HomeBlog

Cara Rubah Custom Domain Blogspot Menjadi HTTPS

Cara Rubah Custom Domain Blogspot Menjadi HTTPS
Like Tweet Pin it Share Share Email

Sudah hampir 7 tahunan aku tidak menggunakan blog dengan platform Blogger alias Blogspot dan lebih senang menggunakan WordPress.  Tapi setelah sering mengamati teman-teman blogger yang pake platform blogspot, sepertinya masih banyak yang tidak tahu tentang fitur terbaru Blogger.com tentang https dan membuat aku merasa harus menuliskan artikel ini. #cieee

Seperti yang diketahui, Google telah memberikan layanan https (ssl) untuk seluruh pengguna layanan blogger.com. Dulu yang bisa mendapatkan layanan https itu hanyalah pengguna blog dengan subdomain .blogspot.com saja. Tapi sejak akhir Desember 2017 kemarin, Google juga memberikan layanan gratis https untuk pengguna custom domain blogspot.

Contohnya blog https://wisatakuliner2012.blogspot.com sekarang sudah di custom domain menjadi http://kulinerwisata.com. Nah sejak Januari 2018 blog itu udah jadi https://kulinerwisata.com karena Google sudah memberikan fasilitas https kepada seluruh pengguna blogspot walaupun telah menggunakan custom domain.

Apa sih manfaat dan kelebihan https?? HTTPS sangat bagus untuk keamanan data seperti mengenkripsi data yang ditransfer antara pengguna dan website. Terutama melindungi mereka dari praktek-praktek hacking yang umum seperti data sniffing dan man-in-the-middle-attack. Apalagi sejak pertengahan tahun 2017 lalu, Google membuat HTTPS sebagai praktek standar dan menjadi salah satu faktor rangking pada sebuah website di halaman pencarian Google. Jadi blog yang tidak menggunakan https maka kualitas blog tersebut sedikit dipandang sebelah mata oleh Google.

Hal inilah yang membuat tomi.co.id juga terpaksa beli SSL di Comodo SSL biar semua pengunjung blog kalau buka blog aku jadi https://tomi.co.id hehe.. Lalu bagaimana cara mengubah custom domain blogspot menjadi https?? Begini langkah-langkahnya:

  • Login ke Dashboard Blogspot teman-teman sekalian. Setelah dalam posisi login, masuk ke situs Draft Blogger dengan alamat https://draft.blogger.com.
  • Masuk ke menu Setting / Setelan dan klik pada sub menu Basic / Dasar.
  • Kemudian akan muncul menu seperti dibawah ini. Teman-teman tinggal mengubah pilihan menjadi YES/YA untuk opsi ketersediaan https dan juga pengalihan https seperti gambar di bawah ini:

Cara Setting HTTPS pada Custom Domain Blogspot

  • Nah setelah semua sudah berubah menjadi yes/ya, tunggulan 1-2 menit untuk Google memproses semua perubahan dan teman-teman tinggal mengecek blognya masing-masing apakah saat akses blognya sekarang urlnya sudah berubah menjadi https://namadomainkalian.com
  • Selesai.

Nah gampang sekali cara rubah custom domain Blogspot menjadi https. Enak bener emang pengguna blogspot ini gak perlu bayar lisensi SSL biar bisa dapat https gak kayak pengguna wordpress hehe.. Tapi sekarang hampir setiap hosting memberikan SSL gratis dari Lets Encrypt juga sih.

TOLONG DIBACA JUGA NIH, PENTING 🙂

Oh ia sebagai penutup, aku juga mau bilang ke semua teman pengguna blogspot agar mengatur settingan time/waktu di blognya. Standar Google itu waktunya masih GMT +00:00 jadi kadang aku bingung kalau komentar jam 7 malam tapi waktu di blog menunjukkan jam 12 siang wkwkwkw.. Nah untuk mengatur waktu blog, teman-teman bisa masuk menu Setting – Languange and Format dan atur waktu menjadi GMT +07:00 Jakarta seperti settingan di bawah ini:

Format Waktu Blogspot

Okee sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat yaak. Kalau ada waktu cobalah mention saya di IG dan Twitter @tomipurba ya aihihihi

29
Leave a Reply

avatar
20 Comment threads
9 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
19 Comment authors
SyafiqTomi PurbaCan PamungkasDirmanRindang Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Ainun
Guest
Ainun

Lama ga nulis pas lagi blogspot jadi bingung knp munculnya jadi blogger.com. Aku pikir yaweslah udah ganti nama palingan. Http malah aku pikir sama dgn https, trnyata beda.
Ini aja baru beli ulang domainku lagi, dan lagi ngutek2 pengalihan blog msh blom berhasil

lendyagasshi
Guest

Kemarin ini dibahas di grup blogger juga…mas Tomi.
Dan ku sungguh tak paham.

