makin kompak dan berjaya selalu untuk KBJ.

    *siap follow sosmednya.
    ^^

    Reply
  • sering sering lagi ngadain meet up mas ;D ditunggu

    Reply
  • klo bloggerberghati nyaman itu siapa ya kak? hehehehe

    Reply
  • Udah tau KBJ udah lama tapi blum pernah ikut ngumpul hehe…

    Reply
  • Udah lama juga ya ternyata 2011. Walau ga jadi pengurus lagi tapi tentu mas tomi sudah ikut merintis terbentuknya sebuah tempat berkumpulnya Para Blogger Jogja. Pasti akan mengalir pahala untuk itu, semoga.

    Salam Blogger.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: