Kiat Mengelola Keuangan dari Gaji Standar UMR

Anda merasa sudah melakukan penghematan anggaran setiap bulan, tetapi kenapa tidak punya tabungan setelah bertahun-tahun? Apakah ada yang salah dengan perencanaan keuangan Anda selama ini? Ya, sebagian besar orang masih bingung cara mengatur keuangan dengan baik, apalagi nominal gaji yang didapat hanya standar UMR. Gaji pas-pasan tapi ingin punya tabungan untuk masa tua, kenapa tidak? Dengan melakukan pembiayaan di BFI Finance, Anda bisa mengatur keuangan lebih bagus, lho!

5 kiat mengelola gaji bulanan dengan baik                                                                    

Tidak perlu menyiksa diri berlebihan karena Anda ingin punya tabungan dengan nominal tertentu, tapi pikirkan bagaimana Anda bisa konsisten menabung setiap bulan. Anda harus membuat pos-pos yang lebih teratur agar gaji standar UMR bisa mencukupi kebutuhan. Berikut beberapa kiat mengelola gaji bulanan Anda dengan baik yaitu :

  1. Membuat anggaran belanja wajib

Anda mendapat nominal gaji dengan standar UMR berarti cukup memenuhi kebutuhan hidup di daerah tersebut. Pastikan Anda membuat anggaran belanja wajib untuk keperluan dalam satu bulan mendatang. Sebaiknya anggaran ini merupakan pengeluaran vital yang mencakup biaya makan, sewa kontrakan, bayar listrik, bayar air, dan lain-lain. Dana yang dikalkulasikan untuk pembayaran pos-pos ini harus disisihkan sejak awal dan usahakan tidak Anda ambil dengan alasan apa pun.

  1. Membayar tagihan dan angsuran lebih dulu

Tumpukan tagihan bisa membuat Anda stress sehingga pos tagihan dan angsuran harus diutamakan. Bila Anda sudah membuat pos pengeluaran untuk poin-poin ini, segera bayarkan tagihan secepatnya. Hindari menunda kewajiban bayar tagihan setiap bulan atau Anda mendapat risiko denda keterlambatan yang membuat biaya membengkak dua kali lipat.

Misalnya Anda memiliki pembiayaan di BFI Finance untuk kepentingan darurat, maka usahakan nilai angsuran bulanan tidak lebih dari 20-30 persen dari total gaji Anda. Hal ini untuk mengamankan finansial Anda dari risiko gali lubang tutup lubang bila prosentase hutang mencapai 50 persen dari total gaji.

  1. Buat prosentase tabungan, asuransi dan investasi

Selain prosentase membayar tagihan dan angsuran, usahakan memiliki prosentase pos tabungan, asuransi dan investasi setidaknya 10 persen dari nilai gaji. Jangan menunggu ada uang sisa dari biaya hidup sehingga Anda tergoda untuk kebutuhan yang kurang penting, misalnya membeli barang sekunder atau kebutuhan tersier lain.

  1. Mencari pekerjaan sampingan

Anda merasa bahwa kehidupan kurang berkembang jika mengandalkan gaji bulanan saja. Sudah seharusnya Anda mencari pekerjaan sampingan atau usaha di luar pekerjaan utama yang bisa menghasilkan uang tambahan. Jika membutuhkan tambahan modal, ada baiknya Anda mengajukan pinjaman ke BFI Finance yang jelas dan terdaftar OJK.

Mengelola dana pinjaman untuk kebutuhan yang lebih produktif lebih direkomendasikan, apalagi Anda hendak membangun sebuah usaha. Laba dari omset usaha bisa Anda manfaatkan untuk membayar cicilan per bulan dengan catatan Anda memiliki modal usaha yang utuh. Lebih menguntungkan dari segi finansial Anda, bukan? Gaji utama lancar, aset dan modal utuh, laba usaha bisa digunakan untuk membayar cicilan setiap bulan.

  1. Disiplin dan konsisten

Kunci dari semua tips dalam mengelola finansial bulanan adalah sikap yang disiplin dan konsisten. Anda menetapkan aturan pos-pos pengeluaran yang harus dipatuhi agar finansial tidak terganggu selama ini. Pastikan ada dana darurat yang Anda kumpulkan setiap bulan untuk kepentingan atau pengeluaran tidak terduga. Bila akhirnya dana darurat tidak mencukupi, pengajuan ke pihak penyalur pinjaman dana tidak begitu besar sehingga meringankan kewajiban Anda membayar cicilan bulanan.

Pengelolaan keuangan harus diatur dengan baik sejak Anda masih muda agar punya tabungan atau investasi yang mengamankan masa pensiun. Bila ada kebutuhan yang besar untuk pendidikan anak, pernikahan, beli rumah atau rencana membangun usaha, Anda bisa mengajukan pembiayaan ke BFI Finance. Perusahaan penyalur pinjaman yang kredibel sebab telah ada di Indonesia sejak tahun 1982.

Anda bisa lebih mudah mengajukan pinjaman dengan jaminan kendaraan roda dua, alat berat, mesin, properti, dan lain-lain. Selama Anda mengajukan pinjaman untuk tujuan yang produktif, maka finansial Anda tetap aman dengan batasan pos pengeluaran bulanan yang ketat. Bayar cicilan tepat waktu agar terhindar dari denda keterlambatan atau risiko finansial yang merugikan. Yuk, kelola keuangan lebih sehat dengan melakukan pembiayaan yang positif!

Penasaran khan pengen tau lebih lengkap. Check langsung ke :
Website : https://www.bfi.co.id/
Instagram: @bfifinance
Facebook: BFI Finance
Twitter: @BFIFinance
YouTube: BFI Finance Official

#SelaluAdaJalan #pembiayaanmultigunaBFI #kreditBFI

Leave a Reply