Dengan tulisan mas Tom ini, aku jadi ngerti (( sambil manggut-manggut ))
Let’s try…

Jiah
Guest

Aku udah tahu ini diakhir 2017 lalu. Waktu mau coba blm bs. Skrg mau coba lagi ah biar bs https. Oh iya, setting waktuku udah Indonesia. Jd aman, hahaha

zefy
Guest

eh yang aku kok ga bisa diaktifkan mas ya, heran. dah coba-coba klik ttp ga bisa 🙁

Nurul Fitri Fatkhani
Guest

Setelah tahu manfaatnya, saya juga langsung cepat-cepat mengubah blog saya jadi https, ternyata caranya mudah.
Sekarang tinggal memeriksa settingan waktunya, mudah-mudahan sudah sesuai.

unggulcenter
Guest

Kalau ga blogspot gmana tu mas caranya. Katanya DA PA terjun bebas dulu ya ketika pasang https?

ruziana
Guest

sejumlah teman juga sudah ubah jadi https
tapi konon katanya bisa menurunkan DA
saya yg mau mengubah juga kok jd ragu
takut nanti DA turun dratis hehehe

Syafiq
Guest

Hi Ruziana

Boleh bantu-bantu jawab yah mas Tomi, mudah-mudahan berkenan.

Kalau migrasi dari HTTP ke HTTPS dah otomatis DA/PA bakal terjun bebas karena Google memberi penilaian yang berbeda pada link dengan HTTP dan link dengan HTTPS meski nama domainnya sama.

Kalau pake Blogger (Blogspot) biasanya tinggal nunggu aja, nanti DA/PA-nya naik sendiri. Jangan lupa sitemapnya diganti dengan versi yang sudah pakai HTTPS dan cek broken link mas Ruziana. Cuman mungkin DA/PA-nya nanti tidak akan sama dengan nilai awal, biasanya sih berkurang meski sedikit.

Btw kalau mau pindah jadi HTTPS, makin cepat makin bagus mas daripada nunggu entar-entar.

Bena
Guest

Gils. Gue sambil praktek baca ini.
Tapi settingan tanggal di blog bena sih udah bener sih dari awal. Hehe.

April Hamsa
Guest

Saya pakai WP mas udah saya ubah juga. Masalahnya bingung kalau di goggle webmaster dan GA-nya apa perlu diubah juga ya?
Bingung otak atiknya hehe

Syafiq
Guest

Hi mba April

Boleh bantu jawab yah mas Tomi, mudah-mudahan berkenan.

Meski nama domainnya sama, HTTP dan HTTPS diperlakukan terpisah oleh Google. Jadi untuk Google Search Console mba April harus mendaftarkan URL baru dengan HTTPS tersebut (jangan lupa sitemapnya), sedangkan untuk Google Analytics cukup ubah HTTP jadi HTTPS di menu setting Admin.

Mudah-mudahan jawabannya membantu yah mba’

April Hamsa
Guest

Saya pakai WP mas udah saya ubah juga. Masalahnya bingung kalau di google webmaster dan GA-nya apa perlu diubah juga ya?
Bingung otak atiknya hehe

April Hamsa
Guest

tes komen lagi haha 😛

Mahadewi Sugiastuti Shaleh
Guest

Aku udah diset GMT 7. Jadi aman nih gak akan bingung masalah jamnya. Nantiku cobain tips lain pas on PC. Btw Mas, ubah bukan rubah.

Nova
Guest

Aku juga udah di ubah jadi http beberapa bulan llu…
Awalnya gak ngeh manfaatnya..
Pas ada yg nge-share..n tutorialnya langsung diikutin sebentar beres..

Tukang Jalan Jajan
Guest

ntar aku cobain deh, demi keamanan. tapi bakal membuat turun DA PA ngga yah. Penasaran hehehe

Ira duniabiza
Guest

Nah iya… untung diingetin untuk atur ulang waktu. Saya nih dr lama ga jadi2 ubah pengaturan waktunya. Untuk https alhamdulillah semua sudha ganti dibantu pak misua.. hee

Oiya mas tomi, ngomong2 soal ubah di judul sepertinya masih tertulis rubah.. hihi itu kan yg berbulu banyak.
🙂

masirwin
Guest

kalo saya pake hosting yang ada Free SSL nya hihihihi

Rindang
Guest

Wah, ternyata sepenting itu yang mengaplikasikan https. Terima kasih sudah nulis tutorialnya Mas. Akan saya terapkan di blog saya yg baru dicustom alamatnya.

Rindang
Guest

Wah, ternyata sepenting itu yang mengaplikasikan https. Terima kasih sudah nulis tutorialnya Mas. Akan saya terapkan di blog saya yg baru dicustom alamatnya.

Dirman
Guest

Terakhir kapan itu aku juga coba lagi kepingin bikin custom domain blogspot, tapi setelah “ternyata” engga bisa https (jika dengan domain custom), maka saya urungkan, tapi nemu artikel ini, terus jadi kepingin lagi.. ah bang tomi hahaha 🙂

Can Pamungkas
Guest

Thanks mas Tomi, sangat bermanfaat tentunya.
Oia mas apakah ada studi kasus atau referensi yang meriset bahwa https itu lebih baik dimata mesin pencari keitmbang http? Terima kasih 🙂