HomeWisata dan Kuliner

Ketam Isi, Makanan Khas di Belitung yang Wajib Kalian Makan

Ketam Isi, Makanan Khas di Belitung yang Wajib Kalian Makan
Like Tweet Pin it Share Share Email

Belitung mungkin akan menjadi salah satu destinasi wisata yang aku kunjungi lagi saat liburan. Entah kenapa aku merasa enjoy di Belitung, sama seperti yang aku rasakan saat pulang ke tanah kelahiranku di Jogja. Mungkin selain Pulau Leebong yang indah, menu dan masakan yang tersedia di Belitung itu semuanya enak-enak dan pas di lidahku. Selama explore ke pulau Belitung, aku memang mencoba banyak menu masakan seafood disana. Mulai dari cumi goreng, cumi bakar, udang goreng, udang bakar, ikan ayam-ayam (sedikit aneh memang namanya) dan ketam isi alias kepiting.

Ketam isi merupakan salah satu makanan favoritku. Dan aku baru tahu ternyata ketam isi merupakan salah satu makanan khas belitung. Ketam isi itu merupakan makanan dengan bahan dasar daging kepiting rajungan yang telah dicampur bumbu, bawang daun dan telur. Daging kepiting yang telah dibumbui tersebut kemudian dimasukkan kembali ke dalam cangkang kepiting lalu digoreng. Bisa disimpulkan kita seolah-olah kita makan kepiting asli tapi ini isinya daging semua dan tidak perlu repot untuk memecah cangkang kepiting lagi.

Ketam Isi Khas Belitung
photo by @ratnadewisme

Ketam isi yang telah digoreng bisa dimakan langsung atau dijadikan lauk saat makan nasi. Pokok e maknyuus tenan. Rejeki memang tidak kemana, aku sempat bertemu dengan salah satu pengusaha ketam isi di Pantai Tanjung Kelayang yang bernama Mas Hirun. Mas Hirun ini pemilik Wijaya Crab, salah satu UKM di Belitung yang menjual Ketam Isi, Pempek Cumi, Dimsum Kepiting.

Beliau sempat menceritakan bahwa dua hari sekali dirinya memproduksi 2.000 ketam isi. Untuk teman-teman yang berada di Jabodetabek juga bisa memesan ketam isi di Wijaya Crab dengan harga Rp 80.000 (10 ketam isi). Lama pengiriman adalah satu hari. Jadi misal kita pesan Senin siang, maka maksimal selasa sore sudah sampai.

Capit Isi Wijaya Crab
photo by @ratnadewiisme

Incoming search terms:

27
Leave a Reply

avatar
23 Comment threads
4 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
24 Comment authors
Tomi PurbaD I J AStephanus ChristionoRatna DewiMahadewi Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Windah
Guest

Ya Allah jahatnya panjang foto menggoda. Aku pengen kan jadinya, Bdw ketam ini amis gak sih? Kok dibayangan aku amis gitu ya. Pengen beli soalnya

William Giovanni
Guest

Terlihat nikmat sekali ya, kadang agak repot kalau mau makan kepiting. Memecahakan cangkangnya jadi tugas yang merepotkan, 80 ribu isi 10 harganya masih terjangkau sebandingnya dengan nikmatnya kepiting.

Nurri
Guest

Makanan khas di sana itu emang yang berbahan dasar kepiting kah, Mas?

ruziana
Guest

wah ketam isinya bikin ngiler
ke kota saya bisa ga ya dikirim ?
ada nomor kontaknya ?

Atanasia Rian
Guest

Hmmm ketam isi akuuu pengennn kapan ya bisa makan lagi. Ayuk kak sini ajakin kesana makan lagi pengennn

Perempuan November
Guest

Duuuh… Racun.. Racun.. Hahhaaa.. Sumpah jadi pengen ngerasain ketam isi aku mas. Kalau pesan ke Medan bisa kagak ya.

Anita Makarame
Guest

Ya Allah, jadi ngiler sangat sama ketamnya. Udah nggak perlu repot2 makannya. Tinggal lheb.. hehe
Coba ah tanya bisa ga kirim di luar jabodetabek.

Dian Ravi
Guest

Aku baru tahu ketam. Menggoda. Tapi aku enggak makan kepiting. Jajanan lainnya yang enak-enak apalagi ya, Mas? Sudah lama enggak berkunjung ke blog Mas Tomi. Mau baca-baca wisata di Pulau Leebongnya ah. Siapa tahu ada yang kasih rejeki ke sana.

Rhoshandhayani KT
Guest

Oooh berarti ketam isi ini kan dagingnya kepiting kan ya? Gak usah repot2 nyomot2in cangkangnya lagi, hehehe 😂😂

Duh 80k mahal bangeeeet, tapi enak banget kali yaaa
Tapi bukan harga anak kosan 😢😢

Liza
Guest

Waaah, enaknya. Ketam itu kepiting ya. Duh, jadi kepingin crazy crab

Nurul Fitri Fatkhani
Guest

Aih asyiknya, makan kepiting tanpa harus bersusah payah membuka cangkangnya. Rekomended buat anak-anak saya yang suka dengan kepiting. Etapi…tempatnya jauuh…hiks

April Hamsa
Guest

Ketam dan kepiting, kirain td awalnya beda, ternyata cuma penyebutan to
Aku mbayanghin ketam yg ada isinya gtu pasti enak, dimakan pakai sambal dan nasi anget hehe

Jiah
Guest

Aku jg suka kepiting. Tapi kadang males jg saat ambil daging dr cangkangnya. Pesan ketam goreng gitu kayanya krispi banget yaaa. Ngiler deh!

Dikki Cantona Putra
Guest

bawa bawa dong mas ketamnya kalo ada kumpul atau acara blogger haha penasaran akan rasanya Ketam itu seperti apa kayanya enak banget untuk di makan. Harganya lumayan juga untuk 10 Ketam ya mas.

Hello Fika
Guest

mauuuuu.. pesennya via apa.. ada instagramnya ga..

apa aku kelewat ya bacanya..

xixixii udah fokusnya cm ke 80.000 isi 10 ketam isi.. muraaaaaah

Oky Maulana
Guest

Mas Tomi, udahan sih bahas Belitungnya. Makin kepengen kesana nih 🙁

tukang jalan jajan
Guest

Ketam yang sudah dibumbuin seperti ini sungguh menggoda iman. kalau masih utuh bakalan ribet nyari dagingnya, soalnya ukurannya juga kecil hehehe. Habis berapa banyak mas?

Sally Fauzi
Guest

Aku jadi laper bacanya….

Nenekku dulu bilang kepiting ya ketam 😀 kalau di Bengkulu malah kepiting isi daging yaa

Pertiwi Yuliana
Guest

Ih jadi mau ih. Aku suka seafood. Apalagi aku berzodiak cancer yang ikonnya adalah kepiting. Biarpun gak nyambung, tapi aku suka makan kepiting hahahak. Enak ya ketam isi ini makan kepitingnya jadi gak repot drama pecahin cangkang dulu wkwkwk

Mahadewi
Guest

Sangat ingin ke Belitung dan nyobain makanan khas sana. Ketam ini kebetulan aku belum pernah makan yang asli dari Belitungnya. Semoga tahun depan bisa ke sana 🙂

Ratna Dewi
Guest

Ketam isinya rasanya memorable banget Tom, sampe sekarang nggak bisa lupa rasanya, haha.

Stephanus Christiono
Guest

Wah, tempate enak, makanane yo enak… marai pengen..

D I J A
Guest

pingiiiin ketam isi nya
pasti enak ya om
gak susah susah lagi kalo makan kepiting